Strategi menghadapi persaingan dan tantangan bisnis usaha

Persaingan Bisnis: Strategi Ampuh Menghadapi Tantangan Usaha Masa Kini

By: Chabib Azizah

Memikirkan strategi untuk menghadapi persaingan dalam bisnis dan usaha merupakan hal yang patut untuk diperhitungkan oleh setiap para pelaku usaha agar terus bisa eksis.

Siapapun mereka yang telah terjun ke dunia bisnis, ketika dihadapkan dengan tantangan yang sedikit ekstrem maka mereka akan melakukan berbagai cara untuk mempertahankan bisnisnya.

Hambatan dan tantangan bisnis memang sudah biasa dihadapi oleh mereka yang telah memilih jalan berbisnis untuk mendapatkan pundi pundi rupiah. Jadi tidak heran jika setiap pebisnis harus mampu memutar otak dan sanggup mengatasi semua masalahnya.

8 Strategi jitu menghadapi persaingan dan tantangan bisnis masa kini

Untuk bisa menghadapi berbagai tantangan dengan cara yang halal, berikut ini adalah 8 tips ampuh yang wajib diterapkan dalam bisnis dan usaha anda.

#1 Konsep bisnis yang jelas

Ketika anda mempunyai rencana untuk mendirikan sebuah usaha maka itu ide yang sangat bagus.

Namun bila anda mendirikannya hanya dengan modal nekat maka sebaiknya anda berpikir dua kali untuk ini. Selain ide yang bagus anda harus memikirkan konsep usaha anda supaya nantinya tidak menjadi bisnis musiman dan bisa terus eksis dari tahun ke tahun.

Jangan mentang mentang modal anda sekoper kemudian langsung saja buat usaha. Tidak semudah itu untuk membuat bisnis. Selain butuh ide yang bagus, kesiapan mental dan modal dan pastinya konsep yang bagus. Nah ketika semua telah siap maka baru anda bisa mendirikannya.

Simak ulasan terkait tentang inspirasi bisnis terbaru yang paling menjanjikan serta artikel menarik lainnya mengenai 7 jenis usaha kecil yang menguntungkan.

#2 Strategi jitu menghadapi persaingan

Setelah konsep usaha yang bagus sudah anda temukan maka langkah selanjutnya adalah menentukan strategi bisnis yang jitu yang bisa anda gunakan untuk menangkis semua hambatan yang kapan saja bisa menghadang.

Strategi ini nantinya juga bisa menjadi penentu sukses tidaknya usaha anda. Strategi pada umumnya ada dua yakni strategi jangka panjang dan jangka pendek. Misalnya saja perekrutan tenaga kerja, produksi dan pemetaan segmentasi pasar.

Jika anda memang benar benar buntu untuk memikirkan strategi ini maka anda bisa mencari informasi terlebih dahulu misalkan saja melalui internet untuk bisa membuka wawasan anda dan memberikan ide ide yang cemerlang bagi anda.

#3 Kualitas produk yang tidak mengecewakan

Untuk bisa menunjang keberlangsungan usaha anda maka anda perlu menyediakan produk yang berkualitas dan layanan yang berkualitas pula pastinya supaya usaha anda bisa mudah dikenali oleh masyarakat dan bisa tetap eksis.

Misalnya saja anda membuka usaha warung bakso maka sebaiknya jangan campur bahan bahan dasar anda dengan bahan bahan yang bisa membahayakan customer dan menghilangkan kepercayaan mereka bagi usaha anda.

Jangan pernah bermain main dengan masalah kualitas kalau nantinya anda tidak mau kehilangan pelanggan dan pada akhirnya anda akan menutup usaha.

#4 Inovasi terbaru dan up to date

Bisnis yang berjalan tanpa adanya inovasi dan kreasi akan menimbulkan kebosanan bagi para pelanggannya sehingga bisa membuat mereka lari ke bisnis lain.

Coba aplikasikan bisnis anda dengan sesuatu yang baru mungkin masyarakat akan lebih tertarik dengan metode ini. Karean pada umumnya pelanggan lebih memilih bisnis yang unik dan lain dari pada yang lain.

