Peluang Usaha dan Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil

Peluang Usaha dan Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

By: Chabib Azizah

Memulai bisnis kuliner atau usaha makanan yang menjanjikan dengan modal kecil bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan apabila anda mampu menganalisa pasar dengan lebih cermat.

Selama manusia masih ada di bumi ini maka bisnis tersebut tidak akan ada matinya karena manusia senantiasa membutuhkan makanan dan minimuman untuk kehidupan sehari harinya.

Ada banyak jenis usaha makanan dan minimuman yang bisa anda pilih diantaranya adalah kedai, warung atau warteg, minimarket, supermarket atau bahkan pedagang asongan. Atau juga bisa bergabung dengan usaha frenchise yang saat ini sedang menjadi trend karena keuntungannya yang menggiurkan.

Tips merencanakan dan strategi menjalankan bisnis kuliner

Apapun usaha yang anda jalankan pastikan anda bisa konsisten untuk menjalankannya, jangan hanya mengikuti segala sesuatu yang sedang menjadi trend saja, karena justru usaha yang seperti ini akan cepat mati. Bisnis seperti ini biasanya disebut dengan bisnis musiman.

Untuk memulai usaha kuliner anda tidak perlu bersusah payah dengan mengumpulkan modal yang banyak meskipun alangkah baiknya bila modal yang tersedia bisa atau mampu untuk mencukupi usaha yang akan anda dirikan.

Apabila modal tetap menjadi kendala, mungkin memang diperlukan sedikit spekulasi untuk melangkah lebih berani dengan mencoba mencari pinjaman uang modal usaha.

Jangan terpaku harus memiliki modal yang besar, akan lebih penting jika anda memiliki skill atau keahlian untuk memasak makanan apapun yang bisa untuk dijajakan, maka segeralah memulai bisnis kuliner yang akan anda jalankan.

Tidak perlu ragu untuk memulainya, anda bisa mencoba dengan membuat sedikit kemudian mulai anda pasarkan dengan menitipkannya di kedai atau warung warung di sekitar anda. Bila peminatnya banyak maka anda perlu melanjutkan bisnis ini dengan menambah kapasitas produksinya.

Kebutuhan bahan bahan makanannya akan lebih murah jika dibeli secara grosir untuk menekan modal awalnya.

Begitu pula dengan peralatan memasak yang dibutuhkan, anda bisa memanfaatkan perkakas yang sudah anda miliki, atau bisa juga dengan menyewa milik teman atau kerabat jika memang diperlukan karena jelas ini juga bagian dari tekad anda dalam memulai karir bisnis anda.

Beberapa contoh jenis usaha makanan atau bisnis kuliner yang menjanjikan

Adapun beberapa contoh bisnis kuliner yang bisa anda lakukan dengan modal yang relative kecil namun cukup potensial bisa menghasilkan keuntungan yang besar diantaranya adalah sebagai berikut:

#1 Jajanan tradisional

Banyak sekali jenis makanan yang ada di Indonesia, bahkan untuk kuliner khas daerahpun ada ratusan ragamnya.

Misalnya di Jawa sendiri ada makanan seperti kue putu, wingko, dodol, tahu gejrot, ketan bakar, kue cubit dan masih banyak lagi. Nah, dari ini anda bisa jadikan inspirasi untuk membuat bisnis jajanan tradisional untuk dipasarkan dengan cara lebih modern.

#2 Jajanan anak

Memang jajanan anak tidak jauh beda dengan jajanan tradisional namun biasanya memiliki sedikit varian yang lebih modern.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjajakannya di sekolah sekolah bisa juga dengan keliling komplek atau kampung.

Contoh jajanannya seperti donat, sosis, roti bakar, nugget, martabak dan lain  lain adalah jenis makanan yang cenderung disukai oleh anak anak dan harganyapun relative murah sesuai dengan uang saku mereka.

#3 Berbagai macam jus

Demikian juga dengan sajian kuliner jenis minuman seperti aneka jus, memulai usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Apabila anda bisa menemukan lokasi usaha yang strategis seperti di sekitar sekolah atau disekitar tempat keramaian, maka peluang bisnis kuliner yang satu ini juga sangat menjanjikan.

#4 Kue-kue kering

Ada lagi jenis kue kue kering yang bisa anda jajakan dengan menitipkannya di warung warung atau kios kios terdekat sebagai langkah pemasaran untuk tahap awalnya.

