Meningkatkan pejualan bisnis waralaba dengan strategi pemasaran yang jitu

Strategi Memasarkan Usaha Bisnis Waralaba dan Meningkatkan Penjualan

By: Liza Fazira

Memiliki usaha dan bisnis waralaba tetapi masing bingung bagaimana strategi memasarkan serta cara meningkatkan penjualannya, maka ulasan berikut ini adalah mengenai 7 tips ampuh untuk menjalankannya.

Pada umumnya dalam dunia bisnis itu suatu usaha bisa dikatakan sukses bila strategi pemasaran yang mereka jalankan sangat baik.

Apalagi strategi ini diterapkan pada produk yang sudah memiliki jangkauan pasar yang luas dan memiliki tingkat kompetisi yang tinggi, tentunya akan  membawa usaha anda pada kesuksesan. Hal seperti ini tidak hanya berlaku pada perusahaan perusahaan besar saja, namun bisa juga diterapkan pada bisnis waralaba.

Jangan salah bahwa saat ini usaha waralaba memiliki peluang yang cukup menggiurkan di dunia bisnis.  Namun ada satu hal yang harus anda ketahui bahwa menjalankan bisnis ini secara otomatis anda terikat dengan pihak franchisor atau pemilik pemegang merek usaha ini.

Anda tidak diperbolehkan untuk mengambil langkah atau tindakan seenaknya tanpa sepengetahuan pemiliknya. Inilah yang akhirnya membatasi kreativitas anda dalam berwirausaha.

Meningkatkan pejualan bisnis waralaba dengan strategi pemasaran yang jitu

Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa tetap memasarkan bisnis waralaba dengan penuh kreativitas. Berikut ulasannnya.

Identifikasi pasar dengan lebih detail

Langkah awal yang bisa anda lakukan dalam memasarkan bisnis waralaba adalah dengan mengidentifikasi pasar. Siapa siapa saja yang anda bidik untuk menjadi konsumen awal bagi produk anda.

Bila ada permintaan yang tinggi terhadap produk tersebut maka itulah salah satu motivasi bagi anda untuk mendirikan usaha waralaba ini.

Anda harus bisa mengetahui trend yang sedang terjadi di dalam masyarakat dan ini sangat penting anda lakukan karena sudah cukup banyak waralaba yang hanya bertahan saat musim itu saja. Kalau bisa bisnis waralaba yang anda pilih dapat untuk selalu long lasting.

Jangan lupa simak juga ulasan tentang 10 Daftar bisnis waralaba makanan dan minuman yang laris dan artikel tetang ide bisnis usaha kreatif yang cukup potensial menguntungkan.

Merek yang unik dan menjadi brand berkarakter

Di jaman sekarang ini seakan pasar sudah tidak ada lagi ruang untuk bernafas karena begitu padatnya di mana ada banyak produk yang sejenis yang dipasarkan di sana.

Nah, inilah yang menjadi problem jika produk yang anda pasarkan ternyata memiliki kesamaan dengan yang sudah ada.

Anda perlu melakukan inovasi dengan memberikan nama atau merek yang unik untuk produk anda.

Berikanlah kemasan yang memiliki tampilan yang eye catching supaya dengan melihatnya saja konsumen bisa langsung tertarik untuk membelinya. Karena pada umumnya konsumen itu suka membeli barang yang berbeda dari pada yang lain.

Promosi atau beriklan yang efektif

Dalam pemasaran anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi sosial media seperti halnya instagram, facebook, twitter dan semacamnya yang bisa anda gunakan untuk memperkenalkan produk anda.

Pemasaran seperti itu tidak hanya bagi usaha yang besar saja. Bisnis walaba juga perlu untuk melakukan hal yang sama walaupun memang usaha seperti ini terbilang cukup kecil. Gunakanlah dengan sebaik mungkin semua alat informasi untuk melakukan pemasaran.

Jangan lupa baca juga tentang strategi promosi online menggunakan jejaring sosial media serta ulasan menarik lainnya mengenai jenis peluang bisnis dan usaha dengan modal 10 jutaan.

Layanan kepada pelanggan yang optimal

Berikanlah layanan yang maksimal bagi konsumen karena dengan melakukan hal ini mereka akan merasa diperhatikan dan dihargai oleh anda.

Strategi semacam ini akan membuat konsumen sulit meninggalkan usaha anda maka bukan tidak mungkin mereka akan menjadi konsumen yang loyal selamanya.

Anda bisa melakukannya dengan memberikan bonus kepada mereka, apapun itu bentuknya.

Saat ini memiliki website layak diperhitungkan

Membuat website untuk berjualan itu sudah bukan merupakan hal yang baru lagi di masyarakat, bahkan bisa dikatakan semua bisnis saat ini telah memiliki website sendiri sebagai sarana pemasaran mereka.

Dari website inilah mereka, para konsumen bisa tahu tentang perkembangan dan informasi dari usaha anda baik itu profil bisnis maupun update produk anda, jumlah gerai dan lain sebagainya yang bisa anda ikut sertakan ke dalam website tersebut.

Referensi dan testimoni

Biasanya untuk menarik pelanggan lain para pengusaha sering kali mencantumkan testimoni para konsumen untuk membantu meningkatkan kualitas dan kredibilitas dari usaha mereka.

Evluasi dan inovasi secara konsisten

Langkah terakhir yang harus anda lakukan dalam memasarkan bisnis waralaba adalah dengan melakukan evaluasi dan inovasi.

Anda bisa melakukan berbagai inovasi dalam usaha anda, akan tetapi perlu anda ingat bahwa inovasi yang berlebihan itu justru berpeluang akan menghancurkan usaha anda.

Yang paling utama adalah buatlah inovasi untuk bisa menggaet banyak konsumen. Buatlah inovasi sebaik mungkin sehingga bisa mengangkat usaha anda.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development