Membangun bisnis dan usaha kefe lesehan modal minim

Sukses Membangun Bisnis Usaha Kafe Dengan Modal Terbatas (Minim)

By: Liza Fazira

Membangun bisnis kafe namun dengan ketersediaan modal yang terbatas atau minim bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Saat ini selain rumah yang menjadi tempat kumpul bersama dengan orang orang terkedat kita, ada juga tempat lain yang saat ini sudah biasa dijadikan sebagai tempat kumpul bersama yakni kafe.

Tempat ini biasa dijadikan sebagai rumah kedua oleh kebanyakan orang untuk bersantai, menikmati berbagai hidangan dan melepas penat dari segala aktivitas sehari hari.

Dengan ruang nyaman serta berbagai sajian yang ada di sana sangatlah mendukung kita untuk mengembalikan energi. Kafe akan menjadi tempat yang paling asyik dan banyak dikunjungi oleh orang orang.

Saat ini memang kafe menjadi salah satu fenomena tersendiri dan tren di kalangan anak muda. Oleh sebab itu peluang usaha untuk mendapakan keuntungan dari adanya kafe ini menjadi sangat terbuka lebar.

Strategi membangun bisnis kafe mulai nol dengan modal terbatas

Namun tetap saja walaupun peluangnya besar anda harus bisa menjalanka bisnis ini dengan taktik dan kiat yang jitu, supaya bisnis anda tersebut bisa sukses. Jika modal yang anda miliki hanya minim, anda harus selalu antisipasi. Berikut ini taktik dan kiat jitu untuk bisa membangun kafe yang sukses.

#1 Pilih lokasi atau tempat usaha yang strategis

Taktik jitu pertama yang bisa anda terapkan untuk membangun sebuah usaha kafe yang sukses walaupun dengan modal yang minim adalah dengan memperhatikan lahan dan tempat di mana kafe yang anda inginkan akan dibuka.

Usahakanlah tempat di mana kafe anda akan didirikan berada di lokasi yang ramai dan pastinya strategis. Kafe tidak harus berada di mall, dengan menyewa tempat di sana demi mendapatkan pelanggan yang banyak. Akan tetapi kafe bisa anda buat di tempat anda sendiri misalnya di pinggir jalan yang ramai pastinya juga memungkinkan anda untuk mendapatkan konsumen yang banyak. Bukan berart yang namanya kafe itu harus selalu memiliki tempat yang mewah.

Selain hal di atas ada satu hal lagi yang juga tidak kalah penting untuk anda pikirkan yakni usahakan untuk membuat tempat yang senyaman mungkin supaya pelanggan bisa merasakan hawa di rumahnya sendiri, sehingga mereka bisa merasa betah dan tetap ingin datang lagi ke kafe anda.

Semakin nyaman kafe yang anda buat maka akan semakin banyak pelanggan yang akan datang ke kafe anda. Sehingga denggan begitu anda akan mampu meraih pendapatan atau omzet yang cukup besar di setiap bulannya.

Simak juga ulasan terkait mengenai 5 jenis usaha rumahan dengan modal kecil serta artikel menarik lainnya tentang kiat sukses berbisnis dengan modal 1 juta.

#2 Buat sajian menu yang tidak mengecewakan

Walaupun bukan berupa rumah makan ataupun restoran bukan berarti anda tidak bisa menyediakan menu makanan ataupun minuman yang lezat. Selezat apapun menu yang anda sajikan namun anda harus tetap memperhatikan kualitas dari sajian menu anda.

Pastikanlah bahwa menu sajian dari kafe anda memiliki cita rasa yang tinggi. Selain itu hal lain yang harus anda perhatikan terkait sajian anda adalah mengenai kebersihannya.

Faktor ini tidak kalah pentingnya untuk anda perhatikan pula. Tidak hanya kebersihan tempat melainkan juga kebersihan sajian. Usahakanlah sebaik mungkin supaya konsumen tidak merasa jijik dengan menu dan suasana kafe anda.

Cobalah untuk menyajikan menu menu kreatif dan menu yang menjadi andalan kafe anda. Ada satu hal lagi yang juga penting yakni berfokuslah untuk membuat menu yang enak dan bersih supaya pelanggan senang datang ke tempat anda. Jangan malah berfokus pada pembuatan variasi menu yang banyak.

#3 Ambil bahan baku dari grosir untuk harga lebih murah

Untuk menghemat biaya pengeluaran dari menu yang anda sajikan, maka anda bisa untuk membeli bahan makanan dan minuman dari pedagang grosir.

Dengan membeli bahan baku dari pedagang grosir maka anda akan mengehemat pengeluaran karena harga yang anda peroleh jauh lebih murah. Namun untuk bisa mendapatkan harga yang murah dari pedagang grosir maka anda diharuskan untuk membeli dalam jumlah yang banyak.

Hal seperti ini memang sudah menjadi ketentuan dari pedagang grosir dari berbagai tempat. Hal semacam ini tentunya tidak akan menjadi masalah bagi anda jika anda telah berniat untuk mendirikan usaha kafe ini.

