Peluang bisnis dan usaha menjanjikan di kampung desa

Membuka Bisnis dan Usaha Yang Paling Menjanjikan Di Kampung dan Desa

By: Liza Fazira

Tinggal dikampung atau desa tidak menjadi penghalang bagi yang ingin membuka bisnis karena masih banyak sekali peluang usaha menjanjikan yang layak untuk diterjuni dan dijalankan.

Siapapun yang mampu berinovasi dan kreatif kemudian didukung dengan kerja keras maka akan tetap mudah dalam meraih kesuksesan meskipun anda tinggal di pedesaan.

2 Contoh peluang bisnis dan usaha yang potensial di pedesaan

Kesempatan untuk sukses berbisnis ada dimana saja, berikut ini ialah beberapa contoh usaha yang layak dijalankan di kampung sebagai inspirasi menciptakan peluang bisnis sesuai dengan lingkungan tempat tinggal anda.

#1 Usaha perdagangan (Niaga)

Pada sektor niaga ini dikampung atau desa adalah peluang bisnis yang paling menjanjikan karena banyak sekali obyek yang dapat dijual belikan seperti hasil pertanian ataupun kebutuhan alat dan bahan pertanian itu sendiri.

Untuk jenis dagang toko kelontong mungkin sudah umum dan mereka sudah memiliki pelangan sendiri yang loyal setiap harinya.

Sebenarnya masih ada 2 peluang bisnis di desa yang lebih menggiurkan untuk ditekuni dan cederung lebih minim persaingan diantaranya ialah:

  • Toko pertanian dan peternakan. Tinggal di lingkungan masyarakat yang mayoritas bertani, maka peluang usaha toko yang menjual keperluan bertani dan beternak merupakan strategi niaga yang paling cerdas.
  • Pengepul hasil ternak dan pertanian. Yang kedua ini juga tak kalah menjanjikan karena masyarakat desa tentu akan tergantung pada orang yang akan membeli hasil pertanian mereka.

Minimal anda harus pintar dan menguasai strategi melobi orang agar bisa menjalankan usaha jual beli hasil pertanian yang mana dalam bisnis ini anda akan menjadi pemborong kemudian menjualnya lagi pada pedagang besar di pasar.

Jika ingin menjadi pengepul sebaiknya anda juga memiliki hubungan dengan pedagang besar di pasar kota yang bisa menerima pasokan barang dari anda dalam jumlah besar.

Meskipun mengambil selisih untung sedikit, apabila para petani sudah percaya dengan anda maka nilainya akan sangat besar mengingat hasil panen mereka yang melimpah setiap musimnya.

Simak juga ulasan terkait tentang peluang usaha dagang yang paling menguntungkan serta artikel menarik lainnya mengenai inspirasi bisnis tahun 2018 yang sangat menggiurkan.

#2 Peluang bisnis jasa yang paling menjanjikan di pedesaan

Sepintas memang tidak seperti kehidupan kota yang mayoritas masyarakatnya sudah sibuk dengan aktifitas sehingga banyak sekali yang membutuhkan layanan jasa mulai dari yang sepele hingga yang rumit.

Demikian juga dengan kehidupan masyarakat pedesaan, sebenarnya mereka juga masih sangat tergantung dengan para penyedia jasa untuk dapat menjalankan rutinitasnya.

Apa saja bentuk usaha jasa yang laris dijalankan di daerah kampung dan pedesan diantaranya ialah:

  • Mobil angkut barang. Tetap ada kaitannya dengan pertanian, karena tidak semua orang memiliki armada ini sehingga jasa mobil angkut barang tetap menjadi pilihan paling menggiurkan yang dapat memberikan penghasilan.
  • Traktor sawah. Memiliki modal untuk membeli alat ini jelas akan menjadi lahan bisnis yang menghasilkan sebab juga tidak semua petani berminat memilikinya dan cenderung lebih suka menyewa.
  • Mobil carteran. Meskipun anda tidak membuka usaha rental mobil, namun jika memilikinya kadang kala ada saja orang yang membutuhkan carteran mobil untuk keperluan keluarga.

Secara obyektif apabila anda tinggal di wilayah pedesaan dan ingin membuka usaha maka minimal harus mengetahui apa yang sekiranya masih sangat minim persaingan sehingga anda layak membidik peluang bisnis tersebut menjadi lahan yang menghasilkan.

Terlepas dari bentuk usaha pertanian dan peternakan yang notabene memang sangat identik dengan kehidupan pedesaan, tidak ada salahnya juga apabila anda bisa menemukan bentuk usaha pertanian yang lebih modern dan berbeda dengan masyarakat pada umumnya.

Sebagai contoh saat ini sudah banyak bentuk usaha pertanian dan peternakan yang dapat memberikan hasil lebih baik dari cara bertani konvensional seperti perkebunan sayur organi, budidaya ikan dengan media drum, budidaya cacing dan masih banyak lagi lainnya.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz