Pertanyaan penting interview wawancara kerja

Pertanyaan Penting Yang Di Ajukan Saat Wawancara Kerja (Interview)

By: Liza Fazira

Sangat penting untuk mengetahui pertanyaan apa yang sering di ajukan ketika menghadapi proses interview atau wawancara kerja tentunya akan memberikan pengalaman dan menguatkan mental anda.

Memiliki karyawan untuk menjalankan masing-masing tugas dan perannya secara professional selalu dibutuhkan bagi usaha-usaha yang berskala menengah sampai ke atas agar perusahaan dapat berjalan lancar.

Mendapatkan karyawan melalui proses rekrut dengan karakter jujur, pekerja keras, memiliki motivasi bekerja yang tinggi tidak bisa hanya berdasarkan penampilan fisik dan berdasar cv semata.

Diperlukan juga penggalian secara mendalam untuk megetahui karakter dan kemampuan dari calon karyawan sesungguhnya melalui pengajuan beberapa pertanyaan atau wawancara.

Jawaban dan pertanyaan yang paling penting saat proses interview

Berikut 10 (sepuluh) daftar pertanyaan wawancara yang dapat menggali informasi tentang kepribadian calon karyawan disertai penjelasan untuk menguraikan arti jawaban yang disampaikan :

#1 Ceritakan gambaran mengenai diri anda

Petanyaan diatas bermaksud untuk mengetahui seberapa kenal kandidat terhadap karakter dan potensi diri, serta mengetahui hal apa saja yang akan ditekankan.

Yang terpenting dalam menjawab setiap pertanyaan ini adalah rasa percaya diri, semangat, terstruktur dan mampu memberikan hubungan jawaban dengan pekerjaan yang dilamar.

Contoh ungkapan dari calon untuk menjawab pertanyaan di atas :

Perkenalkan nama saya Natalia, ibu dari 1 orang anak dengan pengalaman kerja lebih dari 2 tahun sebagai marketing di bidang property.

Selama bekerja di perusahaan Sinar Terang saya telah menjual sebanyak 5 (lima) unit perumahan, 10 (sepuluh) unit condotel yang semua konsumen saya dapatkan melalui pameran. Saya tipe pekerja keras dan pantang menyerah untuk bisa mencapai target yang telah ditentukan dari perusahaan.

#2 Mengapa kami harus mempekerjakan anda?

Dengan pertanyaan di atas memberikan kesempatan kepada calon kandidat untuk mengungkapkan semua kelebihan dan potensi diri yang ada.

Penyampaian sebaiknya lebih menonjolkan kemampuan yang dimiliki yang unik dan berbeda dari competitor yang lain. Sebagai perekrut kita harus memperhatikan ekspresi, antusiasme, dan tiap kata yang disampaikan agar kita mengetahui apakah yang disampaikan sesuai fakta atau hanya suatu yang dilebih-lebihkan.

Simak juga ulasan terkait tentang usaha sampingan modal kecil untuk karyawan serta artikel menarik lainnya mengenai strategi praktis manajemen usaha kecil meraih sukses.

#3 Apa saja saran dari atasan anda diperusahaan sebelumnya mengenai kekurangan anda?

Secara tidak langsung pertanyaan ini akan membuat calon kandidat menceritakan segala kekurang yang ada dalam dirinya ketika bekerja di perusahaan lama.

Biasanya calon akan lebih jujur dalam mengungkapkan. Karena sifat dari pertanyaan ini langsung membuat orang secara psikologis bercerita secara jujur.

#4 Hal apa saja yang dapat membuat anda merasa frustasi?

Sebagai seorang karyawan atau staff memiliki pekerjaan yang monoton setiap hari yang dikerjakan adalah tugas yang sama. Hal yang seperti ini sering membuat rasa jenuh datang dan menimbulkan rasa frustasi.

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui factor apa saja yang biasanya dapat menimbulkan frustasi dan kita berhak mengajukan juga bagaimana cara melepas rasa frustasi tersebut agar metode yang akan digunakan tidak mempengaruhi kinerja perusahaan apabila kandidat tersebut bergabung dengan perusahaan anda.

