Peluang Bisnis Usaha Rental Game Online dan PS 3

Peluang Bisnis: Usaha Rental Game Online dan PS-3 Omzet Menjanjikan

By: Liza Fazira

Peluang bisnis menjanjikan dan sangat menguntungkan dari sebuah usaha rental game online ataupun penyewaan game konsole PlayStation PS3 saat ini terbilang tidak ada matinya.

Mengingat jenis dari permainan ini akan terus update mengikuti perkembangan dari developernya sehingga antusias para pecinta game online maupun console akan selalu bertambah dari ke hari.

Pemandangan ini sudah biasa tampak dari mulai pinggiran hingga pusat kota dimana tempat rental game online dan PS 3 selalu padat ramai dikunjungi para gamer bahkan mereka rela antri untuk bisa memperoleh tempat. Dengan demikian peluang usaha rental game layak untuk dilirik dan dikelola kerena jelas omzetnya sangat menggiurkan.

Perhitungan bisnis dan usaha rental game online dan PlayStation

Walaupun saat ini sudah ada PS4 akan tetapi karena harganya masih terbilang cukup mahal sehingga belum terjangkau jika sandingkan dengan usaha rental PS3 dan unit computer game online.

Namun semua ini tergantung dari adanya modal yang tersedia sebab untuk saat ini rental game masih tetap banyak diminati oleh anak2, remaja bahkan juga orang dewasa sehingga tetap menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2017 hingga kedepannya.

Mengelola bisnis rental game PS3

Untuk memulai usaha rental game PS 3 anda harus memperhitungkan modal keseluruhan untuk pengadaan unit game beserta kelengkapannya. Dengan catatan ini diluar modal pengadaan tempat seperti sewa ruko atau lokasi usaha.

#1 Konsol Playstation 3

Unit konsol PS3 dipasaran saat ini (01/01/2017) rata rata dipatok seharga antara 3 hingga 4 juta rupiah per unitnya.

Harga tersebut bisa beragam tergantung dengan spesifikasi dan ukuran memori nya. Sedangkan dalam setiap pembelian unit konsol PS3 sudah di lengkai dengan joystik dan beberapa game berlisensi original sebagai bonus.

Yang paling perlu diperhatikan adalah jangan membeli perangkat second meskipun dengan harga yang murah sebab beresiko jika sudah terindikasi mengalami YLOD (yelow light of death).

Kondisi ini biasanya lampu indikatornya akan berubah dari yang normalnya hijau justru menyala kekuningan. Jika sudah demikian maka umur perangkat game tersebut tidak akan bertahan lama lagi.

#2 Monitor TV atau LCD

Untuk kebutuhan ini memiliki pilihan yang sangat beragam menyesuaikan dengan budget atau modal anda.

Akan tetapi biasanya pemain game akan lebih betah jika layar monitornya memiliki kualitas gambar yang tajam serta berukuran lebar.

Minimal adalah menggunakan layar monitor berukuran 24 inch hingga rata rata berukuran 32 inch itu sudah cukup membuat pemain game merasa nyaman.

Harga per unit layar monitor jenis LCD kualitas sedang siapkan saja budget berkisar antara 2 hingga 2,5 juta rupiah.

#3 Meja dan Kursi atau model lesehan

Yang paling penting justru meja untuk menempatkan unit PS dan monitor yang notabene juga bisa anda tempatkan pada dinding.

Sedangkan untuk kebutuhan kursi itu juga terbilang relative karena untuk pilihan lain bisa anda pakai model lesehan beralas karpet yang penting pengunjung nyaman dan tidak rishi dengan suasananya.

Untuk pengadaan ini anggaplah per unit game anda menyiapkan modal untuk kursi kayu dan meja kayu sederhana sekitar maksimal Rp 1 juta.

Baiklah sampai disini sudah dapat estimasi mengenai modal untuk satu set perangkat beserta pelengkapnya yaitu:

  • 1 Unit Sony Playstation3 500GB Rp 3,2 juta
  • 1 Unit LCD TV 32 inch “Samsung” Rp 2,2 juta
  • 1 Set Rak TV + Sofa Custom Rp 1 juta
  • TOTAL: Rp 6,4 juta

Potensi omzet dan keuntungan rental game PS3

Untuk saat ini pada umumnya rental persewaan game PS3 dipatok dengan haga Rp 5 ribu perjam. Anggap lah rental game anda operasional 24jam seperti rental game online atau warnet pada umumnya yang selalu penuh pengunjung untuk kawasan perkotaan.

Dalam sehari semalam satu unit game laku atau dipakai pelanggan minimal selama 15 jam maka omzet per unitnya sudah mencapai Rp 75 ribu.

Sehingga dalam sebulan untuk satu set game PS3 anda bisa mengantongi penghasilan sebesar Rp 2,25 juta.

Untuk kebutuhan listrik perbulan setiap unitnya maksimal tidak akan menghabiskan Rp 100 ribu sehingga pendapatan kotor anggaplah perbulan Rp 2 juta setiap satu set PS3 anda.

Jadi dengan penghasilan kotor 2 juta perbulan maka modal akan kembali dalam tempo maksimal 3 bulan kemudian setelahnya adalah murni keuntungan yang sangat menggiurkan.

Belum lagi dengan prospek pendapatan lainnya yaitu anda bisa berjualan makanan ringan dan minuman karena ini sudah menjadi kebutuhan para gamer yang doyan ngemil sambil bermain.

Dan jangan pernah anggap remeh keuntungan dari berjualan makanan ringan atau sekedar kopi karena dengan ramainya rental game anda maka sudah mutlak omzet jualan anda juga ikut meningkat.

Untuk bisa memperoleh omzet yang lebih besar tentunya anda tinggal menggunakan faktor kali saja misal pengadaan sampai 10 unit PS3 jika modalnya tersedia dan menyesuaikan dengan lingkungan apakah pengunjung cukup antusias dengan rental game yang anda kelola.

Sebenarnya ada trik khusus agar usaha bisnis rental game anda laris dan dibanjiri pengunjung yaitu dengan cara diantaranya adalah:

  • Mengadakan lomba antar gamer
  • Jenis permainannya selalu update yang terbaru
  • Berikan harga paket untuk 3jam keatas
  • Usahakan lokasi atau tempat anda nyaman dan aman

Demikian tadi sekilas mengenai tips mengelola bisnis usaha rental game playstation yang merupakan peluang sangat menjanjikan jika lokasi dan budget modal anda mendukung.

Untuk analisa mengenai ulasan peluang bisnis game online akan kami lanjutkan pada posting berikutnya. Simak juga artikel lainnya tentang jenis usaha dengan modal kecil yang menjanjikan serta artikel menarik lainnya mengenai peluang usaha dengan modal sekitar 500 ribu yang menguntungkan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz