Alasan penting segera memulai investasi

3 Persoalan Penting Untuk Segera Mulai Investasi dan Tidak Menundanya

By: Liza Fazira

Untuk menjamin kehidupan masa tua anda dan keluarga anda, ada satu hal yang perlu anda lakukan untuk persiapan mulai sekarang yakni dengan melakukan investasi.

Investasi merupakan salah satu upaya yang cukup menguntungkan untuk menjamin kehidupan masa tua anda. Bayangkan saja, dengan melakukan investasi maka uang anda akan bertambah beberapa kali lipat, bahkan nilainya bisa sampai melebihi ekspektasi anda.

Jika pendapatan anda hanya digunakan untuk membeli barang ini dan itu yang sifatnya tidak begitu penting, maka dengan tidak sadar uang anda lambat laun akan habis begitu saja.

Pastinya tidak mendatangkan manfaat dan keuntungan kan. Nah dengan melakukan investasi inilah pendapatan anda akan lebih berguna bahkan jumlahnya bisa bertambah.

Alasan paling penting untuk tidak menunda lagi berinvestasi

Untuk mengawalinya, anda perlu untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan tepat pastinya sesuai dengan alokasinya.

Jika semua telah teralokasikan dengan baik maka anda bisa menginvestasikan pendapatan anda. Sebaiknya lakukanlah investasi secepatnya, guna menghindari kemubadziran uang anda.

Bagi anda yang selalu menunda nunda investasi dengan berbagai macam alasan, berikut ini ada beberapa alasan penting, untuk bisa menghentikan keraguan hati anda untuk memulai investasi.

#1 Inflasi

Inflasi bisa dikatakan sebagai keadaan di mana harga barang mengalami kenaikan secara terus menerus dalam periode tertentu yang dikarenakan mekanisme pasar atau juga bisa karena penurunan nilai uang dalam negeri.

Hal ini akhirnya menyebabkan berbagai macam persoalan di dalam kehidupan masyarakat diantaranya adalah sulitnya untuk memenuhi kebutuhan pokok, yang dikarenakan tingkat inflasi yang terus menerus mengalami kenaikan setiap tahunnya yang tidak diimbangi dengan kenaikan penghasilan masyarakat.

Misalnya saja inflasi yang berdampak pada naiknya harga BBM (Bahan Bakar Minyak) yang hal ini juga mengakibatkan naiknya harga bahan pokok yang tidak diimbangi dengan naiknya tingkat pendapatan masyarakat.

Bukan itu saja kegiatan menabung di bank pun juga turut terpengaruh karena menurunnya nilai mata uang akibat inflasi yang akhirnya menyebabkan masyarakat enggan untuk menabung lagi.

Tujuan utama untuk menambah kekayaan justru membuat keadaan menjadi sebaliknya. Bahkan bunga yang diberikan oleh bank pun tidak bisa mengimbangi penurunan nilai mata uang tersebut. Oleh sebab itu, mengapa investasi sangat disarankan untuk masyarakat? Ya, karena investasi bisa menghindarkan anda dari dampak inflasi.

Simak juga ulasan terkait mengenai panduan memulai bisnis investasi untuk pemula serta artikel menarik lainnya tentang jenis investasi jangka pendek yang paling menguntungkan.

#2 Biaya investasi yang meningkat

Biaya investasi yang mengalami peningkatan ini disebabkan oleh adanya jangka investasi yang lebih pendek.

Misalnya saja anda memulai untuk melakukan investasi di umur 28 tahun hal ini tentunya akan berbeda dengan melakukan investasi pada umur 38 tahun, karena di umur yang lebih muda cicilan yang anda bayar setiap bulannya akan lebih kecil di bandingkan dengan investasi di umur yang relative lebih tua.

Dengan tujuan yang sama yakni untuk mencairkan dana pensiun yaitu pada umur 55 tahun maka uangnya sebesar Rp 5 milyar dengan masa investasi selama 30 tahun maka anda hanya diharuskan membayar sebesar Rp 500.000 setiap bulannya. Namun untuk masa investasi selama 20 tahun anda diharuskan untuk membayar sebesar Rp 1.000.000 setiap bulannya.

Di dalam kasus yang lain peningkatan biaya investasi disebabkan oleh kecukupan dana untuk membeli dua bangunan tempat tinggal (rumah) maka pada 5 tahun kemudian dana tersebut tidak cukup untuk membeli dua rumah dengan tipe, luas dan kriteria yang sama. Inilah akhirnya mendorong anda untuk melakukan investasi sejak dini.

#3 Keuntungan investasi yang semakin rendah

Salah satu bentuk investasi yang sangat populer saat ini adalah menabung dalam bentuk deposito.

Misalkan saja anda memiliki dana sebesar Rp 12.000.000, kemudian anda mendopositkan uang anda dengan bunga sebesar 10% setiap tahunnya, maka tabungan anda akan bertambah menjadi Rp 11.200.000 selama satu tahun.

Namun perlu anda ketahui bahwa jika anda menabung dengan jumlah yang sama dengan jangka waktu yang lebih panjang maka nilai yang akan anda peroleh tentunya juga akan semakin banyak.

Berarti dalam hal ini faktor waktu menjadi sangatlah penting dalam investasi untuk mendapatkan jumlah yang lebih besar atau untuk meningkatkan nilai investasi. Jadi, semakin anda menunda nunda untuk melakukan investasi maka jumlah investasi yang akan anda peroleh pun juga turut mengalami penurunan.

Investasi merupakan salah satu upaya untuk menyetabilkan keuangan anda dalam jangka waktu yang panjang.

Namun anda perlu tahu bahwa investasi itu tidak semudah melakukan arisan. Ada banyak resiko yang bisa menghadang anda, dan sebaiknya anda tidak perlu khawatir.

Anda bisa menghadapi semuanya bila anda paham mengenai system dan aturan dari investasi. Janganlah hanya tergiur dengan adanya keuntungan yang besar, pastikanlah bahwa anda memang benar benar mengenal dengan produk investasi anda.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development