Perhatikan poin yang mereka tekankan, kemudian coba kaitkan dengan posisi yang anda tawarkan.

Kandidat yang memiliki arah dan tujuan bekerja secara tidak jelas, tidak mandiri dan  tidak terstruktur, ini merupakan contoh kandidat yang tidak tepat untuk bekerja di perusahaan yang memiliki arah dan tujuan yang jelas.

#5 Apa alasan paling mendasar untuk mengundurkan diri dari pekerjaan lama?

Diharapkan melalui pertanyaan ini kandidat tidak memberikan penilaian negative terhadap perusahaan lama karena disini juga tercermin kepribadian dari kandidat secara tidak langsung.

Alasan yang diberikan dari kandidat harus fokus kepada tujuan, motivasi karir dan tantangan baru untuk menjadi lebih berkembang.

#6 Jelaskan mengenai apa saja yang anda ketahui tentang perusahaan kami?

Sebelum bergabung dalam suatu perusahaan, kandidat biasanya mencari tahu tentang seluk beluk pendirian, kelebihan perusahaan dibanding dengan yang lain dan fungsinya nanti apabila diterima untuk bekerja.

Dengan adanya pertanyaan ini, kandidat diharapkan akan lebih bersemangat dalam menceritakan perusahaan, berkontribusi secara maksimal untuk membuat perusahaan lebih berkembang melalui talenta yang dimiliki dan ada rasa tertarik yang tinggi untuk menjadi bagian dari perusahaan.

#7 Berapa besar gaji yang anda inginkan dari perusahaan?

Pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa besar seorang calon kandidat menghargai hasil pekerjaan. Namun, untuk besar gaji yang ditawarkan tetap disesuaikan dengan peraturan perusahaan yang berlaku.

Baca juga ulasan mengenai tips melobi orang atau bernegosiasi dan artikel terkait tentang strategi meningkatkan kinerja perusahaan dengan bisnis plan yang tepat.

#8 Apa keputusan tersulit yang pernah Anda ambil di pekerjaan sebelumnya?

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui bagaimana cara kandidat menganalisa dan mengambil keputusan dalam keadaan yang mendesak.

Serta apakah keputusan yang diambil mempengaruhi situasi kantor, rekan kerja dan kandidat secara pribadi.

Apabila kandidat belum pernah mengambil atau menceritakan untuk situasi sulit yang pernah dialami dan dapat menyelesaikannya, bisa jadi ini kandidat yang belum sesuai untuk bekerja di perusahaan anda. Karena di dalam usaha selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit di saat tertentu.

#9 Adakah pertanyaan yang akan dilontarkan kepada kami?

Pertanyaan ini disampaikan kepada kandidat untuk mengetahui antusiasme dari calon mengenai apa saja yang ingin diketahui dari perusahaan yang dilamar.

Kandidat biasanya akan memberikan pertanyaan yang jujur dan bisa memberikan padangan kedepan untuk apa saja yang harus dilakukannya untuk mencapai kesuksesan bekerja di perusahaan tersebut.

#10 Target apakah yang akan anda capai dalam waktu 5 (lima) tahun kedepan?

Anda mungkin saja tidak mengharapkan jawaban bahwa kandidat yang ditanyakan akan berada dalam posisi yang sama dalam lima tahun.

Karena dengan adanya keseriusan dalam bekerja, antusiasme dalam pencapaian karir sudah tentu kandidat tersebut tidak akan beralih ke perusahaan lain dalam waktu yang singkat.

Mendapatkan karyawan sebenarnya sangat mudah apabila tidak membutuhkan yang professional. Tetapi jika menginginkan karyawan yang mampu membantu usaha lebih maju dan berkembang dibutuhkan perekrutan yang sangat ketat dengan mengetahui karakter dan keahlian kandidat.

Dengan belajar dari 10 (sepuluh) pertanyaan yang paling umum di ajukan saat interview atau wawancara kerja di atas sebenarnya sudah bisa digunakan untuk membantu mendapatkan seorang kandidat yang unggul.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar