Cara tepat negosiasi melobi orang dalam bisnis

Tips Bernegosiasi Bisnis atau Melobi Orang Paling Jitu dan Efektif

By: Liza Fazira

Menguasai ilmu cara melobi atau bernegosiasi dengan orang adalah salah satu strategi bisnis paling jitu dan efektif dan erat kaitannya dengan keberlangsungan usaha yang sedang di jalani.

Tidak jarang kegagalan bisnis hanya di picu oleh hal hal yang kurang begitu diperhatikan padahal dampaknya cukup berpengaruh pada bisnis tersebut.

Dalam perjalanannya, sebuah usaha dan bisnis tidak luput dari hubungan antara manusia yang satu dengan yang lain kemudian terjalin simbiosis sampai keduanya harus mengambil keputusan untuk bersama terus atau diselesaikan.

5 Strategi cara melobi dan bernegosiasi paling jitu dan efektif

Bagi anda yang masih memiliki kendala atau seringkali mengalami kesulitan ketika akan melangsungkan proses melobi atau negosiasi, maka simak 5 tips berikut ini sebagai persiapannya:

#1 Mempersiapkan diri secara matang

Untuk menunjang lancarnya proses negosiasi, maka persiapkan diri anda secara matang beserta semua data yang nantinya diperlukan.

Kuasai semua materi sebelum anda menemui calon partner sehingga anda nantinya akan mampu mengendalikan situasi.

Tidak ada salahnya jika belajar terlebih dahulu bersama tim untuk menumbuhkan rasa percaya diri sehingga apa yang anda katakan nantinya lebih meyakinkan.

#2 Langsung ke pokok persoalan

Sebaiknya tidak perlu melakukan banyak basa basi dan lebih baik menyampaikan dengan jelas apa yang menjadi keinginan anda secara langsung.

Tunjukkan jika anda sangat yakin dan percaya diri dengan apa yang anda katakan dan apa yang anda inginkan. Jika anda yakin, maka tidak sulit untuk meyakinkan orang lain.

Sebaliknya jika anda ragu dan tidak bisa menyakinkan diri anda sendiri, bagaimana mungkin orang lain bisa anda yakinkan?

#3 Menjadi pendengar yang baik

Menjadi seorang negosiator kadang kerapkali melakukan kesalahan sepele diantaranya ialah memotong pembicaraan orang lain.

Jangan pernah anda melakukan hal ini kepada lawan bicara anda sebelum mereka menyelesaikan apa yang ingin diutarakan.

Simak juga ulasan terkait mengenai tips membangun loyalitas konsumen untuk memenangkan persaingan serta artikel menarik lainnya tentang strategi marketing biaya murah usaha skala UKM.

#4 Mampu mengendalikan diri dan emosi

Sekeras apapun situasi yang terjadi dalam proses negosiasi sebaiknya anda tetap berusaha mengendalikan diri dan jaga emosi.

Menahan diri dan bersabar apapun kondsinya, tidak terlalu bergembira secara emosional jika berhasil dan tidak pula terlampau tampak kecewa apabila negosiasi anda gagal.

Kegagalan pertama tidak berarti anda sudah habis kesempatan di lain waktu, bisa jadi di hari berikutnya mereka akan memanggil anda karena merasa anda jauh lebih baik dari yang lainnya.

#5 Tetap menghormati lawan bicara

Memposisikan diri anda selayaknya orang yang tidak mampu mengalahkan lawan bicara akan menjadikan anda semakin baik dan bijaksana.

Anggaplah target yang anda lobi merupakan orang yang sangat penting sehingga suasana lebih cair dan mereka tahu kalau anda begitu menghormatinya.

Apapun alasannya, setiap orang tidak akan pernah suka atau mau bekerjasama dengan orang yang memiliki sifat angkuh atau sombong didepannya.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development