Bisnis Saham Untuk Investor Pemula

Strategi Investasi Menguntungkan: Bisnis Saham Untuk Investor Pemula

By: Chabib Azizah

Belajar bisnis investasi yang menguntungkan untuk seorang pemula ada banyak sekali ragamnya termasuk saham, logam mulia emas, aset properti dan lain sebagainya.

Dibandingkan jika berinvestasi di obligasi atau dengan menyimpan uang di deposito yang notabene memang cukup aman, maka keuntungan bisnis saham jauh lebih besar .

Namun bila anda tidak hati hati dalam berrmain saham maka resiko yang akan anda tanggung juga cukup besar. Jadi sebelum anda melakukannya, maka sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu teknik- tekniknya dan ketahuilah bahwa anda harus siap dengan segala konskuensinya.

Keuntungan didalam berbisnis akan sesuai dengan tingkat resikonya

Prinsip yang kita gunakan selama bermain saham adalah higher risk higher profit atau lower risk lower profit. Kedua prinsip inilah yang harus selalu anda pegang. Jika tidak sesuai hasilnya maka bisa dipastikan cara anda yang keliru.

Jika resiko yang anda hadapi cukup besar namun keuntungan yang anda peroleh kecil, maka anda perlu melakukan evaluasi terhadap strategi yang anda gunakan dalam bermain saham.

Jadi dengan bermain saham artinya anda telah memilih untuk mendapatkan keuntungan yang banyak dari pada hanya dengan menyimpan uang di deposito.

Namun jika pendapatan yang anda peroleh jauh lebih kecil dari bunga deposito berarti cara yang anda gunakan masih perlu dilakukan perbaikan.

Jangan lupa simak juga mengenai langkah sukses memulai bisnis tanpa modal serta ulasan lainnya tentang ragam peluang bisnis 2017 yang cukup menjanjikan.

Cara dan strategi bermain saham bagi seorang pemula

Berikut ini ulasan singkat mengenai beberapa langkah dalam bermain saham bagi anda yang notabene masih sebagai seorang investor pemula.

Rumusan Umum:

#1 Tekat belajar dan berani mengambil resiko

Anda harus cukup mengetahui cara cara yang efektif dan efisien dalam bermain saham jika anda menginginkan keuntungan yang besar.

Jika anda belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hal ini sebaiknya urungkan dulu niat anda untuk bermain saham, lebih baik anda beli reksa dana saja yang kemungkinan resikonya jauh lebih kecil.

Rumusan pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus memiliki niat yang kuat untuk terjun ke dunia investasi khususnya dalam bisnis saham.

#2 Mulai dengan nilai kecil sambil mendalami

Lakukanlah dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu misalnya sebesar Rp 5 juta atau Rp 10 juta supaya bila nantinya gagal anda tidak terlalu kecewa.

Ketika anda sudah merasa enjoy dengan ini dan anda sudah cukup mengetahui tekniknya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal maka anda bisa menambah jumlahnya secara perlahan.

Ketika anda menambah uang investasinya maka ingatlah bahwa uang tersebut bisa habis bahkan gagal, jadi jangan hanya mengingat keuntungannya saja.

Anda tidak pernah tahu kapan suatu peristiwa itu bisa tejadi entah itu peristiwa yang memberikan dampak positif atau negative, yang pasti anda harus tetap mewaspadinya.

Jika tiba tiba terjadi keanjlokan harga dan anda belum sempat untuk keluar dari pasar, maka resikonya akan cukup besar sehingga dana modal investasi yang anda kucurkan tersebut bisa saja habis seketika.

Rumusan Teknis:

Selanjutnya yang juga sangat perlu untuk dipelajari secara matang adalah mengenai rumusan teknis atau prakteknya didalam bisnis saham kami ringkas menjadi 5 poin utama yaitu:

#1 Lihatlah arah dan laju perekonomian nasional

Hal ini penting untuk mengetahui apakah perekonomian sedang mengalami boom atau depressi atau sebagainya.

Jika ekonomi sedang mengalami pertumbuhan dengan laju yang cukup pesat, maka itulah saat yang tepat untuk melakukan investasi.

Sebaliknya jika keadaan menunjukkan penurunan ekonomi maka anda segeralah untuk keluar dari pasar, namun bila anda bisa survive dengan keadaanya maka tetaplah untuk bertahan.

#2 Mengenali industry dan track recordnya

Sebaiknya pilihlah industry yang sudah tidak asing lagi dan anda menyukainya. Pelajarilah sejarahnya dengan cermat dan jangan lupa anda baca pula bagaimana pendapat atau review dari para ahli mengenai industry ini.

Pilihlah industry dengan benar dan selektif sehingga bisa memberikan keuntungan bagi anda.

#3 Lihatlah PE dari saham yang anda pilih

Sebaiknya saham yang anda pilih mempunyai PE yang paling rendah di industry tersebut.

Yang disebut PE di sini adalah ratio antar harga saham per lembar dibagi dengan net income bersih per lembar saham.

Pada dasarnya PE adalah angka relative. Bila besar PE sepuluh maka ini bisa dianggap kecil jika PE yang lain lebih tinggi. Namun untuk sekarang PE 10 bisa dikatakan murah atau mahal walaupun tidak ada teori pastinya.

#4 Kapitalisasi

Sebaiknya pilihlah saham yang memiliki kapitalisasi besar. Dalam hal ini berarti nilai rupiah di pasar saham tersebut cukup tinggi.

Sehingga para penggerak saham tidak memiliki cukup uang untuk menggoreng saham tersebut.

Berarti jika kapitalisasi dijalankan melalui saham yang kecil mereka para investor dapat dengan mudah menggerakkan saham mereka naik turun berdasarkan modal yang dimilikinya.

#5 Perhatikanlah sentiment pasar

Jika PE yang anda miliki rendah namun kapitalisasinya besar, maka anda bisa dengan mudah menjadi penentu naik turunnya saham yang dimilikinya.

Sentiment ini adalah yang paling umum yakni indeks harga saham regional.

Untuk berikutnya yaitu kejadian menarik yang memiliki pengaruh terhadap industry tempat di mana saham kita berada.

Misalkan saja disebabkan karena naiknya komoditas tertentu dan membawa dampak terhadap keuntungan perusahaan tempat saham kita berada.

Sentiment ketiga yaitu angka angak perekonomian secara umum, seperti laju pertumbuhan ekonomi, naik turunnya suku bunga oleh bank, tinggi rendahnhya angka inflasi, angka dari order retail, dan daya beli konsumen.

Itu tadi beberapa panduan singkat bagi para pemula yang ingin mencoba dunia investasi yang paling menguntungkan salah satunya adalah bisnis saham.

Jika anda selalu cermat terhadap tindakan yang anda lakukan, maka kemungkinan anda bisa menghindari segala kerugiannya.

Sebenarnya untuk tips dan strateginya masih banyak lagi namun setelah membaca artikel yang sangat singkat dan terbatas ini kami hanya berharap anda tidak akan menjadi bagian dari para pemain saham pemula yang mengalami kerugian.

Baca juga artikel terkait mengenai beberapa faktor penyebab gagalnya bisnis dan usaha serta ulasan menarik lainnya tentang tips membangun tim kerja yang efektif dan efisien.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar