Kerja, bisnis dan usaha sampingan ibu rumah tangga karyawan dan mahasiswa

18 Bisnis & Usaha Sampingan Modal Kecil Ibu Rumah Tangga, Karyawan, Mahasiswa

By: Liza Fazira

Usaha sampingan, bisnis freelance atau kerja paruh waktu yang cocok untuk ibu rumah tangga, karyawan dan mahasiswa dengan modal kecil sebenarnya sangat banyak sekali ragamnya baik yang secara online maupun offline.

Kenapa harus memiliki kerja sampingan hal ini tentunya sudah lumrah karena kebutuhan hidup yang semakin lama akan terus meningkat maka sudah sepantasnya jika berusaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Menciptakan ide bisnis yang bisa dikerjakan sembari menjalankan aktifitas utama tentunya akan identik dengan usaha modal kecil mengingat pekerjaan ini memang bukan sumber pendapatan utama anda saat ini, meskipun tidak menutup kemungkinan dapat berkembang pesat dan menjadi pekerjaan utama nantinya.

Aneka peluang bisnis sampingan dan usaha kecil kecilan di rumah dengan modal minim

Seorang ibu rumah tangga, karyawan maupun anda yang masih menjadi seorang mahasiswa tetap memiliki kesempatan yang sama untuk berkreasi dan berinovasi menciptakan ide bisnis yang menghasilkan.

Apalagi dijaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, maka siapa yang kreatif dan mampu menangkap informasi dengan cepat maka ialah yang layak untuk selangkah lebih maju kedepan.

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha modal kecil yang memiliki potensi dapat memberikan penghasilan lumayan besar:

Bisnis sampingan yang sangat ideal untuk ibu rumah tangga

Kerja sampingan cocok untuk ibu rumah tangga

Pada poin ini kami anggap anda ialah seorang ibu rumah tangga yang tidak memiliki aktifitas atau pekerjaan di luar rumah selain mengurus keluarga, maka beberapa jenis usaha kecil kecilan berikut ini akan lebih cocok untuk anda.

#1 Membuat jajanan dan kue pesanan

Memiliki keahlian menciptakan aneka kue dan jajanan sebaiknya bisa di manfaatkan sebagai keterampilan yang bisa mendatangkan penghasilan.

Cara memasarkannya memang harus tepat misalkan anda menguasai beberapa resep makanan jajanan khas atau cemilan yang dikemas, kemudian di titipkan pada toko atau warung warung.

Selain itu anda juga bisa menerima pesanan kue untuk beragam acara seperti ulang tahun maupun untuk acara pesta lainnya meskipun jangkauan pemasaran masih terbatas untuk orang orang terdekat yang sudah kenal dengan anda.

#2 Melayani katering kecil kecilan

Masih erat kaitannya dengan keahlian memasak, melayani pesanan katering makanan untuk acara maupun untuk konsumsi karyawan kantor dalam jumlah kecil tentunya masih dapat anda kerjakan di samping aktifitas utama mengurus keluarga.

Sudah banyak pebisnis katering dan pelaku usaha kuliner sukses memulai langkahnya dari yang kecil dan pada awalnya hanya menganggap sebagai kerja sampingan di rumah.

#3 Membuka usaha warung kopi

Jika tempat tinggal anda di wilayah padat penduduk, dekat lokasi kos pelajar, karyawan atau sekitar tempat ramai seperti pasar, terminal, pangkalan ojek dll, maka membuka usaha warung kopi memiliki potensi yang bagus sebagai sumber penghasilan tambahan.

Keuntungan warung kopi secara matematis terbilang sangat besar dengan kebutuhan modal usaha yang sangat minim.

Anggap harga secangkir kopi hitam di warung biasa maksimal Rp 3 ribu ini sebenarnya hanya membutuhkan modal sekitar seribu sampai Rp2 ribu saja per cangkirnya. Kalikan saja jika sehari anda bisa menjual 50 cangkir, keuntungan kerja sampingan yang sudah termasuk besar bukan?

#4 Melayani jasa laundry dan setrika

Mencuci dan setrika tentunya bukan pekerjaan baru lagi bagi seorang ibu rumah tangga.

Jika anda memiliki mesin cuci dirumah, tidak ada salahnya apabila menjadikannya sebagai sarana usaha sampingan  dengan menerima jasa laundry dan setrika meskipun hanya melayani tetangga dan masyarakat sekitar saja.

#5 Membuka toko kios pulsa elektrik

Kios pulsa memang sudah banyak sekali bertebaran hampir setiap sudut gang sangat mudah kita jumpai.

Tetapi seiring dengan meningkatnya pengguna seluler maka kebutuhan pulsa juga akan terus meningkat apalagi saat ini banyak yang sudah tergantung dengan internet maka berjualan kuota dan pulsa tetap menjadi peluang bisnis sampingan dengan modal kecil yang menjanjikan.

#6 Jasa penitipan anak (day care)

Hidup diperkotaan yang mayoritas memiliki aktifitas rutin atau pekerjaan diluar rumah khususnya mereka yang sudah menjadi ibu rumah tangga maka dengan terpaksa harus meninggalkan anaknya saat bekerja.

Inilah yang dapat dibidik menjadi sebuah peluang bisnis yaitu jasa penitipan anak yang saat ini sudah banyak sekali dijalankan dan dikelola secara professional dengan istilah jasa daycare.

Untuk anda yang menjadi ibu rumah tangga tanpa aktifitas padat maka dengan menerima jasa penitipan anak tentu dapat memberikan sumber pendapatan tambahan bahkan tanpa modal sama sekali.

Kerja sampingan paling potensial untuk karyawan diluar aktifitas kantor

Sebagai seorang karyawan yang sudah memiliki jam kerja pasti seperti karyawan kantor maupun perusahaan lainnya, maka tidak ada salahnya jika memanfaatkan waktu luang dengan menjalankan kerja sampingan untuk menambah pundi pundi rupiah diluar gaji utama.

Memang sebaiknya side-job ini jangan sampai mengganggu pekerjaan utama karena anda masih terikat dengan perusahaan dan tetap wajib mentaati semua peraturannya.

Kecuali jika bisnis sampingan yang anda geluti ini sudah menunjukkan hasil yang signifikan dan siap untuk dikembangkan, barulah mempersiapkan diri apabila sewaktu waktu ingin resign dari tempat dimana anda bekerja.

Berikut ini adalah 5 contoh side job yang paling memungkinkan untuk dikerjakan oleh seorang karyawan diluar jam kerja utama:

#1 Menjalankan bisnis online dropship dan reseller

Menghasilkan uang bisnis dropship

Usaha modal kecil dibidang online sangat banyak sekali jenisnya dan bisnis dropship ini adalah yang paling mudah serta paling sesuai untuk anda yang berstatus sebagai seorang karyawan.

Kenapa dibilang paling mudah karena dapat anda kerjakan dari mana saja dan kapan saja hanya menggunakan media gadget.

Sistem kerja bisnis dropship ialah anda memasarkan produk tanpa harus memiliki stok produk tersebut.

Dengan catatan anda menjalin kerjasama dengan pihak supplier yang memiliki stok barang dan mereka yang akan mengurus hingga proses pengiriman sampai ke tangan konsumen.

Jadi peran anda hanyalah mencari order dan meneruskan order kepada supplier dengan harga yang sudah anda mark-up sebagai keuntungan penuh untuk anda.

Beberapa media yang paling mudah dan dapat digunakan untuk menjalakan bisnis dropship ialah akun jejaring sosial facebook, Instagram, twitter, Line dan masih banyak lagi.

Sedangkan produk yang paling laris dan cukup potensial dijual secara online melalui sistem dropship diantaranya ialah:

  • Produk fashion anak anak dan wanita
  • Produk kosmetik (kecantikan dan perawatan)
  • Produk herbal dan suplemen kesehatan
  • Aksesoris, perhiasan, dan sourvenir
  • Gadget dan elektronika

Yang paling penting dan sangat menunjang kesuksesan bisnis dropship ialah dapat menjalin kerjasama dengan pihak supplier terpercaya dan proses pengirimannya cepat sehingga konsumen semakin tidak ragu lagi order barang dari anda.

#2 Bisnis endorser bagi anda yang memiliki banyak teman di jejaring sosial media

Peluang Bisnis Baru di Internet

Masih dengan memanfaatkan akun sosmed yang gratisan sehingga bisnis endorser adalah pilihan yang sangat tepat untuk menjalankan usaha sampingan tanpa modal namun cukup menjanjikan.

Pada bisnis ini anda harus membangun popularitas terlebih dahulu di jejaring sosial media bisa twitter, Instagram, maupun facebook sehingga memiliki follower melimpah.

Usahakan semua follower anda aktif dan terjalin interaksi yang baik dengan mereka semua.

Apabila semuanya sudah terpenuhi, bisa mencoba mengubungi beberapa vendor atau produsen yang ingin beriklan melalui akun sosmed anda.

Sekali posting produk biasanya seorang endorser akan di bayar oleh pengiklan selain mendapatkan keuntungan lain yaitu berupa produk gratis yang anda promosikan.

Tampaknya jenis bisnis sampingan yang satu ini lebih cocok bagi para kaum muda mudi yang memiliki banyak follower dan terkenal di sosmed dengan aksi aksi gokil mereka.

Simak juga ulasan terkait mengenai strategi promosi menggunakan instagram serta artikel menarik lainnya tentang cara menghasilkan uang dengan menggunakan gadget.

#3 Melakukan investasi jangka panjang

Menjadi karyawan dengan penghasilan tetap mungkin terasa sangat sulit untuk berkompetisi dan mengejar target.

Untuk itu ada upaya lain yang dapat dilakukan agar mereka bisa memperoleh penghasilan tambahan salah satunya ialah dengan melakukan investasi jangka panjang.

Beberapa instrument investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan dan bisa dilakukan sedikit demi sedikit ialah:

  • Membeli emas dan menyimpannya karena harga emas akan terus meningkat tidak tergerus inflasi.
  • Membeli properti dengan cara kredit. Tanah dan rumah ialah aset yang nilainya akan terus bertambah.

Dari kedua jenis investasi tersebut ialah yang paling direkomendasikan karena bisa dilakukan dengan mencicil tetapi semakin lama nilainya akan terus meningkat.

#4 Menjalani profesi teknisi panggilan (freelance)

Anda seorang karyawan kantor atau perusahaan di bidang industri tentunya memegang sebuah keahlian khusus sesuai dengan aktifitas anda sehari hari.

Kenapa tidak memanfaatkan pengalaman kerja tersebut untuk menambah penghasilan diluar jam kerja utama?

Misalkan saja diperusahaan anda bertugas sebagi seorang teknisi komputer dan jaringan, maka setelah selesai jam kerja rutin anda masih memiliki kesempatan melayani jasa teknisi panggilan.

Promosikan keahlian anda melalui akun sosial media atau dari mulut ke mulut, sehingga bisa di jadikan sebagai kerja sampingan yang akan menambah sumber penghasilan keluarga.

#5 Menjadi  driver gojek atau taksi online disaat waktu luang

Memiliki kendaraan motor atau mobil sendiri dirumah dan anda tinggal di wilayah perkotaan tentu saja cukup potensial untuk menjadikannya peluang usaha sampingan.

Anda bisa mulai online pada jam malam, anggaplah sehabis pulang kerja sampai jam 10 malam bisa mendapatkan 2 hingga 3 orang penumpang, sudah lumayan hasilnya bisa untuk menambah penghasilan.

Terlebih jika kendaraan yang anda pakai untuk operasional gojek atau taksi online ialah sudah milik sendiri, bukan lumayan lagi tetapi memang sangat menguntungkan untuk ditekuni.

Bersambung…

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development