Strategi menjalankan usaha jasa event organizer

Sukses Dengan Menjalankan Bisnis Event Organizer Atau Penyelanggara Acara

By: Liza Fazira

Usaha di bidang hiburan dan penyelenggara acara atau yang lebih populer disebut dengan bisnis event organizer merupakan salah satu peluang bisnis yang akan tetap booming di tahun 2018 nantinya.

Dahulu bisnis ini tidak pernah didengar oleh kita, namun belakangan ini bisnis ini marak dilakukan oleh kalangan muda dimana mereka masih tergolong usia yang memiliki banyak ide kreatif.

Bisnis ini sudah menjamur dimana-mana tidak hanya di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, tapi juga sudah masuk di daerah-daerah. Bisnis event organizer atau yang biasa dikenal dengan EO ini merupakan jasa professional yang berlaku sebagai penyelenggara dalam sebuah acara baik skala kecil, menengah atau besar.

Sebagai contoh seperti tunangan, pesta pernikahan maupun pesta pernikahan, bahkan hingga terselenggaranya sebuah event besar seperti pekan raya, expo dan acara lainnya.

Dengan keberadaan EO semua acara yang diselenggarakan menjadi lebih tertata rapi, pemilik acara tidak usah memikirkan apa saja yang harus disiapkan dan memikirkan bagaimana cara menghandle apabila terdapat keadaan yang tidak sesuai dengan rencana di awal ditunjang juga untuk kebanyakan masyarakat saat ini menginginkan semua serba cepat dan instant.

Strategi sukses menjalankan bisnis hiburan dan jasa penyelenggara acara (EO)

Sebagai pemula anda dapat mengikuti beberapa tips yang kami bagikan dibawah ini supaya bisnis yang anda jalankan semakin berkembang dan bisa bersaing dengan competitor yang sudah ada sebelumnya :

#1 Menyiapkan konsep yang matang

Dalam hal persiapan, dibutuhkan pula konsep acara yang baik sesuai dengan tema acara. Konsep acara juga menjadi faktor penentu kesuksesan sebuah acara yang digelar.

Semakin menarik dan unik yang anda buat, akan meninggalkan kesan tersendiri baik pihak yang menyewa jasa kita maupun tamu undangan yang hadir pada saat acara berlangsung.

#2 Komposisi tim kerja yang solid

Memiliki anggota yang banyak tidak menjamin acara akan sukses. Tetapi memiliki anggota yang solid dan professional dapat menjamin acara akan sukses.

Selain itu pembagian tugas yang terperinci dan detail akan mempermudah dalam pemberian progress report dalam mempersiapkan acara serta mempermudah koordinasi di lapangan pada saat acara dimulai.

Bahkan dengan adanya keteraturan ini akan membuat tim bisa saling back up apabila terdapat situasi dan kondisi yang tidak sesuai dengan susunan acara yang telah dibuat.

Simak juga ulasan terkait tentang cara membangun tim kerja yang efektif serta artikel menarik lainnya mengenai strategi jitu bernegosiasi atau melobi orang.

#3 Target pasar yang jelas dan fokus

Anda sebagai pemula dapat fokus terlebih dahulu ke satu jenis acara. Seperti event organizer khusus konser musik, otomotif, pameran, wedding ceremony atau seminar berbagai kegiatan perusahaan (launching, munas, rakernas dll).

Setelah bisnis ini berjalan dengan baik, Anda bisa mengembangkan ke acara yang lebih luas lagi. Karena jika anda belum terlalu berpengalaman dalam bisnsis ini, nantinya akan kacau dalam menyiapkan acara dan target maket yang ingin dikuasai.

#4 Mencari relasi bisnis

Dukungan relasi bisnis dari klien maupun sponsor merupakan kunci dari sukses atau tidaknya sebuah acara. Dengan adanya relasi membuat efisien kita dalam melakukan promosi atau mengenalkan jasa kita kepada orang lain.

Semakin banyak kita memilki relasi bisnis baik yang bergerak di bidang EO atau bidang yang lain, usaha anda dalam bidang EO ini pun juga akan berkembang semakin pesat.

Jika dibandingkan dengan yang tidak memilliki relasi, anda harus membutuhkan waktu yang panjang dalam mempromosikan secara online maupun offline.

#5 Membuat evaluasi

Apabila pembuatan konsep sudah selesai disusun oleh berbagai pihak yang terlibat dalam acara, Anda dapat meng-evaluasi konsepnya untuk mencari tahu apa saja yang perlu di tambah atau direvisi demi terciptanya kesuksesan acara.

Di tahap ini pastikan semuanya sudah terselesaikan, karena tahap selanjutnya adalah tahap pengerjaan acara-nya, mulai dari dekorasi, persiapan katering dan persiapan lainnya. Pastikan juga bahwa pemilik acara sepakat dengan konsep yang akan di jalankan tersebut.

#6 Memperhitungkan cost, anggaran dengan tepat

Bisnis Event Organizer merupakan salah satu bisnis yang dalam pengerjaannya sangat berhubungan erat dengan perhitungan data keuangan.

Ketika membuat acara tentunya antara pengeluaran dan pemasukan haruslah seimbang agar tidak menimbulkan kekacauan.

Untuk itu Anda harus menggunakan aplikasi pembukuan yang akurat serta mudah dalam penggunaannya, seperti software akuntansi sebagai salah satu solusinya. Sebab jika perhitungan anda tidak sesuai tentunya akan membuat bisnis  bukannya bergerak maju namun jelas berakibat kerugian.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz