Memilih Jenis Investasi Yang Aman Menjanjikan dan Menguntungkan

7 Jenis Investasi Paling Aman, Menjanjikan dan Sangat Menguntungkan

By: Liza Fazira

Apa saja jenis investasi yang sangat menjanjikan dan menguntungkan serta harus dipastikan aman untuk jangka pendek maupun jangka panjangnya agar modal yang ditanamkan terus menghasilkan profit?

Masih banyak yang beranggapan bahwa berinvestasi merupakan sesuatu yang meragukan sebab tidak sedikit pula yang trauma akibat maraknya berita investasi bodong (penipuan) dan telah memakan banyak korban.

Memilih bentuk investasi yang menjanjikan dan menguntungkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa investasi tetap memiliki resiko yang terkadang cukup sulit untuk diprediksi, belum lagi juga masih banyak orang yang kesulitan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk berinvestasi.

Namun sebaiknya anda telaah lebih jauh bahwasannya hanya dengan investasi maka ini adalah strategi terbaik untuk mendapatkan keuntungan.

Memang diperlukan tekat dan keberanian untuk belajar sambil praktik secara langsung memainkan teknik investasi hingga mampu menghasilkan. Berikut ini adalah 7 jenis investasi yang terbilang paling menjanjikan dan menguntungkan yang patut and coba.

#1 Investasi logam mulia (Emas)

Logam mulia emas adalah salah satu investasi yang bisa dikatakan memiliki tingkat risiko paling rendah.

Harga emas dari waktu ke waktu bisa cenderung stabil bahkan lebih sering meningkat. Menginvestasikan sebagian dari penghasilan dengan belanja emas, baik berupa emas perhiasan ataupun emas batangan sangat cocok dilakukan oleh mereka yang konservatif.

Modal investasi saat pertama memulaipun tidak butuh begitu besar. Dapat memulai dengan belanja emas menyesuaikan dengan budget menurut kemampuan yang ada.

Faktor kelemahannya ada pada keamanan yang harus dengan extra hati hati serta waspada dalam menyimpannya.

#2 Aset tanah atau lahan

Berikutnya berupa aset tanah atau lahan yang merupakan jenis investasi yang sangat menguntungkan.

Harga tanah tidak akan pernah mengalami penurunan dari waktu ke waktu apalagi jika berada pada lokasi yang strategis.

Yang paling penting adalah kejelasan hak milik tanah tersebut sebelum anda memutuskan untk membelinya sebab tidak sedikit orang yang akhirnya tertipu oleh penjual tanah yang sesungguhnya bukan pemilik asli yang sah.

Kemudian mampu menganalisa potensi baik berdasarkan lokasi wilayah maupun tekstur lahannya agar tidak ada kerugian dikemudian hari.

#3 Investasi saham

Saham merupakan tanda hak atau kepemilikan terhadap suatu bentuk badan usaha.

Dalam melakukan investas saham, kita dapat membeli dan kemudian menjualnya kembali berdasarkan perkiraan keuntungan yang akan diperoleh.

Ikut memiliki saham pada sebuah perusahaan artinya anda akan mendapatkan pembagian keuntungan yang populer dengan istilah dividen.

Selain itu, dalam proses jual beli saham, kita bisa mendapatkan capital gain yaitu selisih harga beli dan harga jual saham. Namun, investasi saham harus dilakukan dengan hati-hati karena banyak risiko yang bisa jadi malah menimbulkan kerugian.

Sudah banyak broker atau pialang saham saat ini menyediakan rekening khusus bagi para investor sehingga bisa membuka modal awal Rp 100 ribu. Hal ini sudah ditetapkan oleh pemerintah mengenai besaran jual-beli saham minimum per-lot atau 100 lembar.

Seperti saham dengan likuiditas tinggi sejenis Telkom (TLKM) memiliki harga sekitar Rp 2.700 perlembar. Dengan kata lain, jika ingin membeil satu lot saham TLKM maka anda bisa menyiapkan modal sebesar Rp 270 ribu. Dengan begitu bisa disesuaikan terhadap ketersediaan dana yang anda dimiliki.

#4 Tabungan deposito bank

Deposito adalah produk investasi yang bisa dibilang paling aman atau minim risiko meskipun keuntungannya relative sangat kecil.

Sistem deposito tidak jauh berbeda dengan menabung secara konvensional yaitu menyimpan sejumlah uang tertentu di bank hanya saja untuk tabungan deposito menerapkansistem jangka waktu tertentu sehingga uang yang disimpan tersebut tidak dapat untuk diambil sewaktu-waktu.

#5 Investasi reksadana

Reksadana merupakan usaha pengelolaan dana atau modal yang dikumpulkan dari sejumlah investor kemudian dimanajmenen oleh seseorang yang berkedudukan sebagai manajer investasi.

Modal yang di investasikan oleh manajer investasi akan dijalankan pada beragam instrumen investasi.

Meskipun termasuk dalam jenis nvestasi yang sangat menguntungkan, reksadana memiliki risiko yang cenderung lebih besar.

Dalam memilih investasi reksadana ada dua pilihan yang bisa anda tentukan yaitu:

  • Secara lump sum atau investasi sekaligus.
  • Dengan cara rupiah cost averaging atau investasi berkala.

Keunggulan dari investasi reksa dana secara sekaligus karena bersifat jangka panjang. Dengan begitu, para investor dengan dana besar cukup cocok melakukannya, karena dana yang diinvestasikan bisa mengalami kenaikan.

Namun, berbeda dengan investasi secara berkala. Dengan secara berkala maka bisa dilakukan setoran setiap bulan. Dengan demikian, Anda yang memiliki dana terbatas akan cukup terbantu karena investasi ini.

#6 Membeli obligasi

Pilihan berikutnya adalah menginvestasikan sejumlah dana dalam bentuk obligasi.

Obligasi itu sendiri adalah bentuk perjanjian dari penerbit obligasi yang menyatakan akan membayar kembali pokok utang beserta bunganya pada saat jatuh tempo.

Jadi pengertiannya adalah dalam hal ini investor akan meminjamkan uang kepada penerbit obligasi dalam jangka waktu tertentu yang akan diberikan bunga atas nilai uang yang dipinjamkan.

#7 Aset properti rumah dan bangunan

Sudah tidak diragukan lagi jika jenis investasi yang satu ini juga menjadi tren adalah properti dalam bentuk rumah maupun bangunan gedung lainnya.

Rumah dapat dijadikan sumber penghasilan dengan membangun kemudian menjualnya dengan harga yang akan terus meningkat atau hanya sekedar menyewakannya.

Investasi jenis ini tergolong kategori jangka panjang, karena nilai jualnya yang semakin lama akan terus bertambah.

Kenaikan harga pertahunnya mampu mencapai 15 hingga 20 % dengan kategori apartemen dengan harga Rp 15 juta sampai Rp 20 juta per-meter persegi. Bila diprediksi pertumbuhan harga akan tetap stabil diangka 10 sampai 15 per-tahun.

Kelemahannya, memilih investasi ini membutuhkan modal yang sangat besar mulai dari membangun atau memiliki rumah yang akan menjadi bentuk investasi yang cukup menguntungkan.

Pada wilayah serta lokasi-lokasi tertentu, bangunan rumah dapat menjadi tempat usaha seperti kost atau kontrakan sehingga memicu nilai investasinyaakan jauh lebih tinggi dari sekedar hunian biasa.

Baca juga tentang inspirasi bisnis tahun 2017 yang akan booming dan menjadi trend serta artikel menarik lainnya tentang pinjaman dana tunai proses cepat tanpa jaminan dari bank dan lembaga keuangan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development