Peluang bisnis dan usaha modal 10 jutaan

Peluang Bisnis dan Usaha Dengan Modal 10 Jutaan Yang Menjanjikan Keuntungan

By: Liza Fazira

Dengan modal sekitar 10 jutaan masih banyak peluang bisnis dan usaha yang dapat dilakukan jika kita cermat dan mampu menganalisa apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

Melirik bisnis UKM sebagai salah satu cara memulai usaha adalah langkah yang tepat ketika persoalan terbatasnya modal menjadi bagian paling mendasar.

Untuk mendapatkan modal pinjaman sebesar Rp 10 juta caranya relative cukup mudah, anda cukup mengajukan pinjaman dan memberikan jaminam surat – surat berharga yang anda miliki seperti BPKB maupun mencoba mengajukan kredit tanpa agunan kepada bank.

Ada beberapa kategori bidang usaha dengan modal 10 jutaan diantaranya:

  • Usaha kecil bidang kuliner
  • Fashion
  • Bisnis Jasa

3 Contoh peluang usaha dan bisnis UKM dengan modal 10 jutaan

Berikut ini kami ulas beberapa contoh ide usaha beserta sketsa perhitungan modalnya yang notabene hanya memerlukan budget sekitar Rp 10 juta saja diantaranya sebagai berikut:

#1 Peluang usaha kecil di bidang kuliner

Usaha di bidang kuliner sebenarnya jika kita rinci jenisnya masih banyak lagi. Untuk itu kami berikan beberapa contoh saja antara lain adalah:

  • Katering
  • Kedai jajanan dan minuman
  • Resto kecil atau depot
  • Warung

Untuk membuka usaha tersebut haruslah didukung dengan faktor – faktor yang lain seperti target konsumen, lokasi yang strategis adanya modal berupa materi maupun mental.

Salah satu contoh yang bisa kita ambil mengenai usaha kuliner yang bisa dimulai dengan modal Rp 10 jutaan yaitu kedai jajanan dan minuman.

Untuk membuka sebuah kedai jajanan dan minuman satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lokasi yang strategis dan memungkinkan konsumen mudah untuk mencapainya.

Bila anda memiliki lahan sendiri untuk membuka sebuah usaha maka hal ini bisa menekan modal yang telah disediakan. Sehingga anda tidak perlu memikirkan biaya sewa sarana prasarana mahal seperti jika kita berjualan di kawasan pasar maupun sekitar mall.

Jadi alternative pilihannya adalah berlokasi di skitar sekolah – sekolah, desa ataupun kampung yang sudah padat penduduk.

Anda cukup memanfaatkan lokasi yang tidak terlalu luas bahkan hanya berukuran 4×5 meter dengan bangunan semi permanen sudah bisa anda gunakan untuk berwirausaha. Usaha kuliner yang bisa anda kelola seperti:

  • Kedai minum Kopi, STMJ dan aneka cemilan
  • Kios oleh – oleh maupun makanan khas

Simak selengkapnya pada artikel tentang 5 jenis bisnis UKM dibidang kuliner lainnya.

#2 Peluang usaha kecil bidang fashion

Untuk pilihan berikutnya peluang bisnis dengan modal sebesar 10 juta maka anda bisa memulai bisnis fashion melalui jalur online contohnya sistem dropshiping, hal ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda karena bisa menekan biaya sewa tempat dan pengadaan stock barang.

Modal yang telah tersedia bisa anda manfaatkan secara maksimal untuk membangun sarana lainnya sedangkan untuk pemasarannyapun anda tidak perlu mengeluarkan biaya jika menggunakan akun sosial media karena gratis.

Untuk dapat memulai sebuah bisnis toko online anda bisa membangun olshop sendiri atau juga memanfaatkan situs – situs marketplace yang sudah ada seperti Olx, Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, Elevenia dan masih banyak lagi.

Salah satu contohnya adalah produk jilbab dan pakaian busana muslim yang paling laris dipasarkan secara online dan saat ini tengah menjadi trending bukan saja di kalangan remaja bahkan orang – orang yang sudah menikah pun juga banyak meminati produk ini.

Kenapa kita memilih produk kerudung, karena harga kerudung cenderung murah sehingga dengan persiapan modal Rp 10 juta saja anda bisa menyediakan stok yang banyak bahkan untuk produk yang lainnya.

Cara pengadaan produk fashion bisa kita lakukan dengan datang langsung ke konveksi atau bisa juga menjadi reseller. Alternative – alternative ini bisa anda pilih tergantung cara mana yang memberikan kemudahan bagi anda.

Baca juga strategi pemasaran secara online menggunakan akun instagram yang paling efektif bisa menghasilkan.

#3 Peluang usaha jasa dengan modal kecil

Mengingat terbatasnya modal usaha, maka memaksimalkan aset yang ada adalah pilihan terbaik untuk memulai usaha seperti membuka usaha jasa dirumah sendiri.

Jenis usaha seperti ini yang biasa disebut dengan usaha rumahan karena tidak memerlukan lokasi atau tempat usaha yang besar dan dapat dikelola bersama – sama dengan anggota keluarga.

Usaha Jasa Laundry

Untuk membuka usaha laundry sarana dan prasarana yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • Peralatan cuci atau mesin cuci
  • Biaya listrik dan air
  • Sabun cuci
  • Setrika
  • Pewangi

Dengan modal kisaran 10 juta kami rasa akan mencukupi untuk membuka usaha seperti ini. Selain mudah, usaha ini akan sangat menjanjikan keuntungan yang relative besar apalagi jika anda tinggal di wilayah perkotaan.

Untuk peralatan utama cukup pilihlah mesin cuci dengan kisaran harga 4 – 6 juta sehingga anda masih memiliki sisa modal untuk menyediakan peralatan yang lain yang masih diperlukan.

Usaha Jasa Cuci Motor

Peralatan utama yang perlu anda persiapkan untuk memulai usaha ini diantaranya adalah:

  • Waterjet
  • Sabun cuci motor
  • Biaya listrik dan air
  • Kanebo
  • Sikat dan spons

Ini merupakan salah satu kategori usaha kecil bahkan dengan persiapan modal Rp 10 juta tentunya masih bisa anda mulai dengan dukungan prasarana yang telah ada seperti memanfaatkan lokasi teras rumah atau tepi jalan sekitar tempat tinggal anda.

Baca juga artikel lainnya tentang 7 jenis peluang usaha dengan modal sekitar 500 ribu saja serta ulasan menarik lainnya tentang inspirasi bisnis 2017 yang akan menjadi trending dan booming.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development