Strategi menjadi pengusaha pebisnis sukses

3 Tips Ampuh Untuk Dijalankan Agar Menjadi Pebisnis Yang Sukses

By: Chabib Azizah

Agar bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses tentunya memerlukan sebuah strategi serta jurus jitu ketika menjalankan usaha tersebut dengan didukung faktor penunjang lainnya.

Menjadi seorang pengusaha tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kemampuan, pengalaman, dan pastinya mental yang kuat dalam membuat sebuah lahan bisnis.

Tapi pada umumnya para pebisnis pemula mengira bahwa modal usaha berupa uang lah yang menjadi hal paling utama dalam mendirikan sebuah usaha. Pemikiran seperti ini sebenarnya tidak salah namun perlu diluruskan, bahwa tidak hanya dengan memiliki uang yang banyak saja sebuah usaha bisa berdiri dan berkembang dengan begitu mudahnya.

Segala sesuatu itu pasti membutuhkan proses yang panjang untuk bisa mencapai sebuah kesuksesan. Perlu diketahui bahwa tidak sedikit mereka yang mendirikan usaha tanpa mengetahui strategi dan apapun mengenai pengelolan sebuah usaha sering kali menemui hambatan.

Selain itu ketika menghadapi sebuah masalah tidak jarang mereka langsung menyerah begitu saja bahkan parahnya hingga menutup usahanya karena tidak mampu menghadapi masalahnya.

Hal seperti inilah yang akhirnya membuat para pebisnis pemula harus memiliki modal lebih selain finansial dalam mendirikan sebuah usaha yaitu strategi bisnis yang jitu.

Kiat jitu membangun mental seorang pebisnis yang sukses

Selain semua hal di atas untuk bisa menjadi seorang wirausaha yang tangguh anda membutuhkan sebuah karakter baru untuk membuat itu menjadi kebiasaan.

Banyak pengusaha yang setuju bahwa dengan berbekal pengalaman teknis saja tidak cukup melainkan harus memiliki hal hal non teknis sebagai pelengkapnya.

Berikut ini hal hal non teknis yang harus dipelajari oleh setiap orang yang ingin mendirikan sebuah bisnis.

Belajar menghadapi kritik dan penolakan

Ketika partner usaha anda menolak ide atau gagasan dari anda maka sebaiknya jangan menjadikan hal ini sebagai penyakit hati.

Tindakan tindakan seperti ini justru akan merusak kegiatan bisnis anda. Oleh sebab itu sebaiknya buang jauh jauh perasaan ataupun sifat sifat seperti ini.

Sifat seperti itu hanya akan membuat anda jalan ditempat dan akhirnya nggak pernah sampai ke tujuan anda.

Yang seharusnya anda lakukan adalah menanyakan hal ini pada diri anda sendiri, apakah yang kurang dari pekerjaan yang saya jalankan? Lalu apa saja yang seharusnya saya pelajari?

Nah, justru pertanyaan pertanyaan seperti inilah yang justru harus anda tanamkan di diri anda karena pertanyaan ini bisa menjadi penyemangat bagi anda untuk bisa maju dan berkembang.

Selalu fokuslah pada diri anda dan hal hal yang bisa membuat anda menjadi lebih maju. Sadarilah bahwa semua orang pasti akan menerima sebuah kritikan dan masalah itu adalah hal yang biasa dalam berbisnis.

Orang yang baik itu bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, melainkan dari kesalahan itulah anda bisa lebih sukses dari yang pernah anda bayangkan. Bahkan seorang pemimpin juga bisa mendapatkan kritikan dari siapapun, oleh karena itu janganlah putus asa ketika mendapatkan sebuah kritikan.

Simak juga ulasan terkait mengenai strategi menghadapi tantangan bisnis masa kini serta artikel lainnya tentang cara meningkatkan produktifitas ala pebisnis kelas dunia.

Belajar menghadapi rasa malu

Tidak sedikit orang kalah akan rasa malu yang dimilikinya sehingga mereka akan tetap stuck di situ saja dan tidak pernah berkembang.

Biasanya orang yang mengalami sebuah kegagalan itu merasakan malu yang amat sangat tak tertahankan, padahal kegagalan itu bukanlah sebuah tindakan yang memalukan.

Orang lain pun sebenarnya tidak pernah mengolok olok anda akan tetapi diri anda sendiri lah yang membuat anda menjadi merasa sangat malu. Mereka tidak sempat memperhatikan diri anda, mereka lebih memperhatikan dirinya sendiri agar tidak memperoleh sebuah kegagalan.

Ada sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa banyak sekali orang yang memiliki hati keras, padahal yang baik adalah berusaha memiliki kulit yang tebal dan hati yang lembut, pernyataan ini diungkapkan oleh Charlie Jones.

Belajar mengatasi keadaan mandeg

Orang yang besar bukanlah orang yang tidak pernah mengalami kegagalan, justru mereka belajar dari kegagalan itulah yang akhirnya membawa ia ke sebuah kesuksesan dan keberhasilan.

Ingatlah ketika anda masih anak anak berapa kali anda jatuh ketika belajar berjalan. Nah, jadikanlah hal hal kecil itu menjadi sebuah penyemangat dan tonggak untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Coba anda perhatikan perusahaan perusahaan di luar sana berapa kali mereka mengalami sebuah keadaan yang bisa dikatakan kritis, tapi akhirnya mereka juga tetap bisa mengatasinya dan bahkan tetap eksis sampai sekarang.

Nah, ketika kondisi seperti itu terjadi pada anda maka janganlah hanya stagnant atau mandeg di situ saja. Melainkan carilah sebuah terobosan ampuh yang bisa mengangkat anda dari keadaan tersebut.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz