Strategi bisnis dagang untuk pemula

3 Tips Cara Sukses Bisnis dan Usaha Dagang Khususnya Bagi Pemula

By: Liza Fazira

Bisnis dagang untuk pemula – Usaha yang satu ini disebut juga dengan niaga yang mana merupakan sebuah transaksi jual beli yang paling banyak diminati dan menjadi motor ekonomi.

Memperoleh keberhasilan dari usaha yang dijalankan memang satu satunya hal yang paling diinginkan oleh semua orang, namun untuk bisa mencapai itu semua ada beberapa langkah yang harus di tempuh dengan perjuangan.

Misalkan saja di bisnis dagang, ada cara dan trik tersendiri untuk bisa berhasil di bisnis ini. Anda perlu untuk mempelajarinya satu per satu dengan penuh komitmen dan tidak mudah menyerah.

Bagi para pemula anda bisa menerapkan teknik bisnis dagang mulai dari hal paling kecil kemudian secara perlahan menuju ke level yang lebih besar sesuai dengan pengalaman.

Strategi usaha dagang dengan mengutamakan pelayanan

Teknik berdagang yang efektif dan yang patut untuk diterapkan bagi para pebisnis pemula adalah dengan menerapkan prinsip strategi promosi yang baik dengan memberikan pelayanan yang maksimal bagi konsumennya.

Sebuah pelanyanan yang baik dan memuaskan akan membuat konsemen merasa nyaman dan akhirnya mereka akan kembali lagi ke usaha kita sebagai pelanggan setia.

Inilah mengapa dalam usaha dagang sangat menekankan prinsip pelayanan yang memuaskan karena kita tahu bahwa bagaimanapun sifat dan kondisi konsumen, mereka tetaplah raja bagi anda.

Sehingga anda perlua melayaninya dengan penuh kesabaran dan ketelatenan jangan pernah anda pasang wajah yang muram ketika melayani pelanggan, karena sikap seperti itu justru akan menghancurkan usaha anda nantinya.

Berikut ini ada 3 cara yang paling mujarab untuk bisa sukses bisnis di bidang dagang dengan strategi yang sangat sederhana.

#1 Sukses berdagang mulai dari orang paling dekat dengan anda

Bagi seorang pebisnis pemula, untuk bisa mengelola usaha dagang itu tidak semudah yang orang pikirkan.

Karena untuk bisa menjual produknya haruslah membutuhkan keahlian tersendiri yang tidak semua orang bisa melakukan dengan instan.

Untuk itu jika memang anda merupakan seorang pemula maka sebaiknya ketika memasang target jangan terlalu muluk muluk sehingga justru membuat anda tertekan.

Sebaiknya anda mulai terlebih dahulu dengan target yang dekat seperti tetangga, saudara, teman untuk menjadi konsumen pertama kita.

Jika berhasil maka anda bisa memperluas target anda dengan menjual produk dengan jangkauan yang lebh luas.

Dapat menjual produk kepada orang terdekat lebih dulu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kita, karena mereka cenderung lebih terbuka untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Bukan berarti terpaksa ya. Tindakan ini bisa menjadi langkah awal anda untuk bisa mengembangkan bisnis meskipun dengan modal kecil. Tetapi ingat ya, meskipun anda menjualnya kepada keluarga anda maka tetaplah untuk memberikan yang terbaik kepada mereka.

#2 Perhatikan harga yang akan anda tawarkan

Ketika anda membuka sebuah usaha maka janganlah memposisikan keuntungan yang banyak dalam prioritas anda.

Berikanlah pelayanan yang terbaik lebih dulu bagi konsumen, karena dengan langkah inilah anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak jangka panjangnya.

Anda juga harus memasang harga yang terjangkau untuk mereka, namun tetap perhitungkan jangan sampai usaha anda rugi tentunya.

Utamakanlah untuk membuat reputasi yang baik dan harga yang terjangkau pada produk dagangan anda karena dengan ini konsumen akan terus ingat dengan anda.

Simak juga ulasan mengenai jenis bisnis dagang dengan modal kecil yang menjanjikan serta artikel menarik lainnya tentang cara menganalisa faktor kegagalan usaha.

#3 Jadikan pembeli sebagai sarana promosi gratis

Gunakanlah juga prinsip dagang dengan memanfaatkan konsumen sebagai media promosi.

Karen ketika mereka menyukai dengan apa yang anda sajikan maka secara tidak langsung mereka akan merekomendasikan usaha anda kepada orang lain dan hal ini pastinya akan sangat menguntungkan.

Anda tidak perlu repot repot untuk melakukan promosi ke sana ke mari bahkan tanpa keluar biaya lagi usaha anda sudah di siarkan secara langsung oleh konsumen yang terpuaskan tadinya.

Untuk bisa mendapatkan pencapaian seperti itu maka anda perlu untuk memberikan pelayanan yang ekstra untuk konsumen supaya mereka merasa sangat diprioritaskan ketika datang ke usaha anda.

Cara lain yang bisa dilakukan yakni anda bisa memberikan bonus kepada mereka jika bisa membawa teman untuk membeli produk anda.

Saya sangat yakin dengan cara seperti ini pastinya produk yang anda jual akan lebih cepat terkenal dan bisa terjual habis sesuai dengan target anda.

Sebenarnya selain dari 3 cara di atas masih banyak lagi strategi bisnis lainnya untuk menuju kesuksesan bisnis dan usaha yang anda kelola. Namun apapun cara dan strateginya untuk menjalankan itu semua perlu adanya komitmen yang cukup sehingga kesuksesanpun bisa tercapai dengan maksimal sesuai rencana.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz