Bisnis Kecil Modal 2 - 5 juta Yang Menguntungkan

Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil 2 Hingga 5 Juta Yang Cukup Menghasilkan

By: Chabib Azizah

Bagaimana cara memulai bisnis dan usaha dengan modal kecil? Banyak sekali alternative pilihan peluang bisnis yang bisa dimulai dengan hanya modal 2 sampai 5 juta saja akan tetapi bisa menghasilkan omzet puluhan bahkan ratusan juta.

Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak percaya diri untuk membuka usaha dengan modal yang hanya sedikit. Inilah mengapa seringkali banyak orang yang ingin sekali berwirausaha akhirnya gagal.

Dengan ketersediaan modal yang relative kecil seseorang haruslah pandai – pandai memutar otak untuk membuat sebuah target bisns dan usaha. Tujuan utama semua usaha adalah dengan modal seminimum mungkin bisa meraup keuntungan semaksimalnya

Contoh jenis bisnis kecil bisa menggunakan modal yang minim

Modal antara 2 sampai 5 juta sebaiknya dikelola dan dibuka di tempatnya sendiri, hal ini dilakukan agar mereka yang beriwirausaha tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat ataupun pemeliharaan dari sarana dan prasarana yang ia sewa.

Dan beberapa jenis usaha kecil yang tidak menghabiskan modal lebih dari 5 juta diantaranya adalah:

1# Cuci motor

Memiliki rumah ataupun lahan di sekitar jalan raya merupakan nilai plus bagi mereka yang ingin membuka usaha cuci motor, karena peluang untuk mendapatkan konsumen yang cukup banyak akan terbuka lebar.

Berikut ini kami berikan dari ilustrasi perhitungan anggaran serta keuntungan dari usaha cuci motor:

  • 1 unit waterjet 200 watt sekitar Rp 2.400.000
  • Sabun cuci motor Rp 100.000
  • Biaya listrik dan air Rp 375.000
  • 5 Pcs kaneboRp 100.000
  • Sikat dan spons Rp 120.000

Total modal :Rp 3.095.000

Tarif untuk setiap unit motor adalah Rp 10.000 dengan target konsumen setiap harinya 10 unit motor. Maka setiap bulannya anda sudah mendapatkan omzet Rp 3.000.000

Sehingga jika dihitung dengan modal sebesar 3 jutaan dalam waktu satu bulan sudah kembali, dan untuk kedepannya akan menjadi keuntungan yang cukup menjanjikan.

Untuk perhitungan modal di awal tadi sebenarnya masih bisa ditekan karena semua harga sarana yang diperlukan masih dalam perkiraan harga maksimal.

#2 Jual minuman air tebu

Untuk membuka usaha kecil – kecilan hal yang harus anda miliki bukan hanya  modal akan tetapi tempat yang strategis dan menguntungkan untuk berjualan sehingga usaha anda akan terus mempunyai prospek yang baik.

Salah satu contoh usaha yang bisa kita lakukan di pinggir jalan adalah jualan minuman air tebu yang saat ini sangat hits di kalangan masyarakat.

Ketika cuaca panas minuman ini akan sangat menyegarkan dan juga merupakan minuman sehat karena rasa manisnya alami.

Contoh kalkulasi penghitungannya sebagai berikut:

  • Mesin giling tebu Rp 2.200.000
  • Merakit gerobak Rp 1.000.000
  • Alat – alat lainnya Rp 400.000
  • Tebu per kuintal Rp 200.000 bisa untuk 300 porsi
  • Plastik, Es, dll Rp 50.000

Total modal: Rp 3.850.000

Bila per perso minuman air tebu dijual dengan harga Rp 2.000 dengan target per hari 50 orang maka anda sudah mendapat omzet penjualan setiap harinya adalah Rp 100.000.

Maka dengan penghitungan ini dalam waktu satu bulan anda sudah mampu mengembalikan modal.

#3 Tukang sayur keliling

Pekerjaan ini memang bila kita lihat tidak begitu menjanjikan, namun bila anda lebih jeli usaha ini akan menjadi pekerjaan yang sangat menggiurkan.

Faktanya pada masa sekarang manusia lebih suka dengan hal – hal yang bersifat mudah, cepat dan praktis.  Apalagi untuk mendapatkan kebutuhan sehari – hari dalam hal ini seperti sayur mayur.

Pedagang sayur keliling saat ini tidak hanya terdapat di tempat – tempat sibuk seperti komplek maupun perumahan namun sudah merambah di desa – desa bahkan di kampung – kampung. Hal ini didorong karena orang – orang semakin jeli dan pandai untuk melihat peluang bisnis yang bagus.

Mereka memasok barang dari pasar kemudian ia pasarkan keliling pada waktu pagi – pagi sewaktu masyarakat mulai bangun sehingga orang – orang tidak perlu lagi berjalan terlalu jauh untuk mendapatkan bahan – bahan kebutuhan pokok.

Inilah yang disebut dengan simbiosis mutualisme, karena masing – masing pihak saling diuntungkan.

Untuk harga memang sedikit berbeda dengan yang ada di pasar namun masyarakat tidak merasa keberatan dengan adanya hal ini, mereka merasa lebih diuntungkan dengan adanya pedagang sayur keliling.

Dengan fakta seperti ini maka masyarakat sekarang sudah bisa untuk mulai mencoba membuka atau memulai bisnis dan usaha kecil meskipun hanya memiliki modal kurang dari 5 juta.

Simak juga artikel lainnya mengenai 7 macam usaha kecil dengan prospek menjanjikan serta ulasan menarik lainnya tentang inspiraasi bisnis tahun 2017 yang akan menjadi trend dan profit yang menggiurkan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development