Selain itu dengan melakukan inovasi maka usaha anda juga bisa bersaing dengan usaha usaha lain di luar sana.

Sehingga usaha anda akan tetap eksis berdiri walaupun bisnis bisnis baru banyak bermunculan. Buatlah sebuah identitas atau ciri khas bagi usaha anda sehingga masyarakat bisa lebih mudah mengenalinya.

#5 Harga bersaing dan wajar

Persaingan itu merupakan hal yang biasa dalam berbisnis. Namun yang perlu anda ketahui bahwa yang namanya bersaing itu bukan dengan perdebatan melainkan anda perlu untuk memperhatikan masalah harga.

Patoklah harga yang bisa di sentuh oleh semua kalangan jangan sampai menetapkan harga setinggi langit namun tidak sesuai dengan produk yang dijual.

Hal ini akan menimbulkan masalah di dalam usaha anda. Sebaiknya anda melakukan survey terlebih dahulu terhadap usaha yang sama dengan bisnis anda.

Berikanlah harga yang sepantasnya yakni dengan memperkirakan bahwa anda tidak akan rugi dan juga tidak untung terlalu banyak dengan harga yang telah anda tetapkan. Ingat ya pembeli sekarang ini sangat jeli dan kritis dengan harga suatu produk.

#6 Promosi seluas luasnya

Di jaman yang serba teknologi ini sebaiknya manfaatkanlah dengan maksimal untuk melakukan promosi produk anda. Toh saat ini banyak fitur fitur ataupun media sosial yang bisa anda manfaatkan untuk berjualan.

Bahkan dengan menggunakan fasilitas ini anda tidak perlu mengeluarkan dana. Dimana pun dan kapan pun anda bisa melakukan promsi. Hanya dengan bermodalkan gadget dan jaringan internet pastinya anda bisa melakukan pemasaran dengan sepuasnya.

Bahkan saat ini jualan kue ataupun makanan apapun saja sudah bisa dilakukan secara online misalnya dengan melakukan promosi menggunakan akun instagram.

Bagaimana cukup mudah bukan? Jika memungkinkan, anda juga bisa membuatkan media sosial khusus untuk promosi produk produk anda. Usahakanlah untuk terus update setiap hari. Supaya customer anda tidak bosan.

#7 Pelayanan yang memuaskan

Selain beberapa hal di atas ada satu hal lagi yang perlu anda perhatikan dalam berbisnis yakni soal pelayanan.

Ketika membuat sebuah bisnis usahakan sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen agar mereka tidak merasa bosan jika mampir di toko anda.

Layanilah mereka dengan penuh perhatian dan keramahan, karena biasanya pelanggan akan langsung ilfeel dengan pelayanan yang kurang memuaskan.

Jika anda memasang wajah cuek dan tidak ramah ketika melayani maka jangan harap pelanggan tersebut akan kembali lagi.

Baca juga ulasan tentang jenis usaha dagang dengan modal kecil yang menjanjikan serta artikel menraik lainnya mengenai tips mencegah dan menghindari kerugian dalam usaha.

#8 Berjiwa Besar alias Fair (sportif)

Menjadi pengusaha itu tidak mudah dan melakukan segala cara untuk mendapatkan kesuksesan itu bukan merupakan cara yang fair dalam bebisnis.

Ada etika atau norma norma yang perlu anda perhatikan ketika berbisnis. Kalau sudah melakukan hal hal yang tidak sportif jangan harap usaha dan hasil yang anda dapatkan akan memperoleh berkah.

Mungkin setelah anda melakukan hal itu usaha anda akan sedikit berkembang namun tidak akan lama pasti usaha anda akan melemah dan berujung pada kebangkrutan.

Sebagai seorang pengusaha berusahalah untuk memiliki jiwa yang besar dan sportif dalam berbisnis. Fair itu bukan Cuma digunakan ketika pertandingan saja melainkan dalam berbisnis pun juga harus diterapkan.

Intinya ketika anda sudah terjun ke dalam dunia bisnis maka mental anda harus tahan terhadap apapun. Jangan mudah putus asa dan menyerah dengan kesulitan yang sedang anda hadapi karena masalah seperti itu biasa terjadi di dunia bisnis.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development