Cara memulai bisnis dengan modal kecil

Cara Tepat Membangun Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Menguntungkan

By: Chabib Azizah

Ingin memulai membangun bisnis atau usaha dengan modal kecil yang menjanjikan dan menguntungkan maka anda harus cerdas dalam melihat pasar yang potensial disekitar anda saja terlebih dahulu.

Atau anda merasa sudah bosan menjadi seorang karyawan, maka solusinya adalah harus bisa mulai berwirausaha sendiri.

Dengan ini anda bisa memperoleh penghasilan yang maksimal tanpa harus repot – repot berangkat pagi pulang sore.

Namun seingkali untuk memulai sebuah bisnis dan usaha, kebanyakan yang masih pemula dipusingkan dengan masalah modal yang minim. Padahal kenyataannya sedikit banyaknya modal bergantung pada jenis usaha yang akan anda kelola.

Sebenarnya dengan modal yang terbatas anda akan tetap bisa mendirikan sebuah usaha, karena banyak sekali pilihan mengenai jenis bisnis dengan modal yang relative kecil namun memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

Strategi memulai bisnis dan usaha dengan ketersediaan modal yang minim

Menjalankan sebuah usaha kecil tidak selalu memberikan hasil yang kecil pula, namun nyatanya sudah banyak terbukti tentang hasil yang di capai pengusaha kecil justru lebih besar dari yang pernah anda bayangkan.

Untuk mencapai sebuah kesuksesan maka anda perlu untuk menerapkan kiat – kiat dalam berwirausaha, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah bisnis sesuai dengan kompetensi yang anda miliki
  • Siapkanlah rencana bagi bisnis anda
  • Menysusun system pengelolaannya secara terstruktur
  • Persiapkanlah strategi pemasaran yang jitu

Selain dengan menerapkan beberapa kiat – kiat tersebut anda juga perlu memilih bisnis yang mudah anda kelola dalam arti tidak memerlukan efort yang besar bagi anda namun bisa memberikan hasil yang menjanjikan.

Jenis – jenis bisnis tersebut diantaranya adalah:

  • Jualan pulsa. Bisa anda kembangkan dengan menjual aksesoris ponsel dan juga perdana.
  • Membuka bisnis kuliner. Dengan menjual berbagai macam jajanan anak, makanan ringan dan lain sebagainya yang harganya relative murah. Pemasarannya bisa anda jual sendiri atau anda titipkan di kedai – kedai dekat rumah.
  • Jualan minuman. Bisa anda mulai dengan menjualnya di rumah atau membuka kedai di tempat – tempat strategi seperti di sekolahan  ataupun di daerah industry.
  • Membuka tempat bimbingan belajar. Pekerjaan ini sangat cocok bagi anda yang memang mempunyai wawasan yang luas.

Kami telah memberikan beberapa contoh tentang bisnis – bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil dan caranya pun bisa terbilang cukup mudah. Namun untuk memulai usaha ini sering kali mereka takut dengan yang namanya gagal, tidak tahu cara memulainya, tidak percaya diri dan sebagainya.

Itu sebenarnya masalah kecil yang muncul pada diri anda  sendiri yang seharusnya bisa anda atasi dengan modal keberanian serta optimis yang tinggi.

Baca juga ulasan mengenai strategi paling efektif untuk mencapai ekonomi yang mapan dan artikel lainnya tentang proses mengajukan pinjaman uang kredit usaha rakyat KUR BRI terbaru 2017.

Dengan adanya hambatan – hambatan tersebut maka anda membutuhkan beberapa solusi untuk mengatasinya dengan cara dianntaranya adalah sebagai berikut:

  • Belajarlah dari orang yang sudah berpegalaman di bidang yang anda maksud. Atau juga bisa anda pelajari sendiri dari sumber yang terpercaya.
  • Anda perlu mengimbanginya dengan pelatihan khusus bagi usaha yang identik ke penciptaan suatu produk. Hal ini diperlukan untuk menambah kreatifitas anda.
  • Pilihlah tempat pemasaran yang cukup strategis, mudah dijangkau dan juga sesuai dengan usaha yang anda jalankan.
  • Pastikanlah usaha yang anda pilih mudah untuk di handle.  .
  • Selalu optimis dan percaya diri untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
  • Pilihlah bisnis yang memiliki prospek ke depan yang lebih baik, janganlah tergiur dengan bisnis yang bersifat musiman.

Ketika menjalankan sebuah usaha pastilah harus ada strateginya di samping itu, hambatan juga akan pasti muncul seiring berjalannya usaha anda.

Namun berbagai bentuk hambatan yang anda hadapi sebenarnya bisa anda antisipasi sedini mungkin sebelum masalah tersebut melebar kemana – mana, sehingga usaha anda akan tetap terus berjalan lancar.

Mempunyai keinginan untuk membuka usaha merupakan pilihan yang baik, namun bila usaha yang ingin anda wujudkan terkendala dengan masalah modal maka dapat anda atasi dengan memilih usaha dengan modal yang kecil.

Jenis usaha yang bermodal kecil ada banyak sekali, namun itu semua dapat anda sesuaikan dengan keuangan yang anda miliki. Bila memang benar – benar tidak memungkinkan maka anda bisa pelajari terlebih dahulu melalui orang yang sudah berpengalaman atau dari sumber yang terpercaya.

Tak hanya itu saja, usaha yang didirikan dengan modal yang kecil haruslah memikirkan strategi, perencanaan, pengelolaan dan managemennya. Sehingga dengan demikian apapun bentuk usaha anda tetap akan bisa sukses dan berhasil dalam jangka panjangnya.

Baca juga tentang 6 contoh kerja dirumah yang bisa menghasilkan uang serta artikel menarik lainnya tentang 5 macam peluang bisnis tahun 2017 dengan prospek menjanjikan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development