Strategi bisnis usaha kuliner makanan

Bisnis Kuliner: 6 Hal Penting Dalam Usaha Makanan ini Harus Diterapkan

By: Chabib Azizah

Sukses dalam menjalani bisnis makanan atau usaha kuliner tidak lepas dari berbagai faktor pendukung yang harus diperhatikan mulai dari merintis hingga usaha tersebut dijalankan.

Saat ini bisnis kuliner di Indonesia sedang mengalami naik daun seiring dengan pertumbuhan masyarakat yang kian padat. Sehingga tidak dapat dipungkiri akan menimbulkan sebuah persaingan antara pebisnis yang satu dengan yang lain.

Hal ini memang wajar karena dengan adanya perkembagan bisnis kuliner yang cukup pesat juga dibarengi dengan majunya industry pariwisata di Indonesia.

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya sampai kapanpun. Sehingga setiap tahun akan semakin banyak tumbuh bisnis baru yang muncul.

Para pebisnis pun tidak kekurangan ide untuk membuat suatu inovasi dan kreatifitas demi menarik minat para konsumen dan supaya bisnis mereka bertahan lama.

Semakin banyak bisnis kuliner yang tersedia maka semakin banyak pula pilihan yang tersedia untuk para konsumen. Maka mereka akan semakin dimanjakan oleh berbagai macam olahan makanan yang enak dan unik pastinya.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam berbisnis kuliner?

Bagi anda yang memiliki bisnis kuliner atau memiliki rencana untuk membuka usaha makanan ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar bisnis kuliner tersebut bisa mendapatkan minat yang banyak dari pelanggan. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Lokasi Tempat Usaha

Untuk mendirikan sebuah bisnis kuliner alangkah baiknya anda memperhitungkan lokasinya, apakah strategis untuk dijangkau oleh konsumen atau tidak.

Karena lokasi bisnis ini nantinya akan sangat mendukung anda dalam mencapai target pemasaran sehingga cukup berpengaruh terhadap pendapatan anda nantinya.

Oleh sebab itu pilihlah lokasi yang memang benar benar cocok dan sesuai dengan target pemasaran anda.

Target konsumen (pemasaran)

Dalam berbisnis anda harus menentukan target pemasaran secara jelas. Karena target yang anda tentukan nantinya akan digunakan sebagai tolok ukur strategi berbisnis.

Target pemasaran berbisnis pada umumnya merupakan life style dari calon pelanggan. Oleh sebab itu dengan menentukan target yang tepat nantinya anda bisa mengetahui pendapatan yang anda peroleh pada setiap bulannya.

Inovasi Bisnis

Semakin lama pastinya persaingan dalam bisnis kuliner akan semakin ketat karena banyaknya pengusaha baru yang sama bermunculan.

Dengan demikian supaya bisnis yang anda jalankan bisa tetap bertahan lama maka anda perlu melakukan inovasi dan kreasi untuk mempercantik tampilan dari produk anda, sehingga pelanggan bisa tertarik untuk membelinya.

Lakukanlah sesuai dengan target pemasaran anda, hal ini penting untuk menghindari tidak adanya penyelewengan dengan tujuan awal usaha.

Jangan lupa simak juga mengenai tips memenangkan persaingan bisnis dan usaha serta artikel terkait tentang bisnis UKM bidang kuliner yang cukup menjanjikan.

Promosi Produk

Tidak mungkin ketika anda mempunyai sebuah bisnis lalu anda hanya diam saja tanpa melakukan apa apa untuk mengenalkan produk kepada masyarakat.

Pebisnis harus melakukan promosi untuk memperoleh pelanggan serta untuk memperkenalkan kepada mereka apa produk unggulan anda.

Anda bisa melakukan hal ini dengan menggunakan sosial media. Karena saat ini sosial media merupakan jalan yang paling efektif untuk mendapatkan pelanggan.

Selain itu anda juga bisa melakukannya dengan cara pameran atau menyebarkan brosur kepada masyarakat. Cara cara seperti ini sangatlah penting untuk dilakukan mengingat para pesaing anda tidak hanya satu saja.

Pelayanan (Service)

Dalam berbisnis kuliner ada hal yang mesti jadi perhatian anda selaku pemilik bisnis yakni dengan memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas tentunya.

Kesan pertama pelanggan ketika masuk ke dalam tempat usaha anda pastinya mereka akan memperhatikan bagaimana pelayan yang mereka dapatakan.

Baik tidaknya anda dalam melayani akan menjadi penentu keberlangsungan usaha dan bisnis tersebut ke depannya.

Bila pelayanan yang diberikan sangat baik maka pelanggan tidak segan segan untuk terus berkunjung ke restoran anda. Mereka akan tetap setia dengan anda walaupun bisnis yang sama banyak bermunculan di luar sana.

Sumber daya manusia

Kualitas dari sumber daya manusia dalam berbisnis memberikan peran penting terhadap keberlangsungan sebuah usaha.

Maka dari itu sebagai pengusaha anda harus memperhatikan skill orang orang yang terlibat dengan bisnis anda apakah mereka mumpuni jika ditempatkan pada posisi tersebut.

Apabila perlu anda harus mengawasi kinerja mereka selama sebulan sebagai evaluasi apakah ia bisa lanjut bekerja atau tidak.

Selalu ingatkan kepada mereka untuk menjaga keterampilannya supaya kinerja mereka tetap terjaga dengan baik sehingga kondisi usaha dan bisnis anda bisa tetap stabil dari waktu ke waktu.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz