Pinjaman kredit dari BRI untuk tambahan modal usaha

3 Macam Produk Pinjaman Dari Bank BRI Cocok Untuk Menambah Modal Usaha

By: Liza Fazira

Produk pinjaman dana untuk kebutuhan menambah modal bisnis dan usaha dari Bank BRI akan disalurkan khusus bagi pelaku usaha kecil menengah yang berkeinginan akan mengembangkan usahanya.

Untuk yang baru mulai membuka usaha sering kali terkendala pada permodalan, begitu juga dalam tahap pengembangan usaha masalah permodalan acapkali menjadi kendala utama para orang kretif dalam mencoba hal baru di bidang bisnis.

Namun sekarang ini bukan sesuatu yang sulit diatasi sebab banyak sekali sumber modal usaha yang di dukung oleh pemerintah yang juga menetapkan suku bunga rendah demi menunjang permodalan utama para pengusaha pemula yang sedang merintis bisnis.

Permodalan ini nantinya akan disalurkan melalui seluruh perbankan Indonesia, dan beberapa perusahan finansial non-perbankan yang telah di tunjuk oleh pemerintah.

Sebenarnya mengajukan pinjaman ke bank merupakan solusi yang paling bijak daripada mencari pinjaman rentenir apalagi untuk kebutuhan berwirausaha. Pihak bank sendiri akan memberikan dukungan supaya nasabah bisa meningkatkan profitnya sehingga cicilan juga bisa berjalan lancar.

Produk pinjaman dari BRI untuk modal kerja beserta syarat dan prosesnya

Beberapa bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas pinjaman untuk masyarakat, salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang di tunjuk sebagai penyalur dana kredit untuk usaha rakyat dan berikut ini ialah 3 macam jenis produk pinjaman BRI beserta syaratnya.

#1 Pinjaman Mikro (KUPEDES)

Produk pinjaman Kupedes bersifat umum, diperuntukan pada semua sektor ekonomi dengan bunga bersaing. Pinjaman Mikro (Kupedes) ini bisa diajukan oleh badan usaha atau indiviual yang telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Syarat pengajuan pinjaman

Persyaratan dalam pengajuan Kupedes yakni dengan melampirkan legalitas usaha minimal (SKU) Surat Keterangan Usaha dari Desa/Lurah/Pasar.

Pengalaman dalam pengelolan usaha atau usaha minimal telah berjalan 1 tahun. Dan selain itu harus melampirkan identitas diri (KTP/SIM),  jenis pinjaman mikro ini bisa diajukan langsung di seluruh BRI Unit Kota/Kecamatan Anda dan juga Teras BRI.

#2 Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Produk pinjaman KUR BRI ini terdiri dari KUR Mikro, KUR Ritel dan KUR TKI (Tenaga Kerja Indonesia).

  • KUR Mikro merupakan kredit untuk permodalan kerja atau investasi dengan plafon pinjaman maksimal sampai 25 juta per Debitur.
  • KUR Ritel merupakan kredit untuk permodalan kerja atau investasi kepada debitur yang telah memiliki usaha produktif yang sudah layak syarat pengembangan dengan plafon sampai dengan 500 juta per Debitur
  • KUR TKI (tenaga Kerja Indonesia) dikhususkan untuk membiayai semua keberangkatan TKI ke negara tujuan bekerja dengtan plafon sampai dengan 25 juta. Pengajuan pinjaman bisa langsung ke unit Kerja Bank BRI yang telah tersebar ke seluruh Indonesia.

Syarat pengajuan atau permohonan pinjaman

  • Syarat calon debitur KUR Mikro adalah Individu/Perseorangan yang melakukan usaha produktif dan layak, usaha aktif berjalan selama minimal 6 bulan, tidak sedang menerima kredit perbankan (kecuali kredit konsumtif), persyaratan Administrasi berupa lampiran identitas diri (KTP dan KK) ditambah dengan Surat Ijin Usaha.
  • Syarat calon debitur KUR Ritel yakni memiliki usaha yang produktif dan layak, tidak sedang aktif dalam kredit perbankkan (kecuali kredit konsutif), telah menjalankan usaha sendiri minimal 6 bulan, memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau Surat Ijin Usaha lain yang bisa dipersamakan.
  • Syarat calon debitur KUR TKI adalah persyaratan administrasi seperti Identitas diri (KTP dan KK), Perjanjian kerja dengan pengguna jas, Perjanjian penempatan, Passpor, Visa dan Persyaratan lain yang sesuai dengan ketentuan berlaku.

Simak juga ulasan terkait tentang panduan lengkap proses mengajukan pinjaman KUR BRI 2018 serta artikel menarik lainnya mengenai pinjaman dana untuk mahasiswa dari BRI beserta syarat dan prosesnya.

#3 Pinjaman Ritel Komersil dan Menengah

Produk pinjaman ini meliputi Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, Kredit Agunan Kas, Suplay Chain Financing, Kredit Waralaba, dan Bank Garansi. Dari masing-masing produk memiliki deskripsi sendiri yang bisa anda baca secara detail dalam situs bri.co.id.

Proses dan persyaratan pengajuan pinjaman

Syarat pengajuan pinjaman oleh calon debitur dalam Pinjaman Ritel Komersil dan Menengah ini semua sama yakni Identitas diri (KTP dan NPWP), Legalitas Usaha (NPWP, SIUP, SITU, TDP, Akta Pendirian usaha dan Perubahannya.

Dan setiap masing-masing produk mengharuskan melampirkan syarat tambahan yakni :

  • Kredit Modal Kerja : Copy rekening koran 3 bulan terakhir
  • Kredit Investasi : Copy rekening koran 3 bulan terakhir
  • Kredit Agunan Kas : Copy rekening koran 3 bulan terakhir
  • SCF : Kontrak Kerja/Invoice/Delivery Order dari Principal
  • Kredit Waralaba : Copy rekening koran 3 bulan terakhir
  • Bank Garansi : nasabah wajib melampirkan dokumen asli surat perjanjian pokok antara calon debitur/nasabah dengan pihak penerima bank garansi/pihak ke-3.

Demikian tadi informasi singkat mengenai beberapa jenis produk pinjaman yang disediakan oleh BRI sebagai alternatif sumber modal usaha dan jangan lupa simak juga ulasan lainnya mengenai keunggulan pinjaman pegadaian dibandingkan dengan perbankan.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
agus Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
agus
Guest
agus

butuh tambahan modal 70 juta jaminan surat tanah, apakah ada yang bisa membantu