Analisa masalah produk sepi peminat dan pembeli

Analisa Mengenai Masalah Produk Yang Sepi Pembeli atau Peminat

By: Liza Fazira

Tidak jarang para pelaku bisnis dagang sering kali salah strategi dalam memasarkan produk mereka. Kerap kali mereka terlalu sibuk memperhatikan keunikan dan keindahan kemasan produk mereka, namun mereka justru lupa akan kualitas produknya.

Akibatnya bukan peningkatan penjualan yang mereka dapatkan justru sebaliknya. Sebagai seorang pelaku usaha perlu anda sadari bahwa yang anda hadapi sekarang ini bukanlah konsumen yang tidak tahu dengan segala hal bahkan mereka lebih tahu dari apa yang anda kira.

Mereka memiliki pengetahuan akan produk yang cukup baik. Untuk itu perlu anda melakukan pertimbangan yang cukup matang untuk meningkatkan kulaitas atau mutu dari produk yang anda hasilkan bukan malah kemasan yang menjadi fokus utama anda.

Mengapa produk anda sepi pembeli atau peminatnya?

Berikut ini ada beberapa alasan mengapat suatu produk bisa sampai tidak terjamah oleh tangan konsumen. Anda pingin tahu, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Tidak jarang para pengusaha mengalami produk yang mereka jual itu tidak laku di pasaran kalaupun ada pembelinya hal tersebut tidak membawa dampak yang baik dengan meningkatnya penjualan mereka. Hal inilah yang menjadi momok dari para pengusaha untuk jangan sampai pada tahap yang seperti ini.

Ketahuilah bahwa konsumen saat ini tidak hanya mempertimbangkan harga saja dalam membeli sebuah produk. Mereka juga mengharapkan manfaat yang akan diperoleh ketika mengkonsumsi produk tersebut.

Alasan utama mengenai masalah produk sepi peminat

Berikut ini 5 alasan yang dapat menyebabkan produk menjadi sepi peminat:

#1 Konsumen belum mengetahui atau mengenal produk

Mengapa hal ini bisa terjadi? Seorang konsumen yang cerdas pastinya mereka tidak akan mudh tergiur dengan produk murah yang ditawarkan.

Konsumen biasanya enggan untuk membeli produk yang sebelumnya tidak pernah mereka ketahui bahkan brandnya pun tidak pernah mereka kenal.

Jika usaha marketing yang anda lakukan juga tidak kunjung mendatankan banhykan konsumen maka anda perlu untuk mengambil sebuah tindakan untuk memperbaiki strategi pemasaran anda. Anda perlu untuk melakukan inovasi – inovasi yang sekiranya bisa memberikan peluang produk anda bisa dikenal oleh pasar.

Apakah anda sudah membidik pasar yang tepat? Apakah promsi yang anda lakukan sudah bisa menjangkau target anda? Perlu diingat bahwa penentuan target pasar merupakan salah satu faktor terpenting dalam berbisnis. Inilah yang perlu jadi perhatian anda selaku pelaku usaha.

#2 Tentang manfaat produk yang belum dikenal

Ketika anda menawarkan produk anda di pasar maka konsumen tidak hanya mempertimbangkan harganya saja ketika akan membeli.

Ada faktor lain yang menjadi fokus utama konsumen dalam membeli suatu produk yakni manfaat apa yang akan mereka peroleh ketika menggunakan produk tersebut.

Hal ini memang butuh perhatian khusus dari para pelaku usaha untuk bisa meningkatkan mutu dan kualitas dari produknya, supaya konsumen tidak merasa ragu untuk membeli produk anda.

Sebagai surei pertama, maka anda bisa menanyakan kepada mereka apakah mereka tahu apa keunggulan dari produk anda. Hal ini memang cukup penting untuk anda lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan produk anda.

Anda perlu untuk memfokuskan strategi pemasaran anda pada manfaat utama dari produk tersebut, sebagai bagian dari mengedukasi konsumen.

Simak juga ulasan terkait mengenai strategi usaha dagang untuk pemula serta artikel menariklainnya tentang produk paling laris dijual secara online.

#3 Tidak ada nilai tambah untuk konsumen

Konsumen yang cerdas tidak akan memilih produk yang tidak memiliki nilai tambah di dalamnya. Untuk mengatasinya anda bisa mengoptimalkan keunggulan produk anda untuk menciptakan perceived value sehingga bisa membantu meningkatkan penjualan produk anda.

#4 Akses yang sulit untuk mendapatkan produk

Ketika promosi telah anda lakukan dengan cukup maksimal dengan menginformasikan bahwa produk anda sudah bisa didapatkan di pasar, namun kenyataan yang didapatkan oleh konsumen tidak sesuai.

Faktanya di lapangan mereka cukup kesulitan untuk mendapatkan produk tersebut. Perlu anda ingat bahwa konsumen sangat tidak suka dengan kesulitan – kesulitan yang mereka dapat untuk mendapatkan sebuah produk.

Untuk itu anda perlu untuk menyebarkan informasi dan mempermudah konsumen dalam mendapatkan produk yang mereka inginkan.

Ketika anda cepat dalam mengetahui penyebab dari sepinya peminat dari produk anda maka perlu untuk segera mengambil tindakan efektif untuk memperbaiki semuanya.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development