Strategi Memulai Bisnis Modal Sedikit

4 Pilihan Cara Membuka Bisnis Dengan Modal Sedikit Yang Menguntungkan

By: Liza Fazira

Pasti kebanyakan orang galau karena ingin membuka usaha dan bisnis namun hanya memiliki modal kecil (sedikit) dan kurang mencukupi. Karena umumnya mind set mereka kalau membuka usaha itu haruslah memiliki modal yang banyak sehingga hal ini yang sering menghancurkan keinginan mereka sebelum mencoba.

Tapi nyatanya berbeda dengan keadaan sekarang dimana terdapat banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuka sebuah usaha walaupun dengan modal yang bisa dikatakan sedikit.

Mereka yang memiliki pemikiran bahwa modal adalah satu satunya faktor yang bisa mendirikan sebuah usaha dengan cara membelikan sesuatu kemudian menjualnya sehingga mendapatkan keuntungan . Padahal besarnya modal tidak menentukan keberhasilan sebuah usaha, akan tetapi banyak faktor faktor lain yang perlu dikolaborasikan sehinggga semuanya bisa berjalan lancar.

Strategi jitu memulai usaha dan bisnis dengan modal sedikit

Bagi anda yang ingin membuka sebuah usaha namun modal yang anda miliki pas –  pasan, berikut ini kami berikan beberapa referensi bisnis yang bisa dibuka dengan modal sedikit.

#1 Bisnis Dropshipper

Bisnis inilah yang saat ini banyak digeluti oleh para remaja. Namun sering kali mereka menyamakan istilah dropshipper dengan reseller.

Kenyataannya keduanya adalah dua hal yang berbeda. Kalau dropshipper itu anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk belanja stok barang namun jika reseller anda diharuskan untuk keluar untuk kemudian bisa dijual. Bagaimana sekarang sudah tahu perbedaannya bukan?

Cara kerjanya yakni cukup dengan mempromosikan produk orang lain untuk mendapatkan pelanggan. Namun hal yang harus anda perhatikan yaitu jangan asal jual barang perhatikanlah pula kualitasnya.

Enaknya dari bisnis ini adalah anda bisa memualainya tanpa harus memiliki stok barangnya dan keluar modal uang.

Jadi sangat praktis dan mudah bukan. Keuntungan yang bisa anda dapatkan pun juga cukup menjanjikan kalau bagi para remaja.

Untuk memperkuat bisnis anda cukup dengan mengoptimalkan pemasaran strategi promosi bisa dengan memanfaatka berbagai jenis media sosial untuk promosi barang.

Walaupun begitu semua usaha pasti ada kekurangannya begitu pun dengan ini. Kepercayaan dari konsumenlah yang paling utama terlebih lagi kepercayaan ini dibangun dari kualitas produk yang anda jual. Semakin bagus kualitasnya maka semakin banyak pula pelanggan anda.

#2 Melakukan Bisnis Konsinyasi

Konsinyasi merupakan cara berbisnis dengan menitipkan produk ke sejumlah toko dengan menggunakan system bagi hasil.

Cara ini memang cocok sekali dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki toko namun punya produk atau barangnya.

Cara seperti ini tidak selamanya lancar lancar saja namun ada juga resikonya. Misalkan saja ketika barang yang anda titipkan itu rusak dan tentunya pemilik toko akan cuek cuek saja dengan keadaan itu, ada lagi pembayaran yang molor dan lain sebainya.

Untuk memperkecil resiko yang akan terjadi maka sebaiknya yang anda lakukan adalah perkuat cara pembukuan anda secara detail dan rinci.

Lakukanlah pengecekkan ke toko yang anda titipi barang. Jika barang yang dititipkan laku dengan cepat maka hal ini akan membuat pemilik toko senang.

#3 Sistem Kerjasama dengan Partner

Jika anda tidak percaya diri untuk menjalankan bisnis sendiri maka sebaiknya adalah anda cari partner yang baik untuk anda ajak kerja sama.

Dengan memilih cara ini anda juga akan terbantu dalam hal permodalan selain itu pengelolaannya pun terbilang lebih mudah karena bisa dilakukan secara bergantian.

Sebaiknya carilah partner yang benar benar memiliki passion di bidang kewirausahaan dan pelajari strategi cara membentuk tim kerja yang efektif.

Jangan asal memilih hanya karena ia adalah teman anda. Selain itu alangkah baiknya jika kerja sama bisnis ini anda tuangkan secara tertulis untuk mengantisipasi adanya konflik di kemudian hari sehingga masing masing pihak lebih nyaman.

#4 Menjalankan Bisnis Dengan Modal Yang Ada

Modal sedikit bukanlah hambatan untuk mendirikan sebuah usaha. akan tetapi yang terpenting adalah anda berani dan percaya diri untuk maju mendirikan usaha.

Dengan keyakinan yang penuh maka peluang untuk berkembang juga semakin terbuka. Tanpa adanya hal itu maka berapapun modal yang anda miliki tetap saja usaha anda tidak akan terwujud.

Jika setelah beberapa bulan berjalan dan menunjukkan prospek yang baik terhadap usaha anda maka tidak ada salahnya jika anda mulai mengajukan kredit ke bank untuk pengembangan usaha anda.

Tidak perlu takut untuk mengajukan kredit karena saat ini pihak bank telah banyak menawarkan produk produk pinjaman uang seperti kredit usaha rakyat KUR BRI.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development