Keuntungan deposito syariah

5 Keunggulan Deposito Syariah Dibanding Bank Umum Konvensional

By: Chabib Azizah

Mengetahui beberapa keunggulan deposito syariah dibandingkan dengan bank umum atau konvensional akan memberikan sedikit gambaran bagaimana dana investasi anda nantinya akan memberikan keuntungan.

Kesuksesan yang diraih oleh seseorang memang tak disangka-sangka oleh orang itu sendiri atau oleh orang lain. Untuk itu banyak orang sukses yang bingung untuk menyisihkan penghasilan mereka ditabung atau diinvestasikan.

Untuk itu Bank Syariah mulai menghadirkan dan menawarkan cara menabung dan berinvestasi secara halal. Seiring dengan perkembangan bank syariah, banyak bank-bank negeri maupun bank swasta yang juga memberikan pilihan produk perbankan yang berjalan dengan basis syariah.

Adapun beragam produk perbankan syariah mulai dari  tabungan syariah, KPR syariah, sampai deposito syariah diman untuk deposito ini merupakan satu satunya jenis investasi yang aman.

Untuk itu bank syariah hadir dengan sistem investasi deposito syariah yang aman serta halal. Berikut ini Anda akan kami jelaskan dengan detail apa itu deposito syariah? Dan beserta kengunggulan dari deposito syariah tersebut.

Ketentuan menegani deposito syariah serta keuntungannya

Deposito syariah merupakan salah satu sistem perbankan yang digunakan untuk melakukan investasi bertahap dengan menggunakan sistem syariah.

Jenis investasi tersebut diperuntukan pada nasabah perorangan dan perusahaan dengan memakai akad mudharabah.

Dengan menggunakan akad mudharabah, cara menghitung keuntungan yang diperoleh dari nasabah akan dipakai dengan sistem nisbah atau bagi hasil.

Dalam sistem deposito syariah, nasabah akan menjadi seperti shahibul maal atau pemilik uang dan bank sebagai mudharib atau pengelola dana tersebut.

Disaat anda akan membuka deposito syariah, bank akan menyuruh anda untuk memasukkan akad (atau perjanjian antara si nasabah dan bank), terkait dana yang anda masukkan di bank.

Dalam akad tersebut akan ditentukan mengenai pemilihan instrument investasi dan besar pembagian hasil keuntungan yang akan dilakukan bank tersebut antara nasabah dan bank.

Ada dua cara yang dapat di pilih dalam menentukan instrument investasi, antara lain yaitu mutlaqah serta muqayyadah. Mutlaqah ini nasabah mempersilahkan bank yang menentukan instrument investasi yang akan dipakai untuk memutarkan uang, sementara itu muqayyadah adalah nasabah yang akan memilih instrument investasi yang akan dilakukan oleh bank tersebut.

Dengan menggunakan deposito syariah , anda akan menerima banyak keuntungan yang sudah dipastikan berbeda dengan keuntungan dari deposito konvensional. Dibawah ini keuntungan yang didapatkan dari memakai deposito syariah yang akan anda terima.

#1 Dana dijamin keamanannya

Seperti yang telah ditetapkan oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS), seperti deposito pada umumnya, dana deposito tersebut akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Tingkat keamanan dana anda akan dijamin sepenuhnya oleh LPS jika akan terjadi kebangkrutan bank. Jadi anda tidak perlu cemas tentang nasib dana yang sudah masuk ke dalam bank syariah.

#2 Perhitungan keuntungan dengan sistem bagi hasil

Jumlah perhitungan keuntungan dalam menggunakan sistem deposito syariah merupakan dengan memakai sistem nisbah (bagi hasil).

Beda dengan menggunakan sistem deposito konvensional yang jumlah keuntungannya dihitung dengan jumlah suku bunga yang sudah ditetapkan.

Keuntungan yang dapat anda peroleh dari deposito syariah bisa jadi akan banyak dan juga anda tidak akan merugi, terserah kebijakan dari pihak bank memutar dana tersebut.

Tapi, pembagian hasilnya bisa anda tentukan sendiri dengan memakai akad yang telah ditetapkan bersama dengan bank pada saat pertama pendaftaran deposito.

#3 Hasil dan transaksi yang halal

Anda tidak perlu mencemaskan bagaiman sistem bank memutar dana tersebut dan tata caranya tersebut halal atau tidak hasil dari keuntungan tersebut karena susah sesuai dengan namannya, bank akan memutarkan dana deposito anda dengan hukum syariah.

Simak juga ulasan terkait tentang perbedaan menabung di bank syariah dengan bank umum serta artikel menarik lainnya mengenai pinjaman tanpa jaminan di bank syariah.

#4 Deposito bisa menjadi jaminan finance

Deposito syariah memang sudah tidak dapat diragukan lagi, karena bisa digunakan sebagai jaminan pembiayaan.

Seperti halnya surat berharga, deposito syariah juga dapat digunakan sebagai jaminan ketika anda memerlukan dana untuk sesuatu pembiayaan.

#5 Menghasilkan keuntungan halal

Menghasilkan uang secara halal, tentu sudah menjadi tujuan awal didirikannya bank syariah.

Untuk itu bank syariah sudah menjamin sepenuhnya, sistem berinvestasi secara halal dan sesuai syariah agama islam.

Bagaimana, apakah sudah cukup untuk menjadikan referensi mengenai pilihan investasi deposition syariah? Tentunya bagi anda yang taat dengan hukum syariah sudah jelas tau dimana letak keuntungannya.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development