Strategi Investasi Paling Menguntungkan

4 Strategi Investasi Paling Efektif Untuk Mencapai Kondisi Keuangan Mapan

By: Liza Fazira

Melakukan investasi tetap harus dengan strategi yang tepat agar memiliki kinerja yang efektif sehingga dapat mencapi kesuksesan dalam sisi finansial atau kondisi keuangan yang cukup mapan.

Artinya ketika seseorang telah sampai pada situasi keuangan yang mapan maka mereka akan sangat bebas untuk melakukan apa saja yang di inginkan khsusunya dalam menggunakan uangnya. Selanjutnya aktifitas bekerja sehari hari merupakan sebuah kesenangan dan bukan menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak.

Belajar investasi dengan strategi yang tepat serta hasil yang efektif

Kondisi keuangan yang mapan bisa disebut juga dengan istilah financial freedom yang secara teknis merupakan keadaan di mana pendapatan pasif dan pendapatan investasi telah mampu atau dapat untuk menutupi pengeluaran. Jika menginginkan posisi yang lebih aman lagi, maka pendapatan pasif dan pendapatan investasi sebaiknya harus sama dengan dua kali lipat pengeluaran.

Maka dari itu sangat dibutuhkan strategi yang tepat agar dapat menghasilkan nilai tersebut antara penghasilan pasif dan investasi. Berikut ini adalah tahap yang harus dikerjakan untuk membangun sebuah strategi investasi yang dapat berjalan efektif.

#1 Menentukan tujuan keuangan

Tahap pertama yang harus dilakukan dalam berinvestasi adalah memastikan tujuan keuangan yang akan dikelola. Barulah berikutnya merancang investasi yang paling ideal dan sesuai untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Dapat di umpamakan apabila ingin mencapai suatu tempat sebaiknya sudah jelas tujuannya.

Kemudian diumpamakan lagi tentang transportasi apa yang tepat untuk sampai pada tujuan tersebut. Dan sebaiknya pastikan tujuan yang ingin dicapai masih dalam batas yang wajar atau masuk akal. Demikian pula dengan tujuan mencapai keuangan yang mapan sebaiknya anda yakin dapat mencapainya.

Dalam hal ini akan berbeda untuk setiap orang dalam mencapai batas yang di inginkan sehingga mengukur diri sendiri jauh lebih baik daripada memaksakan untuk dapat mengikuti orang lain.

#2 Buat portofolio investasi

Mendesain portofolio investasi merupakan gabungan dari beragam jenis investasi dengan tingkat porsi tertentu. Membangun portofolio investasi adalah sebuah langkah krusial dalam berinvestasi dengan tujuan untuk meminimalisir resiko serta upaya agar bisa mendapat untung yang besar.

Investasi dapat dengan mudah hancur apabila anda salah dalam tahap membangun portofolio sehingga memicu resiko yang terlalu tinggi untuk menghadapai kondisi saat kurang menguntungkan.

Strategi paling penting dalam upaya membangun investasi yang efektif adalah terletak pada desain portofolio yang baik dengan mempertimbangkan Cashflow dan capital gain.

Capital gain diterapkan agar mencapai tujuan finansial jangka panjang. Namun apabila masih dalam tahap awal berinvestasi, akan lebih baik fokus untuk mendapatkan pendapatan cashflow terlebih dahulu. Barulah apabila pendapatan cashflow cukup maka bisa mulai fokus pada capital gain.

Hasil yang diperoleh dari capital gain dapat dimanfaatkan untuk membeli aset yang nantinya bisa menghasilkan pendapatan pasif. Jika tahap ini telah dijalani dengan baik maka akan semakin mudah seseorang untuk mencapai financial freedom.

#3 Meng-implementasi investasi

Praktek dan penerapan dari portofolio yang sudah matang harus segera dilaksanakan dan jangan berlama menundanya karena kesempatan yang bisa memberikan keuntungan bisa hilang kapan saja.

Sebaiknya mematuhi portofolio investasi yang sebelumnya sudah dibuat dengan tepat bersama ahli atau yang sudah pernah berhasil melakukannya. Jangan pernah ragu kemudian terus mengubah-ubah susunan portofolio investasi sebab hal ini seringkali memicu hasil investasi yang tidak mampu maksimal.

Seringkali seorang investor mudah sekali terpengaruh dengan kabar atau isu terbaru mengenai strategi investasi. Hal ini dapat berakibat pada keraguan sehingga merasa harus membenahi portofolio investasinya menyesuaikan dengan isu yang beredar tanpa peduli dengan resikonya.

Jika memang kabar atau isu tersebut cukup gempar, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah meyakinkan bahwa kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan.

#4 Tinjau dan  Review secara berkala

Implementasi atau penerapan strategi investasi bukanlah sebuah tindakan yang bisa sekali jadi dan tinggal menunggu hasilnya. Akan tetapi untuk perjalanannya banyak pembelajaran yang akan anda peroleh, sehingga pengalaman tersebut akan sangat berharga.

Tinjau ulang tentang investasi yang anda pilih mulai dari portofolio, praktek investasi, hingga hasil yang didapatkan agar dapat dipasstikan berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Dengan melakukan review secara berkala anda secara otomatis akan menemukan kesalahan-kesalahan atau justru hal baru yang bisa dikembangkan menjadi lebih baik untuk mendukung program investasi.

Apapun alasannya, untuk mencapai sukses finansial adalah melakukan investasi. Sedangkan kegiatan investasi bukanlah sesuatu yang dapat dirasakan hasilnya dalam sekejap. Untuk itu serius menjalani proses adalah tindakan paling tepat dalam menciptakan strategi yang paling efektif.

Baca juga info tentang jenis jenis investasi yang paling aman, menjanjikan dan menguntungkan serta artikel menarik lainnya tentang inspirasi bisnis paling menjanjikan di tahun 2017 ini hingga kedepan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development