faktor kegagalan menjalankan bisnis dan usaha

Sering Mengalami Gagal Bisnis dan Usaha? Coba Analisa 6 Faktor Ini

By: Chabib Azizah

Kegagalan dalam bisnis merupakan hal yang sudah biasa terjadi dan ini bukanlah akhir dari bisnis anda namun justru jadikanlah ini sebagai bahan evaluasi untuk mencari penyebab kegagalannya.

Seringkali orang mengatakan bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan, hal ini memang benar adanya karena dari kegagalan inilah anda bisa menjadi orang yang lebih waspada dan teliti terhadap isu isu yang akan menghancurkan usaha anda.

Bagi para pelaku bisnis yang telah lama malang melintang di dunia usaha tentunya mereka sudak tidak khawatir lagi tentang hal ini karena dari kegagalan yang telah mereka alami sebelumnya maka untuk terjadi sebuah kegagalan lagi prosentasenya akan menjadi lebih minimum karena adanya antisipasi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Sehingga pada akhirnya mereka akan tetap bisa survive dengan usaha dan bisnisnya.

Perlunya evaluasi untuk menata kembali struktur usaha anda agar bisa mencapai pada tingkat kesempurnaan.

6 Faktor yang paling sering memicu gagalnya bisnis dan usaha

Dari sekian banyak faktor penyebab kegagalan suatu usaha, kami rangkumkan semuanya menjadi 6 poin yang kerapkali menjadi pemicu utamanya yaitu:

#1 Memulai bisnis untuk mencoba coba

Membuka bisnis atau usaha tidaklah semudah bermain taruhan dengan teman akan tetapi mental dan modal yang lain juga turut memberikan andil untuk kesuksesan sebuah usaha.

Menjalankan sebuah usaha merupakan sebuah tantangan yang cukup berat, karena semua aspek haruslah berjalan dengan rapi, selaras dan sesuai dengan standar prosedur yang telah ditetapkan.

Tujuan utama didirikannya sebuah usaha pastinya adalah kesuksesan dan profit. Tidak ada usaha manapun yang mau rugi, jikapun ada itu bukanlah sebuah tujuan namun kesalahan dalam menjalankan prosedurnya.

Tidak sedikit orang yang membuka usaha dengan niat hanya coba coba. Tujuan inilah yang sebenarnya salah namun tetap saja mereka biarkan dan pada akhirnya dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama usahanya jatuh. Ketidaksiapan mereka dalam menghadapi sebuah kesulitan di tengah tengah menjalankan usaha inilah yang banyak sekali menjadi momok menakutkan bagi mereka para pemula.

Mencoba memang sebenarnya tidak ada salahnya namun bila semua persiapannnya belum matang sebaiknya kaji kembali rencana usaha anda sebelum benar benar anda dirikan.  Walaupun tidak semua usaha yang didirikan dengan modus mencoba selalu rugi namun faktor keunggulannya masih kalah dengan usaha yang sudah matang.

#2 Tidak ahli dalam bidang yang dipilih

Apapun jenis usaha yang anda pilih sebaiknya sesuai dengan kompetensi yang anda miliki agar anda tidak terlalu kesulitan dalam menjalankannya.

Walaupun tidak sepenuhnya anda mengetahui teknik dan cara yang efektif untuk usaha tersebut setidaknya anda pernah mengetahui dan memiliki wawasan tentang usaha tersebut.

Minimal anda pernah mendengar cerita dari mereka yang memiliki usaha yang sama atau bahkan anda memiliki pengalaman bekerja dengan orang lain, sehingga anda telah memiliki bekal pengetahuan untuk mendirikan sebuah usaha.

#3 Tergiur trend bisnis yang sedang booming

Sebuah usaha yang dijalankan hanya karena mengikuti sebuah trend semata  pada umumnya tidak akan memiliki umur yang panjang karena usahanya hanya bersifat musiman. Keuntungan yang didapat memang banyak namun hanya ketika usaha tersebut popular di kalangan masyarakat.

Model bisnis seperti ini memang terkesan sangat memaksakan dan mereka sebagai pelaku bisnis hanya tergiur dengan harga booming sementara yang sebenarnya tidak masuk akal.

Jika anda menjadikan bisnis seperti ini sebagai sebuah investasi maka sudah menjadi barang tentu tidak cocok anda pilih. Karena itu tadi sifatnya hanya sementara.

Beberapa usaha yang beberapa waktu lalu sukses karena mengikuti trending yaitu:

  • Bunga gelombang cinta
  • Berburu tokek dengan harga ratusan juta
  • Jualan batu akik
  • Atau berburu benda antik lainnya

Dari contoh jenis bisnis di atas sekilas terdengar sebagai sebuah permaianan bagi orang orang yang memiliki uang banyak. Namun mereka tidak terlalu memikirkan prospek kedepannnya akan seperti apa.

Inilah yang kemudian meracuni masyarakat awam untuk turut serta mencoba membuka usaha seperti ini yang mereka anggap bisa mendatangkan uang dengan mudah dalam waktu singkat, dan ketika pada waktu surut mereka hanya bisa menelan pil pahitnya saja.

Setidaknya sebelum membuka usaha anda cari tahu terlebih dahulu informasi tentang jenis jenis investasi jangka panjang dan jangka pendek supaya pada akhirnya anda tidak terjebak dengan bisnis yang menyesatkan.

#4 Bekerjasama dengan orang yang tidak tepat

Faktor penyebab kegagalan sebuah usaha selanjutnya adalah berbisnis dengan orang yang salah. Ini juga merupakan salah satu penyebab runtuhnya sebuah usaha yang sering terjadi di masyarakat. Bahkan tidak jarang keuntungan yang mereka dapatkan yang seharusnya dibagi dua dibawa kabur oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Ketika anda sudah siap untuk membuka sebuah usaha dan membutuhkan seorang partner maka telusuri terlebih dahulu rekam kerjanya supaya anda tidak tertipu dengan performance mereka

Pastikanlah bahwa ia memiliki pengalaman yang serupa atau bahkan ia adalah orang yang sudah ahli dalam hal bisnis.

Buanglah jauh jauh pikiran anda tentang keahlian yang ia miliki dengan hanya mendengar dari ucapan orang lain, karena belum tentu juga orang yang mengatakannya bisa anda percaya.

#5 Kurang fokus dan terlalu banyak pekerjaan lain

Keberhasilan sebuah bisnis didukung dengan ketekunan dan ke konsistenan anda terhadap sebuah usaha yang dipilihnya. Sikap rajin dan tidak gampang bimbang adalah sebuah pendukung yang sangat penting. Karena bisnis andalah yang akan dipertaruhkan.

Bisnis yang anda jalankan denga asal asalan tidak akan mendatangkan keberkahan namun justru akan merugikan anda.

#6 Mudah menyerah dan takut kembali mencoba

Penyebab kegagalan yang terakhir adalah sifat kerja yang mudah menyerah dan gampang sekali putus asa. Tentu saja sikap seperti ini akan menghancurkan usaha anda.

Kegagalan yang pernah terjadi sebelumnya jadikanlah bahan evaluasi untuk bagkit dan terus menjalankan usaha anda.  Sama halnya dengan bisnis online keberhasilan dan kegagalan merupakan sebuah hal yang sudah biasa.

Simak juga tentang 7 jenis usaha modal kecil yang memiliki prospek menjanjikan serta ulasan menarik lainnya tentang peluang bisnis 2017 yang sangat potensial untuk dijalankan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development