Strategi pemasaran marketing dengan biaya murah

Strategi Marketing Budget Murah Meriah Untuk Bisnis Skala UKM

By: Liza Fazira

Menerapkan strategi pemasaran atau marketing dengan budget dana yang minim atau murah meriah khususnya untuk bisnis dan usaha skala UKM sebaiknya memang harus lebih dicermati.

Di jaman yang serba teknologi ini pemasaran yang tepat bisa menentukan kesuksesan usaha anda. Tidak heran jika perusahaan perusahaan besar rela untuk mengeluarkan dana yang besar demi melakukan pemasaran. Namun, ketika tindakan tersebut gagal maka kerugian besar pun sudah tidak bisa terelakkan lagi. Itulah resiko yang pasti akan mereka terima ketika terjadi kegagalan.

Yang perlu anda ketahui bahwa usaha tersebut tidak semata mata bisa dijalankan oleh segala jenis bisnis. Misalnya saja pada bisnis yang berskala kecil, upaya ini bisa dikatakan mustahil untuk dijalankan, hal ini dikarenakan anggaran yang disiapkan untuk bisnis tersebut terlalu kecil.

Menerapkan teknik marketing dengan anggaran minim untuk usaha kecil menengah

Akan tetapi bagi anda yang tengah menjalankan bisnis skala kecil menengah tidak perlu khawatir, masih ada banyak hal yang bisa anda lakukan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan di usaha anda.

#1 Memanfaatkan fasilitas gratisan dengan sosial media

Akhir akhir ini ekspansi internet di Indonesia bisa dikatakan sudah sangat tinggi. Maka tidak heran jika semua orang telah memakai jaringan internet untuk mengakses berbagai informasi.

Dan bisa dipastikan pula jika para pengguna internet tersebut merupakan pengguna media sosial pula.

Perlu anda ketahui bahwa media sosial tidak hanya dipakai sebagai sarana hiburan atau memperluas koneksi saja bahkan anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menjalankan sebuah bisnis. Tidak jarang pula mereka yang berbisnis melalui media sosial memperoleh kesuksesan yang luar biasa.

Hal ini tentunya sebuah peluang besar bagi anda yang memiliki anggaran minim dalam berbisnis. Untuk itu anda tidak perlu risau lagi, banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat sebuah bisnis.

#2 Selenggarakan sebuah kontes online

Untuk tips yang kedua sebenarnya masih ada hubungannya dengan pemanfaatan koneksi internet.

Anda bisa untuk mencoba membuat sebuah kontes online sebagai pembuka dari bisnis yang akan anda jalankan. Hanya dengan modal yang minim anda bisa menarik partisipasi yang tinggi.

Sebagai gift-nya anda tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak, cukup dengan memberikan voucher belanja atau t-shirt sudah cukup untuk menarik minat masyarakat khususnya bagi para pengguna internet.

Simak juga ulasan terkait tentang cara membangun loyalitas konsumen serta artikel menarik lainnya mengenai cara ampuh menghadapi persaingan bisnis.

#3 Berpartisipasi dengan bisnis award

Perlu anda ketahui bahwa setiap bisnis yang dijalankan itu memiliki award yang sebenarnya bisa diikuti.

Anda bisa untuk mendaftarkan usaha anda pada award bisnis dengan skala kecil menengah. Jika anda sampai berhasil lolos dalam seleksi dan bahkan bisa menang maka dampaknya akan sangat menguntungkan bagi anda karena usaha anda akan mudah dipercaya oleh masyarakat.

Apalagi jika award tersebut diselenggarakan oleh bank yang terkenal dan sudah bermitra dengan banyak media massa seperti radio dan Koran. Maka sama halnya anda mendaparkan iklan gratis di media media tersebut.

#4 Jadikan bisnis anda sebagai sponsor sebuah acara

Nah, untuk strategi marketing yang satu ini anda bisa menerapkannya pada acara acara atau event yang sekiranya bisa menyedot perhatian banyak orang.

Seperti halnya lomba atau festival music antar kota, pekan olahraga atau bahkan seminar seminar yang diadakan di kampus bisa anda coba.

Usaha ini tidak terlalu menghabiskan banyak anggaran, anda cukup untuk memberikan hadiah sebagai modalnya kemudian anda sudah bisa memasang banner atau poster yang mempromosikan bisnis anda.Bagaimana cukup simple bukan?

#5 Menjalin hubungan lebih dekat dengan media massa

Tips pemasaran dengan anggaran kecil yang terkahir ini mungkin lebih mudah bagi anda dan akan sangat menguntungkan.

Hal ini dikarenakan wartawan itu sangatlah membutuhkan berita untuk mereka tulis sedangkan anda membutuhkan media untuk mempublikasikan usaha anda.

Langkah pertama untuk bisa dekat media massa adalah dengan datang langsung ke kantor media atau bisa juga dengan mengirimkan profil bisnismu kepada mereka.

Siapa tahu mereka tertarik kemudian mempublikasikannya. Namun anda jangan senang dulu, akan tetapi untuk tetap bisa dekat dengan mereka maka bangunlah hubungan tersebut dengan baik. Maka perjalanan usaha anda akan mudah untuk kedepannya.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz