Keuntungan dan keunggulan menjalankan usaha waralaba

5+ Keuntungan dan Keunggulan Memulai Bisnis Waralaba atau Franchise

By: Chabib Azizah

Seiring berjalannya waktu, bisnis franchise atau waralaba mulai dilirik oleh banyak orang karena memberikan keuntungan dari kerjasama antara pemilik produk dengan investor atau pemilik modal.

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, waralaba atau franchise adalah sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan franchisor (pewaralaba) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu dan area tertentu.

Mekanisme menjalankan bisnis dan usaha waralaba beserta keunggulannya

Dalam bisnis ini, ada 2 pihak yang terlibat yaitu franchisor (pewaralaba) sebagai pihak yang memiliki, menyewakan, ataupun menjual merek dan sebuah sistem.

Sedangkan franchisee (terwaralaba) sebagai pihak yang membeli merek dan sistem bisnis dari pewaralaba dengan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati bersama. Dengan membeli bisnis waralaba ini, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan antara lain :

#1 Dapat memulai bisnis dengan lebih cepat

Bagi anda yang masih bingung bagaimana memulai sebuah bisnis karena belum pernah terjun secara langusng dalam perintisan usaha, dengan memilih bisnis waralaba Anda tak perlu repot-repot membuat proposal bisnis dan strategi marketing.

Dari segi perencanaan, bisnis waralaba ini relatif singkat, Anda hanya perlu menjalankan sistem yang telah dijalankan pihak pewaralaba.

Biasanya, Anda hanya perlu menyiapkan tempat, dan semua kebutuhan bisnis termasuk promosi akan disediakan langsung oleh pihak pewaralaba. Anda hanya berfokus kepada penjualan dan pencapaian target pribadi.

#2 Bekerjasama dengan partner yang telah profesional

Mencari partner kerja yang professional dalam usaha yang akan kita jalankan tidaklah mudah, memerlukan waktu dan usaha dalam mendapatkan seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami.

Sehingga dengan memiliki usaha dengan sistim waralaba ini secara langsung pada saat anda memutuskan mendaftarkan diri dan membeli usaha ini, anda dengan pemilik merek yang notabene professional sudah menjalin suatu kerjasama dan menjadi partner.

Dengan memiliki partner yang professional, Anda tidak perlu lagi bingung dalam menjalankan bisnis. Pihak pewaralaba akan selalu siap mendukung bisnis Anda dan memberikan berbagai fasilitas yang Anda butuhkan. Hal ini tentu demi perkembangan bisnis Anda maupun partner (pewaralaba) Anda.

#3 Tidak perlu lagi membangun brand atau merek

Umumnya usaha waralaba ini sudah memiliki branding, karena dalam pemasarannya dalam waktu yang cepat sebelum berjalan sudah memiliki strategi promosi.

Anda sebagai pihak yang mengambil bisnis ini tidak perlu khawatir memikirkan bagaimana cara agar masyarakat mengenal produk anda.

Hanya saja karena banyak bisnis waralaba yang menjamur saat inim sebaiknya anda cari tahu terlebih dahulu mana yang terbaik dan memiliki respon positif dalam masyarakat.

Simak juga ulasan terkait mengenai 10 macam usaha waralaba makanan dan minuman paling laris serta artikel menarik lainnya tentang beragam jenis usaha dagang paling laku dan laris saat ini.

#4 Sudah memiliki media promosi gratis

Bisnis biasa selalu pada awalnya diperlukan promosi dimana memakan biaya yang tidak cukup sedikit serta strategi-strategi tertentu baik ofline maupun online.

Keuntungan mengambil bisnis franchises, anda tidak perlu memikirkan promosinya karena pihak pewaralaba pasti telah memikirkan strategi yang tepat untuk mempromosikan bisnisnya dan anda juga bisa mendapatkan media iklan secara gratis.

#5 Pelaksanaan usaha yang terbilang mudah

Pihak pewaralaba sangat menginginkan Anda berhasil dan mendapatkan keuntungan yang banyak dengan memberikan dukungan berupa sistem manajemen yang sudah teruji sehingga memudahkan menjalankan bisnis waralaba ini. Sistim manajemen ini seperti format laporan keuangan yang mudah.

Dengan laporan keuangan, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan, laba-rugi bisnis, hingga arus kas masuk dan keluar. Anda bisa menggunakan software akuntansi online yang membantu Anda mengelola keuangan bisnis dan membantu menyiapkan laporan keuangan bisnis secara instan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz