Pinjam Uang Jaminan KTP KK

Solusi Dana Cepat Pinjam Uang Jaminan KTP – KK Dari Bank dan Koperasi

By: Liza Fazira

Bisa mendapatkan pinjaman uang dengan jaminan KTP dan KK dari bank maupun koperasi tentunya akan menjadi angin segar bagi masyarakat yang tidak memiliki aset sebagai agunan dan bisa untuk memenuhi kebutuhan finasialnya tanpa prosedur yang rumit.

Kebanyakan dari beragam produk pinjaman yang ada saat ini biasanya mengharuskan calon debitur untuk menjaminkan aset berharga sebagai dasar taksiran pinjaman yang akan disetujui oleh bank maupun lembaga keuangan lainnya.

Namun belakangan ini begitu populer beragam program pinjaman yang ditawarkan oleh perbankan tanpa menggunakan jaminan yaitu produk KTA (kredit tanpa agunan) dengan ketentuan yang berbeda pada masing masing bank.

Besarnya pinjaman yang ditawarkan juga tidak main main bahkan mencapai plafon hingga ratusan juta plus tenor yang fleksibel sesuai kemampuan calon debitur.

4 Lembaga keuangan yang memberikan pinjaman uang dengan jaminan KTP

Sebagai referensinya, berikut ini adalah 4 pilihan dari bank dan koperasi yang dapat memberikan anda pinjaman uang hanya dengan jaminan KTP dan KK sebagai solusi kebutuhan keuangan.

#1 Tunaiku Amar Bank Indonesia – Plafon hingga Rp 10 Juta

Hanya dengan modal KTP dan tanpa menggunakan agunan, PT Amar Bank Indonesia bisa memberikan pinjaman kredit dengan plafon sampai Rp 10 juta.

Jika di perhatikan mengenai syarat dan prosedur yang ditetapkan oleh PT Amar Bank bagi calon debiturnya tidak jauh berbeda dengan syarat mengajukan pinjaman KTA yaitu:

  • Usia minimum 21 tahun
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimum masa kerja 3 bulan

Sementara ini bagi calon debitur yang dapat dilayani oleh produk Tunaiku Amar Bank masih terbatas pada area wilayah Jabodetabek, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo saja.

Suku bunga dan tarif pinjaman

  • Biaya administrasi Rp540.000
  • Suku bunga perbulan 3% – 6% flat
  • Bunga keterlambatan 0,16% perhari
  • Biaya keterlambatan Rp100.000
  • Biaya pelunasan lebih awal Rp0
  • Durasi pinjaman 6 hingga 15 bulan

Tunaiku adalah produk KTA berbasis fintech (financial technology) sehingga calon debitur bisa mengajukan permohonan pinjaman secara online dengan mengunjungi situs resminya di https://tunaiku.com/

Kemudian registrasi pinjaman akan diproses secepatnya 1x 24 jam dan selanjutnya informasi akan dikirim melalui email yang terdaftar untuk pemberitaan mengenai aplikasi pinjaman tersebut disetujui atau ditolak.

Apabila pengajuan tersebut disetujui, maka debitur harus segera melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan sampai pada proses pencairan dana yang akan dikirim atau transfer langsung ke rekening pemohon sampai 3 hari kerja.

#2 Bank Central Asia (BCA) – Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Meskipun terbilang masih baru sebagai penyalur produk pinjaman kredit usaha rakyat -KUR, akan tetapi lembaga perbankan yang satu ini memberikan plafon yang sangat besar hingga Rp 100 juta hanya dengan jaminan KTP saja.

Sebagai catatan penting bahwa kredit ini hanya akan disalurkan pada masyarakat pemilik bisnis dan usaha yang bergerak pada sektor UMKM tanpa menggunakan jaminan.

Adapaun syarat dan ketentuan yang diberlakukan bagi calon debitur tidak jauh berbeda dengan perbankan lainnya diantaranya adalah:

  • WNI dengan usia minimal 21 tahun
  • Telah memiliki usaha yang layak menerima pembiayaan KUR
  • Mengisi formulir pengajuan kredit
  • Melengkapi berkas penunjang seperti surat keterangan usaha, dan fotokopi rekening tabungan

Apabila calon debitur ingin memanfaatkan teknologi finansial yang ada pada bank BCA maka bisa mencoba mengajukan permohonan kredit ini secara online melalui halaman situs resmi https://www.bca.co.id/

#3 BTPN (Bank Tabungan Pensiun Nasional)

BTPN merupakan salah satu diantara lembaga keuangan yang menawarkan kredit pinjaman uang hanya dengan jaminan KTP dan KK untuk masyarakat yang memiliki usaha sektor UMKM atau usaha dengan modal kecil lainnya.

Produk pinjaman ini akan dicairkan dalam bentuk kredit usaha rakyat mikro menerapkan tingkat suku bunga sebesar 9% pertahun.

Dengan plafon mulai 1 juta sampai sebesar 25 juta rupiah, program pinjaman ini difokuskan pada bantuan pendanaan kredit modal usaha dan investasi dengan tenor angsuran sampai 3 tahun untuk modal usaha dan tenor selama 5 tahun untuk kredit investasi.

Untuk para calon debitur yang ingin mengajukan permohonan kredit usaha rakyat (KUR BTPN) harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini selain KTP dan KK:

  • Mengisi formulir pendaftaran yang bisa didapatkan melalui kantor cabang BTPN
  • WNI dengan minimal usia 21 tahun dan atau 18 tahun dengan ketentuan telah menikah
  • Perkecimpung di jenis usaha UMKM dan telah berjalan minimal 6 bulan
  • Melengkapi dokumen lain seperti fotokopi Surat Nikah dan Surat Keterangan Usaha

Setelah kredit berhasil dicairkan maka kewajiban nasabah adalah membayar cicilan sesuai tenor hingga lunas dengan lancar disamping dananya mampu untuk mengembangkan usaha yang di geluti.

#4 Koperasi – Solusi terbaik pinjaman uang tanpa jaminan

Sudah tidak asing lagi bahwa koperasi adalah lembaga yang juga menangani keuangan dan cukup banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat meminjam maupun menyimpan uang.

Koperasi sendiri memiliki prinsip mensejahterakan anggota namun dengan persyaratan bahwa siapa saja yang ingin mendapatkan pinjaman dengan jaminan KTP KK wajib terdaftar sebagai anggota terlebih dahulu.

Jika dilihat dari besarnya dana yang bisa diberikan oleh koperasi tidak akan sebesar kredit KTA maupun KUR dari lembaga keuangan perbankan, akan tetapi beberapa kemudahan meliputi syarat, cicilan serta ketentuan bunga yang diterapkan sangat terjangkau bagi anggotanya.

Dan yang menjadi kekurangan dalam sistem koperasi ialah hanya dapat diajukan oleh anggota koperasi itu sendiri kemudian besarnya plafon pinjaman termasuk sangat kecil.

Keterbatasan tersebut tentu disebabkan oleh modal bersama yang relatif kecil dibandingkan dengan lembaga keuangan berbadan hukum.

Solusi pinjaman bebas jaminan dan bebas bunga

Meskipun sudah ada program kredit dan pinjaman hanya dengan modal jaminan KTP dan KK alangkah baiknya anda tetap bijak dalam mencermati untung ruginya.

Setidaknya masih ada alternative lain sebagai solusi mengatsi masalah keuangan dengan beberapa pilihan yang resikonya jauh lebih kecil diantaranya adalah:

  • Meminjam uang pada keluarga atau kerabat
  • Meminjam uang pada teman atau sahabat
  • Mengajukan pinjaman ke kantor tempat bekerja atau Kas Bon

Dengan memiliki 3 alternatif tersebut setidaknya anda bisa mengatasi masalah finasial dengan cara yang lebih aman tanpa resiko anda membayar bunga maupun berurusan dengan penagih hutang kedepannya.

Meskipun demikian, anda tetap harus beritikad baik dan bertanggung jawab atas pinjaman yang telah anda dapatkan dengan berusaha mengembalikan secara meng angsur ataupun di bicarakan secara baik sebelumnya.

Leave a Reply

2 Comments on "Solusi Dana Cepat Pinjam Uang Jaminan KTP – KK Dari Bank dan Koperasi"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Ahli Keuangan
Guest
Ingin mendapatkan pinjaman uang dengan syarat mudah seperti pinjaman hanya jaminan KTP saja harus di pastikan pula bahwa anda tidak pernah punya riwayat kredit yang bermasalah sebelumnya. Misalnya punya kartu kredit, tagihan harus dibayar lunas tepat waktu. Misalkan pernah memiliki kredit kendaraan, cicilan atau angsuran per bulan juga wajib lancar. Pihak lembaga keuangan dan bank akan melihat data kredit pemohon di bank atau melalui BI Checking. Jika sebelumnya anda pernah punya masalah saat angsuran melunasi cicilan, maka akan dianggap tidak potensial untuk diberi pinjaman dengan syarat mudah karena pihak kreditur mengantisipasi timbulnya masalah kredit macet. Tempat pinjam uang tanpa jaminan… Read more »
Nanang ahyadi
Guest

Selamat siang .. Saya butuh pinjaman uang tapi saya hanya mempunyai jaminan ktp sama kk doang apakah bisa . tolong bantu saya . 081517488076

wpDiscuz