Sehingga anda tidak perlu lagi menyewa tempat untuk berjualan sendiri ketika masih belum memiliki modal yang cukup saat masih mulai merintis usaha kuliner anda .

Beberapa contoh usaha makanan ringan di atas adalah peluang bisnis kecil yang dapat dibangun dengan persiapan modal usaha sangat minim namun cukup potensial dan menguntungkan. Dan jenis usaha kuliner ini merupakan salah satu peluang bisnis 2017 yang memiliki prospek menjanjikan.

Yang paling penting adalah bisa membuat produknya terlebih dahulu dirumah dan cara memasarkannya juga bisa dengan menitipkan pada toko dan warung sebelum anda mampu menyewa atau memiliki kios sendiri.

Peluang bisnis kuliner lainnya yang tak kalah menguntungkan untuk dijalankan

Selain jenis usaha kuliner makanan ringan seperti di atas, ada pula jenis usaha kuliner lain yang masih termasuk bisnis kecil dan sangat layak untuk dijadikan sebagai usaha rumahan karena terbukti sangat menghasilkan.

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis kuliner lainnya yang bisa menjadi referensi untuk anda memulai usaha kecil yang menguntungkan bagi anda:

  1. Angkringan

Kebiasaan masyarakat Indonesia adalah senang menghabiskan waktu bersama orang orang terdekatnya yakni seperti keluarga dan teman kemudian berkumpul di tempat tongkrongan mereka.

Selama masih ada makanan yang murah meriah seperti nasi bantingan atau nasi bungkus, tempe tahu, ikan asin maka mereka akan senantiasa mengerubunginya. Rela antri demi mendapatkan makanan yang mereka inginkan selain murah meriah, kebersamaan itu juga yang membuat citarasanya berbeda.

  1. Bisnis katering

Usaha catering adalah bisnis kuliner yang mengharuskan anda menguasai beragam varian makanan untuk berbagai macam acara seperti halnya acara pernikahan, aqiqah, ulang tahun, selamatan, rapat, upacara tradisional dan lain lain. Intinya anda harus siap kapan saja ketika ada orderan.

  1. Bisnis makanan sehat khusus

Akhir akhir ini masyarakat Indonesia di pusingkan dengan banyaknya orang yang menderita  penyakit seperti darah tinggi, diabetes dan bahkan strok yang menyerang siapa saja tanpa memandang tua atau muda.

Bukan hanya  itu saja akan tetapi banyak orang yang melakukan diet dengan ketat bahkan rela untuk mengurangi makan secara ekstrem. Sehingga dengan adanya ide usaha makanan sehat, tentu menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Semua jenis usaha kuliner yang telah disebutkan di atas adalah termasuk dalam kategori bisnis dengan modal yang kecil. Problemnya sekarang adalah anda mau bertekat memulainya atau tidak.

Kemudian apasaja faktor pendukung yang perlu dipersiapkan dengan matang untuk menunjang kesuksesan bisnis kuliner tersebut, maka beberapa poin berikut ini perlu untuk anda camkan diantaranya adalah:

  • Konsisten dalam menciptakan citarasa. Orang orang akan sangat sensitive dengan rasa karena jika dilakukan perubahan sedikit saja, tentu mereka bisa tidak suka lagi atau bahkan yang paling ekstrem mereka akan lari dari usaha anda dan pindah ke yang lain.
  • Buatlah kemasan yang menarik pelanggan serta perhatikan keprofessionalan dalam  pembuatannya.
  • Tentukan tempat yang strategis untuk berjualan sesuai dengan jenis usaha yang anda jalankan.
  • Pilihlah supplier yang berkualitas untuk menyediakan kebutuhan usaha anda.
  • Selalu kreatif dan berinovasilah terhadap usaha anda untuk membedakanyan dengan pesaing yang lain.

Membuka sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi jika anda masih berstatus sebagai pebisnis pemula.

Anda akan seringkali mengalami goncangan dan bila anda tidak tahan dengan beragam rintangan tersebut maka usaha anda akan terancam. Yang terpenting sekarang adalah anda mampu mencari celah dan selalu asah keahlian anda supaya lebih professional dan matang untuk kedepannya.

Baca juga ulasan yang masih terkait mengenai jenis bisnis UKM bidang kuliner yang sedang trend serta artikel menarik lainnya tentang peluang bisnis dan usaha menggiurkan dengan modal 10 jutaan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz