Strategi usaha bisnis jajanan oleh oleh

Usaha Niaga: Trik Sukses Menjalankan Bisnis Oleh Oleh Jajanan Khas

By: Chabib Azizah

Akhir akhir ini di kalangan para artis ada salah satu bisnis yang sedang hits yakni bisnis jajanan atau oleh oleh. Mereka berbondong bondong membangun usaha ini diberbagai kota.

Hal ini disebabkan oleh salah satu artis yang lebih dulu melakukannya yakni Teuku Wisnu yang telah membuka bisnis Malang Strudel sejak tahun 2014 bahkan akan tetap menjadi primadona bisnis 2018 nanti.

Beberapa artis lain yang juga turut membuka bisnis serupa adalah:

  • Irwansyah dengan Medan Napoleon
  • Zaskia Sungkar dengan Surabaya Snowcake
  • Laudya Chintya Bella dengan Bandung Makuta
  • Hengky Kurniawan dengan Lampung Banana Foster
  • Glen Alinskie dengan Lamington Pontianak

Bisnis seperti ini bisa dibilang tidak ada matinya apalagi dengan semakin majunya bidang pariwisata di Indonesia.

Strategi bisnis kedai oleh oleh atau jajanan ala para artis

Bahkan jika bisnis ini sampai booming maka keuntungan akan semakin mudah untuk anda dapatkan. Apa anda tertarik? Berikut ini ada beberapa trik yang bisa anda terapkan untuk memulai bisnis oleh oleh.

#1 Gaet publik figur sebagai sarana promosi

Setelah anda memiliki rencana untuk membuka usaha ini dan telah menentukan produk baru yng unik yang akan anda jual, maka langkah selanjutnya adalah dengan menjalin kerjasama dengan orang terkenal untuk mempromosikan usaha anda.

Dengan cara ini maka usaha anda akan semakin cepat dikenal oleh masyarakat. Memang untuk melakukan cara ini membutuhkan anggaran yang besar namun hasil yang akan anda peroleh sebanding.

#2 Menjalin kerjasama dengan pihak travel agent

Travel agent memiliki peran penting bukan hanya dalam mengarahkan wisatawan ke tempat wisata saja melainkan ke outlet atau pun tempat oleh oleh khas daerah.

Cara ini bisa coba anda terapkan demi berkembangnya usaha anda sehingga usaha anda bisa lebih ramai pengunjung.

#3 Tetap mengutamakan ciri khas budaya lokal

Memang membuat produk baru yang beda dari pada yang lain akan terkesan lebih fresh dan kreatif. Namun hal tersebut akan lebih bagus lagi jika anda tidak meninggalkan ciri khas daerah di mana anda membuka toko oleh oleh tersebut.

Hal ini akan lebih diminati masyarakat, karena pada umumnya wisatawan berasal dari luar daerah lebih mencari jajanan khas daerah tersebut ketimbang dengan jajanan lain.

Kami berikan contoh misalnya saja usaha yang dibangun oleh salah satu artis terkenal di Indonesia yakni Teuku Wisnu yang membuka bisnis oleh oleh di Malang.

Ia tetap mempertahankan ciri khas Malang yakni apel, walaupun sebenarnya penjual apel di Malang sudah banyak sekali, ia tetap menjadikan apel sebagai primadonanya.

Yang selanjutnya yakni Hengki Kurniawan yang membuka bisnis oleh oleh dengan nama Lampung Banana Foster.

Ia tetap memegang ciri khas dari daerah tersebut yakni pisang. Ada lagi oleh oleh Lapis Talas sebagai ciri khas dari daerah Bogor.

#4 Mempersiapkan anggaran modal usaha yang memadai

Dalam mendirikan sebuah usaha hal terpenting yang harus dipersiapkan dari awal adalah modal.

Dengan memiliki modal yang minim maka anda akan kesulitan dalam mendirikan usaha yang anda inginkan tersebut. Karena dengan kekurangan tersebut akan menyulitkan anda dalam menambah kapasitas produksi dan alat serta bahan bahan produksi.

Pada umumnya usaha yang dibangun dengan hanya mengandalkan kantong anda sendiri yang notabene cukup minim seringkali menghambat usaha anda dalam mengembangkan usaha.

Ketika ingin mendirikan usaha dan modal yang anda miliki terasa minim maka tidak ada salahnya anda mencari pinjaman modal usaha dari lembaga keuangan atau pun dari teman.

Hal ini tentunya akan sangat membantu anda dalam mendirikan dan mengembangkan bisnis impian anda tersebut.

Namun perlu anda ingat, sebelum melakukan pinjaman anda juga perlu untuk memikirkannya dengan baik baik mengenai kondisi keuangan anda. Lihatlah kedepannya apakah anda mampu untuk mencicil pinjaman tersebut atau tidak.

#5 Ada baiknya konsultasi dengan ahlinya         

Ketika anda memang benar benar telah berniat mendirikan usaha atau bisnis oleh oleh maka tidak ada salahnya jika anda menyewa jasa konsultan.

Karena oleh oleh yang bisa menarik minat masyarakat itu bukanlah dari segi rasanya saja akan tetapi banyak aspek lainnya. Anda perlu juga memperhatikan kemasan dan logo dari produk anda.

Jika anda menginginkan bisnis jajanan dengan jangka panjang maka anda perlu melakukan upaya branding yang baik. Nah, untuk hal yang satu ini tidak sia sia jika anda menyewa jasa konsultasi.

#6 Lokasi usaha dan cara pelayanan yang menarik konsumen

Agar usaha anda ini bisa berjalan lancar dan laku keras maka anda perlu untuk menjualnya di tempat tempat atau lokasi usaha yang strategis.

Nah, untuk bisa mendapatkan tempat ini mungkin anda perlu untuk melakukan sewa tempat.

Ya, walaupun mungkin biayanya cukup mahal anggap saja ini menjadi modal anda. Lokasi yang strategis selain akan menguntungkan anda konsumen pun juga akan semakin dimudahkan tanpa perlu jauh jauh dan bersusah payah mencarinya.

Simak juga ulasan terkait mengenai tips menjalankan usaha kuliner serta artikel menarik lainnya tentang bisnis UKM bidang kuliner yang paling menjanjikan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development