Cara meningkatkan produktifitas bisnis

9 Strategi Cara Meningkatkan Produktivitas ala Seorang Pebisnis Kelas Dunia

By: Liza Fazira

Ingin tau bagaimana strategi paling jitu untuk meningkatkan produktifitas pada diri anda selayaknya seorang pebisnis handal kelas dunia? Ulasan kali ini akan memberikan gambaran mengenai cara tersebut.

Ketika anda memutuskan untuk membangun sebuah bisnis, tentunya ada banyak hal yang mesti anda lakukan. Rasa rasanya waktu 24 jam dalam sehari tidak cukup anda gunakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan anda. Disaat semua pekerjaan belum terselesaikan seluruhnya, namun esoknya sudah banyak pekerjaan yang menunggu untuk anda selesaikan.

Apabila orang lain melihat anda seperti ini pasti mereka akan beranggapan bahwa seluruh hidup anda telah tercurahkan untuk mengurus bisnis. Inilah tuntutan seorang pebisnis, mereka harus bisa membagi waktu dengan sebaik baiknya.

Tidak heran jika anda sampai tidak ada waktu untuk keluarga anda sendiri, namun sebaiknya hal ini harus di hindari karena sesibuk apapun pasti keluarga tetap menjadi yang utama, karena tanpa dukungan keluarga anda tidak bisa sampai pada masa sekarang ini.

Kiat membangun produktifitas diri lebih efektif agar menjadi pebisnis sukses

Jika anda sudah terjun sebagai seorang pebisnis, maka pastinya anda sudah siap untuk menjadi orang yang produktif dan efisien dalam menggunakan waktu anda. Berikut ini 10 tips untuk meningkatkan produktifitas anda.

#1 Fokus pada satu hal bagi yang masih pemula

Kebanyakan orang beranggapan bahwa menjadi orang yang multitasking itu tidak mudah dan jika memang ia bisa itu merupakan suatu hal yang luar biasa dan patut untuk disyukuri.

Anda pastinya juga menginginkan hal ini terjadi pada diri anda bukan? Perlu anda ketahui bahwa tidak sedikit orang yang gagal akibat ambisinya yang menggebu gebu untuk menjadi orang yang multitasking namun tidak akhirnya terwujud.

Yang perlu anda lakukan saat ini bukanlah terus berangan angan untuk menjadi seperti itu melainkan lakukanlah dan selesaikanlah pekerjaan anda dalam satu waktu. Fokuslah pada satu pekerjaan sehingga semuanya akan selesai dengan maksimal, dan anda bisa melanjutkan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

#2 Bangun lebih pagi untuk memulai lebih awal

Mulai sekarang biasakan untuk bangun pagi. Ada pepatah yang mengatakan bahwa bangunlah pagi supaya rejeki anda tidak dipatok ayam.

Hal ini digunakan untuk memotivasi anda untuk selalu bekerja keras dan tidak terus malas malasan di atas kasur. Anda bisa melakukan banyak hal jika bangun pagi, mulai dari olahraga, membaca berita sambil minum teh hangat dan dengan bangun pagi pun secara alami badan akan terasa lebih segar.

Selain itu dengan bangun pagi anda bisa menyiapkan segala kebutuhan anda dengan tepat sehingga semuanya tidak serba terburu buru.

#3 Buatlah skala prioritas

Setiap harinya pasti anda memiliki target untuk dicapai, namun dari semua target itu pasti ada beberapa yang menjadi prioritas utama anda.

Oleh karena itu mulai sekarang susunlah skala prioritas sebagai acuan untuk melakukan segala aktivitas anda dan klasifikasikan mana mana pekerjaan yang perlu anda dahulukan. Sehingga anda akan lebih mudah dan lebih nyaman pastinya.

Simak juga ulasan mengenai inspirasi bisnis yang sangat menjanjikan untuk ditekuni serta artikel menarik lainnya tentang strategi sukses usaha dagang agar memenangkan pasar.

#4 Kerja tim akan lebih terasa ringan

Walaupun posisi anda saat ini adalah sebagai pemilik usaha namun jangan semata mata anda melakukan semua pekerjaan berdasarkan kehendak anda.

Ingatlah bahwa anda memiliki tim kerja. Lakukanlah pekerjaan tersebut bersama sama dan sesuai dengan kesepakatan tim. Posisikan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi anda.

#5 Ingat dengan tujuan utama

Sebagai owner dari bisnis anda sendiri maka upayakan untuk tetap fokus pada tujuan utama anda, apa yang menjadi harapan anda dalam menjalankan bisnis ini.

Dengan selalu mengingat apa yang menjadi tujuan anda maka anda pun juga bisa melihat mana hal yang harus didahulukan dan mana yang bisa dinomor duakan.

#6 Sertakan hobi dalam pekerjaan

Jika sudah membicarakan pekerjaan maka hal itu tidak akan ada ujungnya. Apalagi kalau sudah menyangkut mengenai tanggung jawab, wah sudah luas jangkauannya.

Walaupun mungkin kenyataanya anda tidak menyukai tanggung jawab yang dibebankan kepada anda, namun tetap harus di jalankan. Nah, jika ini terjadi maka sebaiknya kerjakanlah sesuatu yang memang anda sukai sehingga pekerjaan akan terasa lebih mudah dan ringan.

Ketika anda mengerjakan sesuatu hal yang memang tidak anda sukai maka outputnya pun juga tidak akan maksimal mengingat anda mengerjakannya dengan setengah hati. Itu artinya anda telah menjadi orang yang tidak produktif. Lakukanlah pekerjaan anda sebagaimana anda melakukan hobi anda.

Baca juga artikel terkait tentang peluang usaha dan bisnis menguntungkan saat bulan ramadhan serta ulasan menarik lainnya mengenai peluang bisnsi kreatif yang sangat potensial dan menjanjikan.

#7 Deskripsikan tujuan secara jelas

Sebaiknya deskripsikanlah dengan jelas apa yang menjadi tujuan utama anda dalam berbisnis. Biarkanlah semua orang tahu apa yang menjadi keinginan anda sehingga bisa berkonsentrasi penuh dengan bisnis anda.

Jangan pernah malu untuk mempublikasikan itu semua. Suatu saat tujuan anda bisa saja berubah karena adanya suatu hal, karena sebuah tujuan itu terjadi karena kondisi pasar yang menjadi target atau sasaran anda. Ketika itu terjadi maka tetaplah berpegang dengan apa yang menjadi tujuan awal anda.

Lakukanlah evaluasi untuk mengetahui apa saja yang sudah anda capai dan mana saja yang sampai saat ini belum bisa anda capai. Dengan melakukan kegiatan ini maka anda bisa melihat bahwa tujuan yang anda buat itu tidak selamanya tepat.

#8 Atur jadwal kerja

Usahakan untuk selalu mencatat jadwal keseharian anda, walaupun anda termasuk orang yang mudah mengingat segala sesuatunya namun pada akhirnya hal ini akan berguna juga bagi anda jika sewaktu waktu anda lupa.

Jadikanlah kegiatan ini sebagai pengingat anda oleh karena itu susunlah jadwalnya sebaik mungkin dan sedetail mungkin.

Nah untuk cara ini merupakan perpaduan antara keharusan untuk untuk tetap fokus dan memiliki skala prioritas dalam berbisnis.

Setiap hari usahakan untuk selalu menyusun 5 hal yang mesti anda kerjakan dan anda selesaikan lebih dahulu. Semua pekerjaan ini harus selesai tepat pada waktunya sehingga usahakan untuk tidak terusik oleh pekerjaan yang lain. Jika pun ada pekerjaan tambahan yang juga harus anda selesaikan sebaiknya ke lima pekerjaan ini telah siap semuanya.

#9 Gunakan waktu dengan tepat

Untuk cara yang terkakhir adalah gunakanlah waktu anda sebaik mungkin dan semaksimal mungkin karena waktu itu adalah uang. Jadi sedetik saja waktu anda hilang maka sama saja anda membuang uang dengan percuma.

Bedakanlah antara waktu untuk bekerja dan beristirahat, jangan malah menggunakan waktu istirahat untuk bekerja. Jika hal ini terjadi maka bukan tidak mungkin anda akan mudah terserang stress.

Jika ada suatu hal yang menyulitkan maka sebaiknya komunikasikanlah dengan tim anda. Jangan anda diamkan saja karena justru masalah akan berlarut larut dan bertambah parah.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development