Barang komoditas eksport Indonesia

6 Contoh Komoditas Indonesia Yang Sudah Banyak Diekspor Keluar Negeri

By: Liza Fazira

Daftar barang atau komoditas ekspor Indonesia beserta Negara tujuannya akan kita ulas dengan menyertakan contoh untuk menambah wawasan kita dalam dunia bisnis antar Negara.

Istilah ekspor tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua yang mana ini adalah proses transportasi barang antara negara satu dengan negara lain yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan maupun perorangan.

Dari tahun ke tahun Indonesia memiliki peningkatan nilai yang mana hal ini berdampak cukup baik pada pertumbuhan ekonomi dan bisnis negeri ini.

Barang apa saja yang menjadi komoditas ekspor dan negara mana saja tujuannya?

Merujuk pada data yang di berikan oleh situs kemenperin, setidaknya ada sekitar 30 negara tujuan barang ekspor Indonesia dari hasil industri. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

#1 Komoditi Kayu

Sebagai penghasil kayu tropis terbesar di dunia, nilai ekspor pada komodity ini dapat mencapai 5 miliar US dollar setiap tahunnya.

Beberapa kategori pada produk kayu ini diantaranya ialah kayu lapis, bubur kayu, kertas, veneer, barang mebel beserta bahan konstruksi kayu.

Kayu lapis merupakan produk ekspor terbesar dengan Negara tujuan China dan Jepang .

#2 Produk Pangan

Contoh produk ekspor terbesar Indonesia pada kategori makanan ialah hasil perikanan salah satunya udang beku yang di kirim ke Amerika Serikat.

Dengan permintaan yang cukup tinggi, maka tidak heran jika setiap tahunnya terus mengalami peningkatan jumlah pengirimannya.

Kemudian produk blueband  juga termasuk kategori makanan hasil dalam negeri yang sudah terbukti menembus pasar Internasional.

Yang tidak kalah besar ialah produksi minyak sawit sebagai hasil perkebungan yang banyak di ekspor menuju Negara Negara Eropa.

#3 Getah karet

Produksi karet alam hasil negeri ini telah mencapai 3,2 juta ton pertahun sehingga menjadikannya barang ekspor terbesar yang menduduki peringkat kedua setelah Negara tetangga kita yaitu Thailand.

Hasil industri dari bahan baku karet diantaranya ialah ban luar dan dalam dengan brand GT Radial yang diproduksi oleh Perseroan Terbatas Gajah Tunggal telah banyak dikirim ke Eropa dan Amerika.

Baca juga ulasan terkait tentang perbedaaan identitas produk dengan brand serta artikel menarik lainnya mengenai cara mengurus SIUP (Surat Izin Usaha)

#4 Industri Tekstil

Industri tekstil Indonesia merupakan salah satu industri yang memiliki prospektif yang cukup cerah. Selain itu, Industri TPT tersebut sangatlah di prioritaskan untuk dikembangkan didalam negeri.

Sektor manufaktur ini sangat berperan besar bagi perekonomian nasional karena mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang sangat massif serta mampu di andalkan untuk pemenuhan kebutuhan nasional dalam produk sandang.

Saat ini meskipun industri TPT menempati ranking 3 ekspor nasional dan menyerap tenaga kerja hingga 2,79 juta orang dengan hasil produksi yang mampu memenuhi 70- 75% kebutuhan sandang dalam negeri. Cukup luar biasa bukan?

Selain itu, berdasarkan data riset Mister Exportir, untuk pangsa pasar ekspor Textile dan Produk Textile atau sejenisnya adapun Negara tujuan ekspor TPT : Amerika Serikat, Jepang, Turki, Korea Selatan, Inggris, China, dan Malaysia.

#5 Komputer, Optik, serta Barang Elektronik

Contoh produk ekspor Indonesia  untuk barang elektronik ialah berupa semi konduktor dan komponen elektronik seperti aluminium electrolytic dan tantalun.

Beberapa perlengkapan alat komputer seperti optical reader dan scanners.

Maspion dan polytron mengekspor produk elektronik yang mayoritas  ialah untuk kebutuhan rumah tangga seperti pkipas angina, setrika listrik dan perkakas rumah tangga lainnya.

#6 Biji Kopi dan produk kopi

Sebagai penghasil kopi terbesar dunia setelah brazil dan Vietnam, selain itu Indonesia juga memiliki banyak jenis kopi yang sudah mampu menembus pasar internasional diantaranya ialah dikirim ke Negara tujuan seperti Myanmar, Malaysia, serta Austria.

Brand kopi yang paling terkenal dari Indonesia ialah “Kapal Api” yang mana memiliki citarasa tinggi sehingga tidak ragu lagi bisa mendapatkan nilai terbaik di kancah global.

Indonesia memiliki banyak jenis kopi yang telah diekspor ke banyak negara seperti kopi toraja, kintamani, gayo, dan lain sebagainya.

Terkenal dengan Negara penghasil sumber daya alam yang beragam, sehingga menjadikan Indonesia sebagai eksportir terbesar dari beberapa contoh komodity yang sudah di ulas di atas.