Usaha dan bisnis menjanjikan di bulan ramadhan

7 Peluang Bisnis Yang Menjanjikan dan Menguntungkan Di Bulan Ramadhan

By: Liza Fazira

Peluang bisnis paling menjanjikan di  bulan ramadhan tentunya akan membawa keuntungan tersendiri selain pebuh berkah karena sudah menjadi kebiasaan stiap tahun akan ada usaha musiman saat memasuki bulan puasa.

Disela sela waktu umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah dengan giat, anda bisa mempersiapkan beragam jenis bisnis yang paling menghasilkan dan cukup laris.

Usaha dan bisnis kecil saat bulan puasa hingga menjelang hari raya

Berminat untuk mencari penghasilan tambahan selama bulan puasa, anda dapat menjalankan beberapa jenis usaha berikut ini yang terbilang cukup menjanjikan.

#1 Jualan Takjil dan Minuman Segar

Peluang bisnis yang satu ini adalah yang sudah tidak bisa ditinggalkan lagi. Ketika sudah seharian berpuasa, Semua umat muslim yang sedang menjalankan perintah agama dengan menahan lapas dan haus, tentunya akan membutuhkan makanan atau minuman untuk berbuka.

Ini adalah moment yang sangat tepat menjadi peluang bisnis yang menghasilkan. Takjil dan minuman segar merupakan menu yang paling ideal dan sudah menjadi kebutuhan untuk berbuka puasa.

Tidak memerlukan kios atau warung karena bisa menjualnya di teras rumah, di pinggir jalan, atau dapat pula membawanya ke tempat kerja.

Tidak memerlukan modal usaha yang besar, hanya kisaran 500 ribu saja anda sudah bisa memulai usaha kecil ini dan tentunya cukup lumayan jika dagangan anda laris manis dan banyak peminatnya.

#2 Usaha Catering Makanan

Yang kedua lebih diutamakan kepada yang sedang melaksanakan sahur tentunya banyak yang tidak ingin repot memasak sendiri.

Dengan demikian anda juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah penghasilan dengan cara menjual makanan yang sudah siap dan memberikan jasa antar makanan.

Sudah pasti ini akan memudahkan mereka yang cukup sibuk dan tidak sempat meyiapkan masakan sendiri untuk berbuka mauhupun makan sahur.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini sangat tergantung dari berapa kapasitas yang anda siapkan serta jenis masakannya. Nah sudah punya ide tentang bisnis kuliner dengan modal kecil yang menguntungkan?

#3 Membuat Kue Kering

Umat muslim sudah biasa mempersiapkan beragam kebutuhan untuk hari raya salah satunya adalah belanja jajanan serta pernak pernik lainnya.

Kue kering merupakan makanan cemilan yang sudah menjadi tradisi dan wajib ada ketika Hari Raya Idul Fitri.

Jadi sudah biasa kalau peminatnya meningkat dengan drastis menjelang lebaran. Kebanyakan masyarakat akan membeli kue kering jauh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, sehingga bagi anda yang mahir membuat kue kering, ini merupakan bisnis yang menguntungkan selama Bulan Ramadhan.

#4 Menjual Busana Muslim dan Perlengkapan Shalat

Kebiasaan dan tradisi lainnya menjelang lebaran adalah orang selalu ingin memiliki pakaian baru dan perlengkapan ibadah  yang baru.

Ini juga kesempatan yang tepat untuk memulai bisnis dengan menjual busana muslim dan keperluan beribadah lainnya. Busana Muslim dan perlengkapan shalat yang bagus sangat dicari pada masa menjelang lebaran, terutama oleh para ibu yang ingin dirinya dan keluarga tampil lebih fresh dengan penampilan baru.

Memulai bisnis ini bisa dibilang membutuhkan modal yang cukup besar, namun anda jangan khawatir karena masih banyak sistem berjualan yang bisa dilakukan dengan tanpa modal dan minim resiko.

Salah satu cara paling mudah yaitu dengan bisnis dropship atau bayar yang laku jika anda bisa melobi toko grosir ataupun supplier baju muslim di kota anda.

#5 Jualan Kembang Api

Bermain kembang api juga sudah menjadi tradisi saat memasuki bulan ramadhan bahkan hingga akhir hari raya masyarakat masih saja banyak yang memainkannya.

Saat ini ada banyak jenis kembang api dari yang muah hingga yang berharga ratusan ribu tetap saja banyak peminatnya.

Modal untuk berjualan kembang api juga tergolong cukup besar, namun sesunguhnya anda bisa memperoleh keuntungan sampai 2 kali lipat dari modal usahanya.

#8 Jasa Pembuatan Parsel

Parsel adalah barang yang tidak asing lagi dan cukup bnayak dijumpai menjelang Hari Raya Lebara.

Tradisi masyarakat adalah menjadikan parsel sebagai hadiah atau bingkisan pada hari lebaran yang dikirimkan kepada teman, kerabat atau keluarga.

Memiliki ide ide kreatif dan memiliki bakat seni yang tinggi untuk mendekorasi parsel, maka anda bisa jadikan moment ini sebagai peluang bisnis yang sangat mengutungkan di bulan ramadhan.

Modal yang dibutuhkan cukup berfariasi tergantung dari paket atau isi parsel itu sendiri. Namun anda juga bisa menjalankan usaha khusus membuat atau merakit parselnya saja.

#5 Rental Mobil dan Travel

Sudah pasti saat mendekati hari lebaran musim mudik adalah tradisi dan kebiasaan masyarakat yang merantau diluar kota untuk kembali pulang berkumpul dengan keluarga.

Karena tidak semua orang memiliki mobil, dan sudah jelas angkutan umum juga akan penuh sesak pada moment ini maka banyak dari mereka yang akan lebih memilih untuk menyewa mobil untuk acara mudiknya.

Memang hari ini adalah saat panen nya para pengusaha rental mobil yang pada hari biasa dipatok kisaran 300 ribu perhari untuk sekelas avanza dan xenia maka saat musim mudik bisa sampai 500 ribu perharinya.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz