Strategi mencapai sukses fiansial keuangan mapan dengan gaji 3 - 5 juta

5 Strategi Untuk Mencapai Sukses Finansial Dengan Gaji 3 Jutaan Perbulan

By: Chabib Azizah

Memiliki pendapatan atau gaji antara 3 sampai 5 juta perbulan memang termasuk penghasilan sedang untuk jaman sekarang ini namun hal ini bukanlah sesuatu yang buruk bagi anda yang memiliki cita cita sukses.

Akan tetapi beberapa orang masih banyak yang kesulitan mengatur kondisi finansialnya dengan alasan harga barang yang selalu naik tidak di ikuti kenaikan upah kerja ataupun kenaikan gaji.

Lantas bagaimana cara agar bisa mencapai sukses secara finansial dengan pendapatan yang pas pasan?

Mengelola pendapatan untuk mencapai target sukses keuangan yang mapan

Mapan secara finansial tidak berarti seseorang memiliki harta melimpah, melainkan ialah kondisi dimana keuangan anda bisa mencukupi kebutuhan dan tidak berlebihan.

Jadi dalam hal ini kuncinya ialah bagaimana cara anda mengelola keuangan atau gaji supaya tidak kandas setiap bulannya.

Mengelola penghasilan dengan benar akan menjadikan anda lebih mudah dalam mencapai tujuan finansial yang diinginkan.

Berikut ini ialah cara mengelola gaji sekitar 3 jutaan perbulan berdasarkan dengan pengalaman bankir dan ahli keuangan.

#1 Mengalokasikan untuk tabungan dan investasi pada awal bulan

Langkah awal yang baik adalah membuat anggaran atau menyisihkan dana untuk kebutuhan tabungan dan investasi setelah menerima gaji.

Idealnya adalah sebesar 30 persen dari pendapatan total yang wajib anda sisihkan dalam pos tabungan dan investasi.

Berbeda apabila status anda masih lajang tentunya masih bisa menambah anggran ini lebih dari 30 persen dari pendapatan gaji.

Simak juga ulasan terkait tentang daftar rekening tabungan bank tanpa potongan biaya administrasi serta artikel menarik lainnya mengenai ragam investasi paling menguntungkan.

#2 Biasakan membuat anggaran belanja secara tertulis

Tidak membisakan membuat rencana belanja bulanan seringkali menjadikan gaya hidup lebih boros karena tidak akan pernah mengetahui porsi belanja kebutuhan yang sesuai dengan kondisi keuangan.

Berapa jumlah yang harus dialokasikan untuk kebutuhan wajib sehari hari hingga untuk kesenangan.

Dengan adanya anggaran tertulis, tentu akan lebih mudah dalam mengontrolnya serta merencanakan dengan matang sehingga dapat mengurangi belanja sesuatu yang notabene tidak terlalu dibutuhkan.

Strategi ini akan efektif apabila anda mampu konsisten dan disiplin menjalankan anggaran belanja keluarga.

Minimal ada 4 poin penting yang harus anda anggarkan setiap bulannya dari total gaji atau pendapatan bersih yaitu:

  • Kegiatan sosial/amal : 10 persen
  • Membayar cicilan/utang: 30 persen
  • Investasi dan tabungan : 20 persen
  • Kebutuhan hidup : 40 persen

#3 Berburu diskon untuk segala perbelanjaan

Mencoba berhemat ketika berbelanja bisa dengan memanfaatkan diskon maupun promo dan cashback.

Selain itu anda juga harus pandai dalam mengatur frekuensi berbelanja. Dengan situasi gaji yang masih pas pasan, akan lebih baik jika anda berbelanja sebulan sekali atau maksimal dua kali dalam sebulan yaitu pada awal dan akhir bulan saja.

Disiplin menjalankan hal Ini bisa menjaga anda melakukan belanja yang berada diluar rencana.

Dengan jadwal belanja bulanan (tidak setiap hari) emungkinkan anda akan memperoleh potongan karena membeli dalam jumlah lebih banyak, kemudian tentu juga akan lebih hemat biaya transportasi.

#4 Temukan alternatif murah biaya dari sebelumnya  

Selain pengelolaan yang sudah berjalan dengan baik, maka jangan pernah lupakan untuk tetap menemukan alternative yang lebih hemat biaya untuk menunjang aktifitas keseharian anda.

Sebagai contoh yang nyata, apabila anda setiap harinya makan siang di kantin tempat kerja, maka akan lebih hemat jika membawa bekal makan dari rumah.

Demikian pula dengan transportasi apabila menggunakan mobil cenderung rawan macet sehingga boros bahan bakar maka bisa menggunakan alternative mengendarai sepeda motor ataupun sepeda.

Untuk kebutuhan kesenangan keluarga juga banyak sekali alternative hemat yang dapat anda terapkan seperti berlibur ditempat yang lebih ekonomis yang penting anda sekeluarga bisa berkumpul dan melepas lelah.

#5 Mencari sumber penghasilan tambahan

Ketika dari 4 poin di atas sudah anda jalankan secara konsisten, demi mencapai tujuan sukses finansial dengan lebih cepat maka anda harus mulai memikirkan untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan.

Seorang ibu rumah tangga juga tetap memiliki peluang dan kesempatan untuk bisa membantu suami memperoleh penghasilan tambahan meskipun hanya dari rumah.

Banyak sekali jenis pekerjaan sampingan yang dapat dikerjakan secara freelance ataupun dengan memanfaatkan fasilitas internet misalkan menjalankan bisnis dropship ataupun mencoba peluang bisnis online yang paling mudah lainnya.

Apabila anda berhasil mendapatkan sumber pendapatan tambahan, maka tentu saja akan membuat kondisi finansial anda menjadi lebih longgar namun jangan pula terlena mengabaikan 4 poin di atas yang sudah berjalan dengan baik setiap bulannya.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development