Strategi membentuk tim kerja yang efektif

17 Faktor Penting Cara Membangun Komposisi Tim Kerja Yang Efektif dan Efisien

By: Liza Fazira

Bisa membangun dan membentuk komposisi tim kerja yang efektif dan efisien sangat penting dalam bisnis karena akan menghasilkan output kerja yang produktif dan berkualitas dan yang demikian inilah akan banyak sekali dicari oleh perusahaan perusahaan berkelas.

Peran dari sebuah tim kerja sangatlah penting, hal ini dibuktikan dengan adanya keefektifan dan keefisienan organisasi dalam memecahkan sebuah konflik, sehingga masalah yang ada tidak menjadi berlarut larut atau justru semakin membesar.

Adanya tim kerja tentunya juga akan memperkuat kinerja suatu perusahaan. Selain itu perusahaan akan dapat berkembang lebih pesat, karena didukung oleh ide ide baru yang diberikan oleh tim kerja tersebut.

Namun tim kerja tidak selamanya mampu memberikan keberhasilan bagi perusahaan, adakalanya sebuah tim kerja malah justru meruntuhkan suatu perusahaan.

Hal ini disebabkan karena orang orang di dalam tim kerja tersebut kurang professional sehingga tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya tidak dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat.

Strategi membentuk tim kerja yang solid dan berkualitas

Terdapat 2 faktor yang sangat penting untuk diperhitungkan secara matang mengenai cara menentukan serta membentuk tim yang bisa menghasilkan kinerja maksimal dan pastinya harus dapat diandalkan.

Karakteristik Tim yang Efektif

Tidak mudah untuk mencari sebuah tim yang memiliki karakteristik atau kriteria yang bagus, namun sebuah perusahaan harus pandai pandai dalam memilih suatu tim karena hal ini akan menentukan berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan.

Namun ada beberapa kriteria tim yang bisa membawa keberhasilan bagi perusahaannya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Memiliki visi dan misi yang jelas. Kesepakatan dan keputusan yang telah dibuat oleh suatu tim kerja haruslah dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
  1. Adanya seorang pemimpin yang memiliki sifat kepemimpinan. Seorang pemimpin yang tidak memiliki karakter kepemimpinan justru akan menghancurkan tim tersebut. Selain itu kompetensi seseorang haruslah diperhatikan sebelum memilih seorang pemimpin.
  1. Adanya keterbukaan diantara semua angggota tim. Hal ini memang sangat penting, apabila terjadi sebuah masalah sebaiknya diselesaikan secara bersama janganlah dipendam saja karena justru akan menimbulkan masalah yang lebih besar. Komunikasi setiap anggota haruslah selalu dijaga untuk memperlancar kerja tim tersebut.
  2. Perbedaan latar belakang dari masing masing anggota tim. Adanya keberagaman latar belakang akan mendorong semakin banyaknya pekerjaan yang bisa ditangani dengan cepat.
  3. Dukungan dari anggota terhadap keputusan, aturan dan birokrasi. Masing masing anggota haruslah memahami tugas, tanggung jawab dan perannya.
  4. Konflik yang timbul diselesaikan secara bersama sama dengan cara win win solution.
  5. Sebuah tim harus bisa menghargai kinerja dari masing masinng anggota.
  6. Tujuan bukanlah satu satunya hal yang utama dalam tim, namun proses kinerja haruslah diperhatikan supaya tujuan bisa dicapai dengan cepat dan tepat.
  7. Mempunyai kemampuan problem solving, yaitu mampu memecahkan segala masalah yang timbul di dalam tim dengan efektif dan efisien.
  8. Mempunyai hubungan yang baik antara anggota tim, bahkan dengan pihak pihak di luar organisasi.

Komposisi Tim yang Efektif

Seseorang yang memiliki suatu keahlian khusus haruslah ditempatkan sesuai dengan kompetensi yan dimilikinya inilah yang dimaksud dari The Right Man on the Right Place.

Sehingga semua pekerjaan yang ada di dalam kelompok dapat berjalan dengan lancar dan bahkan apa yang menjadi tujuan akhirnya bisa dicapai dengan cepat dan tepat.

Dengan demikian keberhasilan suatu tim kerja akan membawa dampak positif yang sangat diharapkan oleh perusahaan. Oleh karena itu suatu tim bisa dikatakan efektif bila memiliki :

  1. Pemimpin yang disiplin dan bertanggung jawab, serta selalu mengkoordinir tim agar selalu berjalan pada relnya.
  2. Seorang pembentuk yang dapat memotivasi para anggota kelompok supaya lebih kreatif.
  3. Seorang pemikir agar tim bisa terus maju dengan inovasi up to date.
  4. Seorang pengevaluasi sehingga semua anggota kelompok atau tim tahu dimana letak kesalahan dan kekurangan mereka dalam bekerja.
  5. Seorang penyelidik sumber daya dalam hal ini orang yang berperan sebagai informan perkembangan (intel).
  6. Seorang pekerja tim yang selalu bekerja secara efektif dan efisien serta selalu memotivasi anggota yang lainnya.
  7. Seorang penyelaras akhir, yang memandu dan memberi peringatan jika ada hal  hal yang tidak selaras dengan keputusan sebelumnya.

Baiklah jika dari sekian banyak faktor pendukung terciptanya sebuah tim kerja yang efektif diatas dapat anda penuhi minimal sampai 75 persen, maka anda patut untuk optimis bahwa project yang tengah di jalani akan mencapai hasil yang maksimal.

Simak juga ulasan lain mengenai strategi memulai bisnis dengan modal antara 2 sampai 5 juta yang potensial serta artikel menarik lainnya tentang peluang bisnis baru di internet yang sangat menguntungkan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz