Kelebuhan Kekurangan Keuntungan Kerugian Bisnis Usaha Patungan

Kelebihan Kekurangan atau Untung Rugi Melakukan Bisnis dan Usaha Patungan

By: Liza Fazira

Mendirikan bisnis dan usaha dengan modal patungan tentunya akan lebih terasa ringan karena dipikul bersama rekan atau mitra kerjasamanya.

Pada hakikatnya manusia itu merupakan makhluk sosial yang tidak mampu melakukan apapun secara sendiri tanpa bantuan manusia yang lain. Begitu pula ketika mereka melakukan suatu pekerjaan bisnis.

Pastinya mereka membutuhkan yang namanya pelaku ekonomi yakni produsen, konsumen dan distributor serta jaringan lain yang bisa mendukung kegiatan berbisnisnya sehingga bisa berjalan dengan baik.

Dalam dunia bisnis itu pastinya anda sering kali mendengar yang namanya bisnis patungan.

Tahukah anda apakah bisnis patungan itu? bisnis patungan itu merupakan sebuah usaha yang didirikan dengan menggunakan modal dari dua orang atau lebih. Jadi modal mereka digabungkan untuk mendirikan sebuah bisnis. Yah, singkatnya seperti itulah pokoknya.

Tidak bisa dipungkiri jika para pebisnis pemula memandang bisnis ini sebagai bisnis yang cukup menarik dan menggiurkan.

Namun perlu anda ketahui, jika anda kurang begitu memahami mengenai kegiatan berbisnis itu sendiri maka akhirnya anda sendiri yang akan repot.

Ada begitu banyak hal yang perlu anda pelajari dan ketahui dengan benar, supaya anda tidak salah memilih nantinya. Berikut ini ada beberapa keuntungan dan kerugian dalam menjalankan bisnis patungan. Monggo disimak ya.

Kelebihan dan Keuntungan Bisnis Patungan

#1 Modal Kecil

Sering kali mereka ingin mendirikan bisnis seperti ini dikarenakan modal yang dikeluarkan relative sedikit.

Akan tetapi mereka sama sekali tidak memikirkan apa apa saja yang juga perlu dipersiapkan dalam mendirikan sebuah bisnis selain dari modal dalam bentuk uang.

Inilah yang justru sering kali mereka lupakan dan pada akhirnya ketika bisnis sudah berjalan dan menemui kendala mereka akan bingung sendiri bagaimana cara mengatasinya karena mereka tidak memiliki passion dalam dunia bisnis.

#2 Resiko akan Tanggungan Kerugian Jadi Lebih Kecil

Jika menggunakan modal patungan pastinya ketika suatu saat bisnis anda mengalami masa depresi maka kerugian yang terjadi bisa anda tanggung bersama dan solusinya pun bisa anda pikirkan bersama sehingga anda pun juga tidak terlalu pusing memikirkannya sendiri.

#3 Memperkuat dan Menambah Skill

Idealnya dalam mendirikan sebuah bisnis kedua orang yang melakukan join tersebut harus memiliki skill yang memadai dalam dunia bisnis guna menyokong dan memperkuat bisnis anda.

Misalnya saja anda ahli dalam bidang produksi dan rekan anda mengusai marketing maka anda bisa saling melengkapi dan menjadi rekan kerja yang ideal.

Atau ketika rekan kerja anda menguasai manajemen keuangan dan anda ahli dalam bidang desain maka anda akan sama sama saling membantu dalam bebisnis.

Simak juga ulasan terkait mengenai strategi cara membangun bisnis sendiri serta artikel menarik lainnya tentang contoh bisnis modal kecil yang sangat potensial.

Kekurangan atau Kerugian Mendirikan Bisnis Patungan

#1 Berbagi Kuntungan Dengan Mitra

Telah jelas bahwa modal dalam mendirikan bisnis tersebut diperoleh dari patungan maka nanti ketika mendapatkan keuntungan pun anda harus membaginya berdua sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

Oleh karena itu sebelum bisnis tersebut benar benar terealisasi maka sebaiknya buatlah perjanjian terlebih dahulu mengenai bagaiman proses manajemennya dan pembagian keuntungannya supaya nantinya tidak akan ada konflik yang justru bisa menggoncangkan bisnis anda.

#2 Resiko Perselisihan atau Ketidakcocokan Individu

Ingatlah bahwa walaupun rekan yang anda ajak berbisnis tersebut merupakan sahabat karib anda, maka hal seperti itu perlu anda lupakan sejenak karena dalam dunia bisnis itu tidak mengenal yang namanya sahabat.

Semuanya harus berjalan secara normal tanpa adanya embel embel apapun. Akan tetapi meskipun seperti itu anda tidak harus memutuskan hubugan persahabatan anda, karena menjaga persahabatan itu lebih sulit dari pada membangunnya.

Sehingga usahakan bagaimana caranya agar ketika anda berdua berbisnis itu tidak akan merusak hubungan persahabatan anda begitupun sebaliknya. Keprofessionalan dalam bekerja harus tetap diutamakan.

#3 Resiko Apabila Mitra Bisnis Mundur Ditengah Jalan

Perlu anda ketahui bahwa dalam berbisnis patungan itu resiko untuk berhenti ditengah jalan itu lebih banyak.

Hal ini dikarenakan bila suatu saat nanti salah saut dari anda tiba tiba mundur maka sudah pasti perputaran bisnis anda juga akan terganggu.

Anda juga harus memulainya dari awal. Bagaimanpun caranya kalau anda tetap ingin bisnis tersebut tetap berjalan.

Sebelum hal hal tersebut di atas menghadang jalannya usaha anda, maka anda perlu untuk mengambil beberapa tindakan seperti di bawah ini.

Diskusikanlah terlebih dahulu aturan aturan awalnya. Kemudian buatlah kesepakatan hitam di atas putih untuk mengantisipasi terjadinya konflik di tengah jalan. Bila anda memang tidak menginginkan hal di atas tidak terjadi maka anda perlu untuk menerapkannya.

Sepakatilah berapa modalnya kemudian pembagian keuntungannya seperti apa, lalu bagaimana kalau nanti ada resiko yang mengancam, solusinya seperti apa. Hal  hal seperti inilah yang perlu anda diskusikan bersama denga rekan anda.

Kemudian untuk langkah yang terakhir adalah dengan menyepakati hak dan kewajiban dari masing masing pihak.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development