Strategi sukses mencapai target penjualan

9 Strategi Serta Tips Sukses Mencapai Target Penjualan Dalam Bisnis dan Usaha

By: Chabib Azizah

Untuk menjadi promotor agar sukses mencapai target penjualan biasanya ada beberapa ktiteria yang sangat dibutuhkan salah satunya adalah kuat dalam segala kondisi dan pastinya harus memiliki mental baja.

Dalam hal ini dimaksudkan adalah seorang tenaga penjualan harus tetap tangguh dan sabar dalam menghadapi banyak pelanggan yang notabenenya memiliki sifat, karakter dan latar belakang yang berbeda, sehingga hal ini menyebabkan permintaan mereka pun juga turut berbeda bahkan bisa sampai menyulitkan anda.

Inilah pentingnya beberapa kriteria di atas. Seorang sales biasanya dituntut untuk mencapai penjualan sesuai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan, maka dari itu mereka harus bekerja ekstra untuk bisa mencapai target tersebut. dan hal yang selalu terjadi ketika target belum tercapai yakni seorang sales selalu bekerja di bawah tekanan atasannya.

Dengan adanya kondisi seperti itu tidak jarang membuat para sales sangat bosan dan jenuh dengan pekerjaannya. Jika keadaan seperti terus anda alami maka pekerjaan yang anda lakukan akan semakin menjadi beban.

Alangkah baiknya anda bangkit dan temukanlah semangat baru untuk bisa menjalani pekerjaan ini dengan enjoy dan target pun bisa anda capai dengan mudah.

Langkah jitu serta strategi ampuh demi tercapainya target penjualan dalam bisnis

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mengejar target dalam penjualan.

#1 Quick respon / cekatan

Di zaman yang serba teknologi ini  segala sesuatunya bisa didapatkan dengan waktu yang cukup singkat, hal ini pun turut mempengaruhi aktivitas manusia yang dituntut untuk bekerja ekstra supaya target yang telah ditetapkan bisa cepat tercapai bahkan kalau bisa melebihinya.

Dengan ini manusia juga diharuskan untuk mengikuti perubahan yang terjadi supaya mereka tidak tertinggal dalam melakukan aktivitasnya. Selalu update terhadap informasi dan tindak lanjuti dengan segera supaya anda bisa lebih maju dari pesaing pesaing anda.

#2 Well planned

Untuk bisa mencapai target yang telah ditetapkan maka anda sebaiknya membuat perencanaan yang matang mengenai cara cara apa saja yang harus anda lakukan untuk bisa mencapai target tersebut.

Berapa besar omzet penjualan yang ingin anda capai. Tetaplah fokus dalam bekerja, inilah yang paling penting. Supaya anda selalu ingat dengan tujuan awal anda. Sehingga dengan memiliki rencana yang matang dan tujuan yang jelas maka anda bisa kerja lebih cermat dan pastinya lebih enjoy.

#3 Bersaing (Kompetisi)

Perlu anda ketahui bahwa segala kegiatan yang berhubugan dengan penjualan sudah bisa dipastikan memiliki pesaing yang cukup banyak.

Dengan adanya ini maka anda bisa semakin terdorong untuk lebih semangat dalam bekerja, sehingga segala sesuatunya bisa dicapai dengan maksimal. Maka dengan begitu anda perlu untuk menetapkan strategi penjualan yang jitu untuk bisa memenangkan persaingan bisnis dan usaha.

#4 Kaya ide dan kreatif

Dalam melakukan penjualan anda dituntut untuk selalu memiliki strategi dan dan ide ide yang kreatif untuk bisa mengalahkan pesaing anda.

Akan tetapi tetap gunakan cara yang sehat dalam bersaing karena cara yang baik akan mendatangkan kemudahan bagi usaha anda.

Dengan mengaplikasikan ide kreatif anda dalam penjualan maka anda bisa dengan mudah mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya, sehingga posisi anda pun akan lebih menonjol di mata pesaing anda.

#5 Open minded

Di jaman yang serba teknologi ini seorang sales person dituntut untuk selalu berpikiran terbuka hal ini dimaksudkan agar ia selalu bisa mengikuti perkembangan yang sedang terjadi serta bisa dengan cepat untuk beradaptasi.

Seorang sales person itu memang dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih dan ia harus mengetahui kemampuannya itu, selain itu ia juga diharapkan untuk bisa mengetahui keunggulan dari pesaingnya.

Alangkah baiknya untuk mendapatkan strategi yang benar benar ampuh maka seorang sales diharapkan untuk mengupgrade strateginya untuk bisa melampaui pesaingnya.

#6 Networking

Apapun profesi seseorang saat ini mereka pasti selalu memiliki hubungan yang sangat erat dengan yang namanya networking begitupun seorang sales.

Dengan memiliki banyak jaringan maka peluang yang anda miliki untuk melakukan transaksi sangatlah terbuka lebar.

Untuk itu mempunyai banyak relasi itu sangatlah penting, jika anda belum memilikinya maka tidak ada salahnya untuk bergabung dalam komunitas ataupun melibatkan banyak orang untuk membantu anda dalam menemukan potential prospect.

Simak juga artikel terkait tentang cara menghindari atau antisipasi kerugian dalam berbisnis serta ulasan menarik lainnya tentang tips sukses usaha dagang untuk pemula.

#7 Tidak cepat puas

Ketika seorang sales telah berhasil melakukan pendekatan dengan klien, maka seringkali mereka lupa dan terlena dengan keberhasilan yang mereka dapatkan.

Padahal yang harus mereka lakukan adalah tetap fokus dengan apa yang telah ditargetkan. Oleh karena itu ketika pendekatan telah berhasil maka langkah anda selanjutnya adalah melakukan prospecting.

Hal ini dimaksudkan agar anda bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak sehingga akan memudahkana anda dalam mencapai target.

#8 Profesional

Keprofessionalan dalam bekerja memang sangatlah dibutuhkan dalam bidang pekerjaan apapun karena dengan menjalankan ini secara konsisten maka anda akan mendapatkan keberhasilan yang maksimal.

#9 Disiplin

Perlu anda ketahui bahwa ilmu itu bisa diperoleh dari jalan apa saja dan bisa dari mana saja. Baik itu secara teori ataupun melalui pengalaman yang telah anda alami salama ini. Sikap yang baik seperti perlu sekali untuk diterapkan oleh seorang sales. Siap dan mau belajar  dapat meningkatkan kualitas seseorang sehingga mereka mampu untuk menghadapi perubahan yang sangat cepat.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz