Penggunaan Pinjaman Pribadi

3 Kesalahan Penggunaan Pinjaman Pribadi Yang Dapat Membahayakan Kondisi Finansial

By: Chabib Azizah

Tidak jarang orang mengalami kesulitan finansial dalam kehidupannya, karena tidak tahan dengan keadaan ekonomi yang sedang menimpanya saat ini banyak orang yang akhirnya melakukan hal hal di luar nalar bahkan melakukan tindak kejahatan demi mendapatkan uang yang banyak secara instan.

Hal seperti ini sangat tidak patut untuk ditiru apalagi merampas hak milik orang dengan paksa hingga beresiko bertindak bahaya. Tentunya bukan kebahagiaan yang didapat melainkan hukumanlah yang akan mereka terima.

Peristiwa semacam ini memang sudah seringkali terjadi apalagi didorong dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat sehingga tindak kriminal pun juga akan semakin merajalela.

Hindari penggunaan pinjaman pribadi untuk 3 lal ini!

Perlu anda tahu bahwa solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ekonomi seperti ini adalah dengan melakukan pinjaman pribadi.

Pinjaman pribadi merupakan salah satu cara yang cukup mudah untuk bisa mendapatkan dana tunai secara cepat. Akan tetapi bila dana yang anda butuhkan telah didapatkan maka sebaiknya gunakanlah untuk kebutuhan kebutuhan yang mendesak.

Jika salah penggunaannya maka akan berakibat buruk bagi anda. Salah satu jenis pinjaman pribadi yang cukup mudah adalah Kredit Tanpa Agunan atau yang lebih dikenal dengan istilah KTA.

Adalagi yang namanya Kredit Multiguna yang juga sering digunakan oleh masyarakat untuk memperoleh dana tunai dengan cepat. Kredit ini memang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumstif, akan tetapi sebagai pengguna anda harus bijak dalam memanfaatkannya.

Bersikaplah selektif dalam menggunakan dana tersebut, karena tidak semua jenis kebutuhan bisa anda penuhi dengan kredit ini. Nah untuk mengantisipasinya, berikut ini beberapa kegiatan yang tidak bisa didanai oleh KTA ataupun Kredit Multiguna.

#1 Pinjaman dana untuk anggaran liburan

Saat ini liburan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan gaji yang relative tinggi.

Bahkan tidak tanggung tanggung demi bisa mengunjungi tempat yang mereka impikan mereka rela menghabiskan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk sekali liburan saja. Dan tidak jarang pula ada yang sampai melakukan pinjaman hanya untuk bersenang senang.

Tentunya kebiasaan seperti ini harus dihilangkan. Liburan itu memang perlu dan terkadang memang diharuskan untuk merefresh pikiran dari segala aktivitas sehari hari, namun bila cara yang anda ambil dengan melakukan pinjaman tentunya hal ini bukanlah cara yang tepat.

Umumnya liburan itu dilakukan dalam rentang waktu yang cukup singkat namun bagaimana bisa uang jutaan bisa habis dalam sekejap.

Nah, dengan adanya peristiwa seperti ini alangkah baiknya bila anda merencenakan liburan jauh jauh hari supaya tidak cari pinjaman. Kalau perlu anda buka rekening tabungan yang khusus untuk budget liburan, supaya tidak mengganggu keuangan anda yang lain. Dan kalaupun masih butuh tambahan cobalah untuk memanfaatkan fasilitas kartu kredit sehingga anda tidak perlu melakukan pinjaman.

#2 Melakukan pinjaman uang untuk biaya pengobatan

Dana untuk pengobatan merupakan salah satu kebutuhan mendesak yang harus disiapkan jauh jauh hari, mengingat musibah itu kedatangannya tidak bisa diprediksi apalagi dihindari.

Kalaupun sewaktu waktu dibutuhkan anda tidak perlu mencari pinjaman sana sini. Karena pinjaman untuk biaya pengobatan itu sangat tidak efektif, sebisa mungkin hindarilah hal tersebut.

Bila berobat hanya dengan mengandalkan dana pinjaman walaupun dengan syarat yang gampang sekalipun bukanlah kesembuhan yang akan anda dapatkan melainkan kesusahan yang berkepanjangan.

Kami menyarankan untuk mengikuti program asuransi atau jaminan kesehatan seperti BPJS sebagai bentuk perlindungan kesehatan anda.

Mengikuti program ini bukan berarti anda akan terhindar dari sakit melainkan sebagai penolong dana bagi anda bila sewaktu waktu terjadi musibah anda tidak perlu mengeluarkan dana tunai yang banyak. Dengan mengikuti program ini maka anda bisa melakukan rawat jalan ataupun rawat inap bila suatu saat tertimpa sakit.

Mulai sekarang anda bisa mendaftarkan diri anda dalam program ini dan tinggal memilih jenis asuransi apa yang anda ambil.

#3 Dana pinjaman untuk membuka usaha atau bisnis baru

Membuat bisnis baru merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan penghasilan anda. Namun sebelum itu modalnya harus anda pikirkan, apakah dari kantong anda sendiri atau pinjaman.

Kalaupun dari pinjaman sebaiknya pikirkanlah kembali karena itu kurang efektif. Mengapa demikian? Karena tidak selamanya bisnis itu mengalami kesuksesan, bisnis yang sudah bertahun tahun dirintis saja bisa gulung tikar bila salah dalam mengambil tindakan apalagi bisnis yang baru saja anda rintis.

Peluang untuk meraih profit di awal perintisan terbilang cukup kecil. Selain anda juga harus memperhitungkan suku bunganya apakah anda mampu menutupinya atau tidak.

Perlu anda tahu bahwa tidak semua kredit atau pinjaman itu buruk hanya saja tergantung bagaimana anda memanfaatkannya.

Simak juga ulasan terkait mengenai 3 macam produk pinjaman BRI untuk kegiatan bisnis dan usaha serta artikel manarik lainnya tentang pinjaman tunai bebas bunga dari DrRupiah.com

Bila tepat maka kredit akan sangat berguna bagi anda. Dan akan lebih baik jika anda menghindari penggunaan kredit untuk kegiatan konsumtif. Karena kredit untuk hal seperti itu hanya akan memperberat anda.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar