Peluang Bisnis UKM bidang kuliner

5 Macam Bisnis UKM Bidang Kuliner Yang Sangat Menjanjikan

By: Liza Fazira

Bisnis dan usaha kecil menengah (UKM)  telah cukup terbukti memiliki prospek yang cukup menjanjikan dan menguntungkan. Bisnis ini bisa dimulai dengan anggaran modal yang kecil, sedangkan pasar yang dapat dijangkau oleh produk hasil UKM biasanya banyak diterima dengan baik oleh dimasyarakat.

Hingga sekarang ini pelaku bisnis UKM adalah penggerak perekonomian di Indonesia yang sudah jelas telah membawa masyarakat pada kesejahteraan dengan cara menghasilkan produk yang begitu mudah diserap oleh konsumen.

Contoh bisnis UKM di bidang usaha kuliner yang berpotensi menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa contoh gagasan bisnis UKM khususnya pada bidang kuliner yang pada dasarnya makanan adalah kebutuhan pokok manusia, sehingga diharapkan akan lebih mudah memperoleh konsumen.

#1 UKM makanan ringan

Usaha makanan ringan atau cemilan tergolong cukup mudah dan bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar.

Kemudian cara pemasarannya juga bisa dibilang sangat mudah karena kita cukup memahami kebiasaan masyarakat yang pada umumnya masih banyak yang menyukai jajanan karena sudah menjadi kesenangan atau hanya sebagai bentuk oleh oleh bagi saudara atau sahabat.

Jika usaha anda masih dalam skala kecil, maka strategi pemasarannya bisa dengan cara menitipkan pada toko ataupun warung dengan system bayar dibelakang sebagai tahap awal mempromosikannya.

#2 Usaha minuman

Bisnis UKM bidang kuliner berikutnya adalah produk jenis minuman. Usaha minuman belakangan ini terbilang cukup laris manis dan banyak diminati oleh masyarakat mulai anak anak, remaja hingga kalangan dewasa.

Banyak kita jumpai di kawasan kota maupun pinggiran terdapat gerai gerai minuman dengan aneka macam nama serta varian produk minuman yang ditawarkan.

Paling umum, pada bisnis UKM jenis ini dimotori oleh para pebisnis waralaba diantaranya seperti contoh berikut ini:

  • Dawet Ayu. Hanya memerlukan modal sekitar 7 juta rupiah untuk dapat bergabung dengan waralabanya.
  • Justmine Pisang Ijo. Membutuhkan modal sekitar 5 jutaan maka bisnis ini siap untuk dijalankan.
  • Super Juice. Bisnis franchise yang satu ini sudah cukup terkenal. Modal kemitraan usaha sebesar 6 hingga 8 juta untuk dapat bergabung bersamanya.
  • Joglos Coffe. Membutuhkan modal sekitar 7 juta rupiah untuk menjalin bisnis kemitraan usaha waralaba minuman yang cukup potensial mendatangkan keuntungan.

Peluang bisnis UKM waralaba ini digadang masih akan menjadi trend dan booming sebagai salah satu peluang bisnis dan usaha di tahun 2017 yang paling menjanjikan.

#3 UKM kuliner warung tenda

Pastinya masyarakat sudah tidak asing lagi dengan tempat kuliner warung tenda. Dimanapun kita akan cukup mudah menjumpai tempat makan murah meriah yang umumnya banyak berdiri di tepi jalanan ini apalagi ketika malam hari.

Saat ini, kuliner warung tenda bukan hanya diminati oleh kalangan masyarakat kelas bawah saja, bahkan sudah biasa bagi seorang artis maupun bos besar juga mampir kewarung tenda karena merasa cocok dengan citarasa sajiannya.

Tertarik untuk merintis usaha kuliner yang satu ini, silakan dibaca artikel yang mengulas lebih rinci mengenai strategi usaha warung tenda beserta perhitungannya.

#4 Bisnis kuliner kreatif

Usaha kuliner bisa dikatakan tidak akan pernah berhenti karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Sehingga tidak aneh jika akan terus bermunculan para pendatang baru yang meluncurkan bisnis kuliner dengan membawa kreatifitas dan ciri khasnya tersendiri.

Pada umumnya masyarakat lebih suka mencoba dan penasaran dengan nama nama makanan yang dibuat unik walaupun sebenarnya tetap merupakan olahan menu kuliner biasa.

Jika anda sering mendapati berita atau liputan tentang kuliner maka tentunya tidak asing lagi dengan sebutan makanan unik berikut ini yang pernah trending sehingga memiliki keuntungan yang cukup luar biasa:

  • Mie Rampok Surabaya. Menyajikan aneka masakan mie dengan citarasa pedas dengan konsep warung yang sangat ekstrem selayaknya disebuah rumah tahanan.
  • Nasi goreng jangkrik. Tempat kuliner yang satu ini populer dengan porsi jumbonya plus level kepedasan yang beragam.

Belajar dari 2 contoh diatas, sebenarnya cukup banyak gagasan lain khususnya pada bidang kuliner yang bisa anda bidik dengan strategi viral merketing.

#5 Bisnis katering

Apabila anda mempunyai keahlian membuat olahan makanan dengan beragam varian kemudian anda mampu untuk melakukan lobi dengan penyelenggara acara, maka banyak kesempatan dan peluang bisnis kuliner khususnya melayani catering patut untuk dicoba.

Pada jenis bisnis UKM bidang kuliner yang ke-5 ini sebaiknya sesuaikan dengan modal serta kapasitas yang sanggup anda kelola. Sebab bisnis catering dalam skala besar seperti pada event atau acara besar lainnya sungguh sangat menggiurkan karena keuntungannya yang sangat luar biasa.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development