Pengertian dan perbedaan brand merek dan identitas produk

Pengertian dan Perbedaan Identitas Produk Merek atau Brand

By: Chabib Azizah

Mengetahui pengertian dan perbedaan dari istilah identitas produk dan merek atau brand tentunya akan memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai fungsinya.

Ketika anda sedang berbelanja dimana saja sudah tentu akan memiliki target pada merek atau brand yang paling anda percayai.

Kebanyakan orang menganggap dengan merek yang terkenal dan bagus, maka akan memberikan rasa percaya diri dalam mengenakan produk tersebut.

Sementara itu kualitas dari barang tersebut kadang kurang begitu diperhatikan sebab mereka sudah terlanjur merasa percaya bahwa kualitas yang disuguhkan selama ini sangat baik dan telah banyak orang yang menggunakannya.

Fungsi identitas sebuah produk yang kerap di tampilkan dengan brand dan merek

Tidak hanya berupa sebuah logo untuk dapat mempresentasikan adanya perusahaan kepada konsumen akan tetapi juga masih memerlukan identitas berupa merek atau brand.

Menurut para ahli, bahwa merek adalah sebuah dimensi tambahan secara unik yang dirancang untuk memberikan perbedaan bersifat rasional dan tangible (terkait dengan kinerja produk dari merek bersangkutan) maupun simbolik, emosional dan intangible (berkenaan dengan representasi merek) untuk memuaskan kebutuhan yang serupa.

Pada sebuah buku yang di tulis oleh Kismono (2001) menegaskan bahwa merek memiliki pengertian yaitu:

  • Brand name – adalah bagian dari merek yang bisa dilafalkan atau dieja
  • Brand mark – adalah suatu simbol atau desain yang digunakan untuk memberikan identitas pada produk atau untuk membedakannnya dengan produk lain
  • Trade character – adalah bentuk dari brand mark yang mengambil bentuk fisik atau sifat manusia

Menarik garis besar dari penjelasan singkat di atas telah memberikan pengertian bahwa merek atau brand tidak cuma sekedar sebuah logo atau symbol dari perusahaan melainkan adalah sebuah persepsi sangat penting tentang produk antara perusahaan satu dengan yang lainnya.

Simak juga ulasan terkait mengenai syarat dan tahap mendaftarkan merek dagang  serta artikel menarik lainnya tentang syarat dan ketentuan mengurus surat izin usaha.

Karena brand atau merek produk di anggap sangat penting maka para ahli juga mendeskripsikan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari merek itu sendiri diantaranya:

  • Memudahkan proses penanganan atau pelacakan melalui proses identifikasi produk bagi perusahaan pada saat pencatatan
  • Bentuk proteksi atau perlindungan terhadap fitur atau aspek produk yang unik
  • Sumber keunggulan bersaing, terutama melalui perlindungan hukum, loyalitas pelanggan, dan citra unik yang terbentuk dalam benak konsumen
  • Signal atau penanda tingkat kualitas produk bagi para pelanggan yang puas, sehingga mereka bisa dengan mudah memilih dan membelinya lagi di lain kesempatan
  • Sarana menciptakan asosiasi atau hubungan dan makna unik untuk membedakan produk yang dimiliki dari para pesaing jenis produk yang sama
  • Sumber financial returns (pengembalian dana) terutama menyangkut pendapatan masa datang

Ketika sebuah perusahaan hanya menganggap merek merupakan nama belaka, hal ini mengindikasikan bahwa mereka tidak memiliki tujuan merek yang sesungguhnya.

Dalam rangka melakukan promosi merek, sebenanya  tidak cukup hanya dengan atribut saja.

Sebab paling utama ialah konsumen tidak hanya puas dan tertarik pada atribut merek itu apabila dibandingkan dengan manfaat yang akan mereka peroleh.

Setiap pesaing bisnis akan lebih mudah meniru atau memalsukan merek yang sudah terkenal, namun mereka akan kesulitan memberikan kualitas yang sepadan jika perusahaan anda juga mengutamakan kualitas produk di atas nama brand itu sendiri.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of