Cara mengelola laba keuntungan usaha dan bisnis

5 Cara Jitu Serta Sederhana Dalam Mengelola Laba Usaha dan Bisnis

By: Chabib Azizah

Tidak bisa dikesampigkan bahwa semua pelaku usaha harus mampu mengelola laba bisnis agar keuangan perusahaan bisa terus berputar sesuai dengan budget dan anggaran.

Semua usaha atau bisnis yang didirikan memiliki harapan dan keinginan untuk mendapatkan keuntungan dan kesuksesan pastinya.

Hal ini pun tentunya harus disertai dengan daya dan upaya untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Lalu apa saja yang harus dilakukan?

Pada dasarnya banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk meraih kesuksesan, namun bila anda memiliki passion dalam bidang bisnis maka anda perlu untuk menekuninya dengan konsisten.

Selain itu managemen yang baik juga perlu dilakukan untuk mendukung usaha anda tersebut, karena tanpa pengelolaan yang baik maka sebuah usaha akan mustahil untuk sukses.

Bukan itu saja ada beberapa faktor lain yang perlu untuk anda perhatikan pula yakni berupa pelayanan yang baik bagi konsumen.

Biasanya hal ini akan menjadi image bagi usaha anda, entah itu nanti baik atau buruk semuanya ada di tangan anda, tinggal bagaimana anda akan menjalankannnya.

Selain itu semua ada satu hal yang juga cukup penting untuk anda pikirkan yakni mengenai pengelolaan laba usaha. Tidak menutup kemungkinan jika kesalahan dalam pengelolaan laba usaha akan mengancam eksistensi bisnis anda.

Namun sebagai seorang pebisnis, anda perlu untuk bersikap bijak dalam memperlakukan laba usaha anda sebagaimana mestinya.

Strategi jitu dan tepat dalam mengelola laba usaha dan bisnis

Untuk itu berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa anda terapkan dalam mengelola laba usaha. Berikut ulasan selengkapnya.

#1 Menyisihkan 20% laba

Usahakan untuk menyisihkan sekitar 20% dari laba bersih usaha anda. Hal ini perlu untuk anda lakukan sebagai bentuk investasi atau cadangan dana anda.

Investasi ini pada akhirnya akan sangat berguna bagi usaha anda karena bisa anda gunakan untk kegiatan operasional usaha dalam jangka waktu panjang.

Selain itu dana juga bisa anda gunakan ketika anda dalam keadaan mendesak, sehingga anda tidak perlu untuk mencari pinjaman di luar. Investasi ini ada berbagai bentuk bisa emas, deposito dan lain sebagainya.

#2 Budget untuk mengembangkan usaha

Sisihkan sekitar 10% untuk pengembangan usaha anda. Misalnya saja untuk penambahan sarana dan prasarananya, pengembangan infrastruktur, SDM, system IT, atau bisa juga membuka outlet baru sebagai bentuk perluasan usaha anda.

#3 Perhatikan kebutuhan pribadi

Selain untuk beberapa keperluan di atas anda juga bisa menyisihkan sebagian kecil untuk kebutuhan pribadi dan keluarga anda, sebagai bentuk reward atas kerja keras anda.

Namun ingat walaupun anda sebagai owner, bukan berarti anda akan seenknya mengambil laba usaha tersebut, anda tetap perlu untuk mengontrol diri anda sendiri dalam menggunakannya jangan sampai kesalahan perilaku anda membuat usaha anda akan semakin terancam.

#4 Pemeliharaan lingkungan

Perlu juga bagi anda untuk menyisihkan sekitar 10% dari laba bersih usaha anda untuk keperluan pemeliharaan lingkungan sebagai wujud dari pertanggung jawaban sosial dan kepedulian anda terhadap lingkungan.

Ingat bahwa kepentingan lingkungan juga perlu anda perhatikan supaya tidak ada problem ke depannya.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara memasarkan bisnis waralaba meningkatkan penjualan serta artikel menarik lainnya tentang strategi sukses usaha dagang memenangkan persaingan.

#5 Pertahankan putaran modal usaha

Sebagai cara yang terakhir anda bisa menggunakan laba usaha anda sebesar 50% untuk anda gunakan sebagai modal berputar, stok barang dan kegiatan operasional perusahaan.

Karena kepentingan perusahaan itu merupakan salah satu hal yang harus dan wajib anda perhatikan, bukan berarti ketika usaha anda sudah mencapai batas tertinggi kemudian anda terlena dan akhirnya lupa sehingga membuat usaha anda jatuh dan colapse

Dengan melakukan berbagai cara sederhana di atas maka diharapkan bisnsi yang anda jalankan bisa semakin berkembang dan memberikan manfaat yang tidak hanya untuk anda sendiri dan karyawan melainkan seluruh masyarakat.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz