Strategi membangun bisnis usaha sendiri

Ingin Membangun Bisnis Sendiri, Berikut 5 Strategi Jitu Untuk Melaksanakannya

By: Liza Fazira

Bagaimana agar seseorang bisa membangun bisnis sendiri hingga mencapai sukses, adakah strategi atau tips jitu untuk melaksanakannya?

Ketika anda memiliki usaha sendiri pasti rasanya sangat menyenangkan bukan, namun untuk mewujudkan impian itu rasa rasanya sulit sekali apalagi ketika sebelum melangkah sudah terbayang dengan kegagalan yang kapan saja bisa terjadi.

Sebenarnya jika anda memahami, untuk menjadi seorang wirausaha itu tidak sesulit yang dipikirkan kok, hanya saja anda perlu tahu strateginya dan pandai melihat peluang usaha, maka bukan tidak mungkin anda akan menjadi seorang wirausaha yang sukses.

Satu lagi ketika ingin mendirikan usaha itu jangan terlalu ambisius ya, karena jika suatu saat usaha anda bermasalah maka anda tidak terlalu kecewa karena persoalan apasaja biasa muncul di dalam sebuah usaha.

Kiat agar bisa sukses membangun bisnis sendiri dengan 5 strategi

Untuk memulai usaha itu ada beberapa langkah menurut Andi Chairman of Ideoworks yang perlu anda ketahui. Simak ulasannya berikut ini:

1 Mulai dari hal simple terlebih dahulu

Ketika ingin mendirikan usaha pasti masalah yang sering kali muncul adalah ingin menjual produk apa.

Jangan terlalu pusing pusing memikirkan masalah ini. Cobalah mulai dari lingkungan anda sendiri dan tidak perlu terburu buru untuk membidik pasar yang luas.

Anda bisa mencobanya dengan  menjual barang kebutuhan sehari hari. Mulailah dari hal hal yang paling sederhana dulu.

Karena sudah banyak contoh dari ide yang sederhana pun bisa menjadi hasil yang luar biasa dan membawa anda kepada kesuksesan.

Satu lagi yang perlu anda ketahui yaitu pola pikir seorang wanita dan laki laki itu sangatlah jauh berbeda.

Biasanya wanita itu lebih memilih ide ide yang simple dan mudah untuk dijalankan namun berbeda dengan laki laki yang mana mereka lebih memilih produk yang aneh, unik dan rumit supaya bisa menarik minat konsumen.

2 Diferensiasi (keaneka ragaman) produk

Sebelum anda memutuskan untuk mendirikan sebuah usaha maka sebaiknya anda sudah memutuskan produk apa yang akan anda jual.

Usahakan sebisa mungkin untuk memilih produk yang berbeda dari pada yang lain supaya masyarakat lebih tertarik dengan usaha anda.

Tapi pikirkan juga bahwa produk yang anda jual tersebut memiliki prospek yang bagus kedepannya. Supaya usaha anda tidak menjadi usaha musiman dan tetap eksis dalam setiap tahunnya.

Kemaslah produk anda dalam wadah yang cantik dan bisa menarik konsumen. Dan berikanlah nama yang seunik dan sekreatif mungkin.

3 Promosi dan pemasaran

Kegiatan promosi dan pemasaran adalah salah satu cara untuk menarik konsumen dan memperkenalkan produk anda.

Walaupun demikian anda tidak boleh menjelek jelekkan usaha orang lain dengan cara ini. Anda harus tetap memperhatikan etika dalam berniaga. Karena ketika anda menggunakan cara yang buruk dalam berusaha maka hasilnya pun juga tidak akan membawa berkah bagi anda.

Anda juga tidak perlu berlebihan dalam melakukan promsi misalnya saja dengan menggunakan spanduk, flyer, baliho atau segala macam.

Cara ini tidak cukup efektif untuk berdagang karena di masa sekarang semuanya itu serba teknologi sehingga alat alat seperti itu sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi.

Toh, sekarang sudah ada media sosial, anda bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin selain itu dengan menggunkan sarana gratisan ini anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak dana. Cukup simple bukan?.

4 Jangan habiskan uang untuk interior

Andi Chairman of Ideoworks telah mengungkapkan bahwa biaya besar dalam mendirikan sebuah usaha itu adalah untuk membangun kedai dan menghias interiornya.

Mungkin hal seperti ini sudah lazim ya, karena setipa konsumen itu pasti yang pertama mereka lihat adalah tempatnya.

Jika tempatnya indah dan nyaman maka mereka akan sangat betah untuk berlama lama di sana. Bahkan bisa menjadi rumah kedua mereka. Kapan pun selalu nongkrong di sana. Dan menghabiskan waktu bersama teman teman dan keluarga juga di sana.

Tidak heran jika para pengusaha selalu memperhatikan desain interior tokonya. Dan karena ini pulalah dana mereka habis hanya untuk mempercantik tokonya.

Berusahalah untuk sekreatif mungkin dalam menghias toko anda. Berikanlah tema yang lain dari pada yang lain.

5 Beri opsi pembayaran yang lebih mudah

Kebanyakan orang orang saat ini lebih suka berbelanja menggunakan kartu kredit atau kartu debit dari pada uang cash.

Maka sebagai seorang pengusaha yang pandai membaca peluang maka anda perlu memberikan opsi pembayaran yang diinginkan oleh konsumen.

Hal ini sangat penting anda perhatikan demi kesuksesan usaha anda kedepannya. Jangan sampai konsumen batal mebeli hanya karena mereka tidak cukup membawa uang tunai.

Leave a Reply

2 Comments on "Ingin Membangun Bisnis Sendiri, Berikut 5 Strategi Jitu Untuk Melaksanakannya"

avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Free Domain Search
Guest

Menurut saya, yang paling penting dlm berbisnis itu membangun kepercayaan klien, dan menjaganya dengan cara menjaga kualitas produk dan pelayanan yang ramah. Banyak pebisnis yang tidek memperhatikan ini, akibatnya mereka kehilangan pelanggan.

Terimakasih buat info dan tips nya.

Gian

Alfin Auzikri
Guest

Nah yg sering susah promosi dan pemasaran. ane belom dalem ilmunya om

wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development