Peluang dan strategi bisnis udaha dagang

Contoh Usaha Dagang Sederhana Modal Kecil Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

By: Liza Fazira

Peluang usaha dan bisnis dagang yang paling sederhana dengan modal sedikit yang menjanjikan dan sangat menguntungkan tentunya adalah yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat sehari hari karena kita harus menargetkan konsumen yang lebih spesifik.

Memulai usaha dagang modal kecil adalah salah satu informasi yang perlu diketahui oleh mereka yang ingin mencoba bisnis berniaga namun masih terkendalah dengan modal yang dimiliki serta cara memulainya seperti apa.

Sebenarnya tidak semua usaha dagang membutuhkan modal yang besar, dengan modal yang sangat minimpun anda sudah bisa memulainya. Misalnya saja anda dagang pulsa, jualan kue dengan menitipkan dagangan anda di toko toko dekat rumah anda.

Kiat untuk memulai sebuah usaha niaga atau bisnis dagang

Janganlah pernah mempersulit sesuatu yang notabene sangat sederhana dan sebaiknya juga ketika membuka sebuah usaha dagang janganlah terlalu muluk muluk karena belum tentu hasilnya akan sesuai dengan apa yang anda bayangkan.

Alangkah baiknya anda sesuaikan saja dengan modal yang dimiliki saat itu dengan memulainya dari usaha yang kecil dulu kemudian anda bisa mengembangkannya sedikit demi sedikit.

Memulai dari yang paling kecil untuk mengantisipasi apabila hasilnya nanti tidak sesuai dengan ekspektasi maka anda tidak akan terlalu kecewa.

Yang anda perlukan ketika membuka sebuah usaha dagang selain modal adalah ketrampilan apa yang anda miliki, sehingga dapat memanfaatkannya untuk berbisnis. Jangan sampai anda membuka usaha yang sebelumnya anda tidak mengetahui apa apa. Meskipun sebenarnya bisa saja, tetapi bukankah lebih baik jika memaksimalkan ketrampilan anda sendiri, kan nantinya keuntungannya bisa anda miliki dengan maksimal.

Nah, untuk itu bagi anda yang hanya memiliki modal sedikit maka tidak usah ragu dan khawatir untuk membuka usaha dengan modal kecil yaitu salah satunya adalah berdagang. Masalahnya kapan anda siap dan mau memulainya?

Untuk permasalahan klasik seperti modal usaha, mungkin anda harus berani berspekulasi dengan mencari pinjaman uang dari bank BRI ataupun jenis pinjaman uang secara online sebagai alternatifnya.

4 Contoh bisnis berniaga/usaha dagang modal kecil untung besar

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha dagang yang bisa dibangun dengan modal yang kecil namun bisa meraup untung yang besar yatu:

#1 Dagang sayuran dipasar atau keliling

Bisnis Kecil Modal 2 - 5 juta Yang Menguntungkan

Berdagang sayuran tidak membutuhkan modal dana sampai puluhan juta, cukup dengan modal 2 hingga 5 juta pun anda sudah siap untuk berdagang.

Namun yang perlu anda perhatikan adalah ketika menjual sayuran maka carilah target konsumen yang tepat dan anda memiliki lokasi usaha yang startegis karena masalahnya adalah sayuran mudah sekali busuk sehingga anda harus bisa menjual dan cepat habis.

Jika dengan berdagang dipasar sudah terlalu banyak saingan, maka bisa dicoba dengan berjualan secara keliling dari kampung atau di komplek perumahan. Karena ini merupakan kebutuhan pokok masyarakat, yang jelas anda tidak perlu khawatir tidak laku selama cara mengelolanya benar.

Misalkan saja dengan memberikan harga yang lebih murah serta kualitas sayuran yang dijajakan jauh lebih baik dengan pedagang lainnya.

#2 Dagang bumbu dapur

Bumbu dapur kan ada banyak jenisnya misalnya saja cabe, bawang putih dan bawang merah, kemiri, gula, garam dan lain sebagainya. Nah, berdagang kebutuhan ini paling efektif jika anda jalankan di pasar tradisional juga bisa dengan cara berkeliling.

Tempat paling efektif sebenarnya justru di sekitar lokasi pabrik yang banyak karyawan wanitanya karena biasanya ketika jam pulang kerja mereka akan menyempatkan berbelanja kebutuhan memasak dirumah.

Modal yang diperlukan juga tidak teralu besar jika anda bisa memperoleh dagangan langsung dari petaninya bukan dari tengkulak atau broker dipasar.

#3 Dagang buah keuntungan melimpah

Berikutnya adalah berdagang buah yang mana usaha ini bisa anda mulai dengan modal kurang lebih Rp 5 juta bahkan di bawah nominal itu pun anda sudah bisa memulainya.

Tapi kalau boleh saya sarankan sebaiknya anda pilih buah yang tahan lama, banyak disukai oleh masyarakat dan yang pasti harganya terjangkau. Misalnya saja nanas, jeruk, semangka, buah naga, dan lain sebagainya.

Akan lebih menguntungkan lagi apabila anda bisa memperoleh dagangan langsung dari petaninya juga seperti dagangan bumbu dapur tadi.

#4 Jualan jajanan atau cemilan

Peluang Usaha dan Bisnis Modal

Nah, untuk usaha yang terakhir adalah dagang jajanan yang mana termasuk bisnis UKM bidang kuliner yang sangat menjanjikan. Jajanan ini kan banyak sekali jenisnya yang terpenting ketika anda menyajikannya jangan lupa perhatikanlah faktor kebersihannya dan pakailah bahan bahan yang sehat ya.

Mempertahankan kualitas dari segi bahan dan citarasa serta kebersihan adalah bertujuan agar pelanggan anda tidak lari karena kecerobohan sedikit saja.

Karena jajanan seperti ini sangatlah rawan dengan bahan pengawet, pewarna dan lain sebagainya, maka dari itu sebaiknya anda jauhi bahan bahan seperti itu sebab bisa mempengaruhi kesehatan konsumen anda dan lebih berbahaya lagi jika anda di tindak oleh petugas negara.

Usaha berdagang seperti disebutkan tadi tidak akan pernah mati, karena prospek yang sangat bagus dan cukup menjanjikan. Ketika usaha yang anda jalankan mulai ada perkembangan yang signifikan, maka anda bisa untuk mengembangkannya dengan cara membuat cabang atau menambah stok dagangannya. Bagaimana anda cukup tertarik dengan bisnis dagang?

Leave a Reply

1 Comment on "Contoh Usaha Dagang Sederhana Modal Kecil Yang Menjanjikan dan Menguntungkan"

avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Indowebtravel.com
Guest

Saat ini memang kita harus bisa kreatif kalau mau bertahan dan gak cuma ngandalin gaji doank

wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development