Tips usaha toko dengan modal minim

Tips Bisnis Niaga: Membuka Usaha Toko Menggunakan Modal Minim

By: Liza Fazira

Membuka usaha toko namun hanya memiliki modal minim bukanlah hal yang mustahil jika anda dapat memahami strategi bisnis niaga yang sebenarnya tidak begitu rumit meskipun anda awam.

Misalkan saja bagi para pengusaha online tentunya mereka tidak selamanya menginginkan hal tersebut. Pasti mereka berharap suatu saat nanti mempunyai toko offline dengan harapan usahanya bisa semakin berkembang.

Namun karena terlalu enjoy dengan bisnisnya tersebut tidak jarang para pelaku bisnis onine enggan untuk mendirikan toko offline karena takut dengan biaya yang besar.

Umumnya mereka yang berbisnis secara online memang tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya atau bahkan bisa sama sekali tanpa biaya. Inilah yang akhirnya membuat mereka tetap stuck di situ dan tidak mau mengembangkannya secara offline.

Strategi jitu memulai usaha toko dengan modal yang minim

Usaha toko offline tidak selamanya mengeluarkan banyak biaya, dengan menggunakan sedikit kreatifitas maka anda bisa menyiasatinya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk memiliki usaha atau toko offline dengan biaya yang kecil.

#1 Pinjam tempat dan bagi hasil dengan pemilik

Bagi anda yang bercita cita ingin mendirikan sebuah toko dan telah memiliki incaran tempat namun tidak yakin dengan dana yang dimiliki, maka anda bisa untuk mendatangi pemilik tempat tersebut dan tawarkan untuk melakukan kerjasama bagi hasil atas tempat tersebut.

Berikan kejelasan bagi pemilik tempat itu mengenai keuntungan apa yang bisa ia peroleh jika ia mau memberikan tempat itu untuk anda.

Yakinkanlah bahwa usaha anda tersebut sudah memiliki reputasi yang baik secara online.

Dengan begini maka anda akan sangat dimudahkan karena anda tidak perlu membayar uang muka untuk tempat usaha tersebut. Namun perlu anda ketahui juga jika bisnis offlinemu akhirnya berkembang dengan sangat pesat maka pastinya bagian yang akan kamu berikan kepada pemiliki tempat tersebut juga akan semakin banyak.

#2 Memilih lokasi pasar yang terjangkau berbagai kalangan

Ingat ya kalau harga sewa kios di pasar modern itu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan buka usaha di tempat baru seperti mall.

Jangan cuma lihat banyaknya pengunjung saja, di  pasar modern pun pengunjungnya juga tidak kalah kok dengan di mall. Jadi anda tidak perlu khawatir. Bahkan di pasar modern pengunjungnya bisa dari berbagai kalangan mulai dari kelas menengah ke bawah hingga kelas atas.

Di pasar modern itu juga punya imej bersih lo sama halnya dengan di mall. Akan tetapi harganya lebih ramah di kantong. Jadi semua orang bisa menjangkaunya.

Simak juga ulasan terkait mengenai strategi usaha meningkatkan penjualan serta artikel menarik lainnya tentang contoh usaha dagang dengan modal kecil yang menjanjikan.

#3 Berbagi tempat usaha (bergabung)

Tips yang selanjutnya adalah dengan berbagi atau sharing tempat usaha dengan teman atau saudara yang sudah lebih dulu mempunyai toko atau usaha offline.

Usahakan juga ketika nantinya anda sudah benar benar memiliki toko maka barang yang anda jual berbeda dengan teman anda, sehingga anda tidak dikira ikut ikutan.

Sesuaikanlah usaha anda tersebut sesuai dengan keahlian yang anda miliki. Dan jelaskanlah pula keuntungan yang akan diperoleh oleh tempat usaha jika anda berbagi tempat dengannya misalnya pengunjung akan semakin banyak, biaya sewa dan barang yang semakin beragam.

#4 Memilih mall yang tidak begitu ramai

Cara yang selanjutnya untuk menghemat biaya pembukaan toko offline yakni dengan memilih mall yang sepi.

Walaupun sepi pastinya masih ada pengunjung yang datang kan. Jadi anda tidak perlu khawatir. Yang perlu anda perhatikan di sini adalah usaha yang akan anda mulai secara offline tersebut sudah memiliki nama secara online dan telah memiliki pelanggan.

Sehingga anda tidak perlu repot repot dalam berbisnis. Bahkan lebih baiknya lagi adalah toko online anda akan semakin terpercaya karena telah memiliki lokasi lain yang bisa didatangi.

Dengan mencari tempat sewa usaha di tempat yang kurang strategis maka biaya yang anda keluarkan pun tidak akan banyak. Syaratnya yaitu bisnis online yang kamu jalankan sebelumnya telah memiliki nama dan pelanggan sendiri.

Untuk bisa mendatangkan pelanggan yang lebih banyak anda bisa memberikan sedikit hadiah bagi para pembeli misalnya saja diskon jika transaksi lebih banyak dilakukan secara offline.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development