#4 Buat kafe lesehan saja tetapi pengunjung bisa nyaman

Di poin satu tadi telah disebutkan bahwa kenyamanan menjadi faktor yang utama dari sebuah kafe. Oleh sebab itu usahakanlah untuk membuat kafe ini dengan nyaman.

Walaupun modal yang anda miliki minim anda tetap bisa membuat nyaman kafe anda. Bagaimanakah caranya? Anda bisa mencoba untuk membuat konsep kafe lesehan.

Dengn konsep ini anda tidak perlu memikirkan anggaran untuk mengadakan meja dan kursi yang pastinya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Selain itu kafe lesehan juga bisa menciptakan kesan santai dan nyaman. Namun anda harus tetap memperhatikan konsep lesehan ini yakni kebersihan dari alas duduknya yakni karpet. Usahkanlah karpet tersebut tetap bersih dan wangi agar pengunjung tetap merasa nyaman.

#5 Gunakan perlengkapan usaha yang murah namun menarik

Untuk bisa membuat suasana nyaman bagi pelanggannya maka anda bisa untuk memilih perlengkapan usaha yang murah dan menarik.

Karena barang mahal belum tentu bisa menarik perhatian pengunjung. Dengan memberikan kreatifitas dalam pembuatan perlengkapan tersebut maka barang murah bisa terlihat mahal.

Sebenarnya ada banyak bahan sederhana yang bisa anda gunakan sebagai perlengkapan kafe anda misalnya saja yakni piring dari anyaman bamboo yang diberi alas daun pisang. Untuk perlengkapan lainnya anda bisa juga memilih bahan yang murah juga akan tetapi masih mempunya nilai estetika supaya tetap bisa menarik perhatian pengunjung.

#6 Maksimalkan dengan tenaga sendiri untuk permulaan

Untuk bisa membangun kafe walaupun dengan modal yang minim anda bisa untuk memaksimalkan tenaga anda. Memang sebuah pekerjaan selalu membutuhkan bantuna dari orang lain untuk bisa menyelesaikannya.

Maka dari itu kebanyakan usaha pasti selalu membutuhkan bantuan dari orang lain dengan melakukan perekrutan karyawan. Namun sebenarnya hal semacam ini tidak selamanya harus dilakukan.

Kalaupun anda masih bisa menyelesaikan pekerjaan itu secara sendiri kenapa harus merekrut orang lain. Apalagi modal yang anda miliki terbilang minim maka untuk bisa mencapai balik modal ataupun untung masih cukup lama.

Oleh sebab itu jika anda masih merasa mampu mengelola usaha tersebut sendiri maka perekrutan karyawan tidaklah perlu dilakukan. Ingat untuk meraih sebuah kesuksesan itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, perlu adanya kerja keras dan semangat yang tinggi.

#7 Menerapkan strategi marketing yang hemat biaya

Jika anda merasa masih membutuhkan penghematan untuk bisnis kafe tersebut maka anda bisa untuk menekan biaya di sector marketing.

Memang sebuah bisnis pastilah membutukan pemasaran ataupun marketing untuk mempromosikan produknya supaya bisa dikenal banyak orang dan bisa meningkatkan penjualan.

Namun tidak jarang para pengusaha terjebak dalam hal ini. Mereka mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk melakukan proses marketing demi meningkatkan penjualannya.

Sebelum melakukan hal ini anda perlu melihat budget yang anda miliki, jika jumlahnya minim maka anda tidak perlu untuk mengeluarkan banyak dana di sector ini. Anda harus pandai pandai mengalokasikan dana yang anda miliki. Anda tidak perlu untuk memaksakan diri untuk membuat pemasaran dengan biaya yang besar.

Untuk bisa membuat promosi yang hemat anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan beberapa media sosial yang memang dikenal sangat hemat biaya bahkan bisa tidak mengeluarkan biaya sedikit pun.

Lalu apakah strategi seperti ini bisa efektif? Untuk bisa menilai efektif tidaknya hal ini sangatlah tergantung dari kemampuan anda dalam mengelolanya. Teknik dan ketekunan memang sangat dibutuhkan dalam hal ini. Semakin giat dan telaten anda dalam melakukan promosi ini maka akan semakin efektif pula strategi ini.

#8 Berusaha mencari partner atau investor

Kiat jitu yang terakhir yang bisa anda coba untuk diterapkan dalam mendirikan usaha kafe dengan modal yang minim adalah dengan menjalin kerjasama yang baik dengan investor.

Memang untuk mendapatkan investor dari usaha yang baru tidak mudah. Akan tetapi bukan tidak mungkin hal ini tidak bisa dilakukan. Langkah ini merupakan cara yang paling efektif untuk bisa membuat bisnis kafe anda berjalan dengan lancar.

Tidak dapat dipungkiri bahwa usaha kafe yang termasuk dalam jenis bisnis kuliner ini digadang merupakan salah satu peluang bisnis 2018 yang paling menguntungkan untuk di kerjakan.

Cobalah untuk mencari teman, keluarga ataupun sahabat yang bisa anda ajak untuk bermitra dalam berbisnis. Dengan modal dari pihak kedua maka keinginan anda untuk mendirikan usaha dengan modal yang kecil akan bisa terwujud.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development