Aktivitas dan tugas pokok manajemen keuangan

2 Macam Aktivitas dan Tugas Pokok Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan

By: Chabib Azizah

Manajemen keuangan dalam perusahaan memiliki tugas pokok dan aktivitas yang sangat penting dan hal ini bertujuan untuk pencapaian target yang lebih baik dari kondisi sebelumnya.

Definisi dari manajemen keuangan merupakan sebuah kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan aset milik perusahaan meliputi strategi mendapatkan dana hingga penggunaannya untuk tujuan perusahaan dalam periode waktu yang sudah ditentukan.

Dengan penentuan target ini tentu akan memudahkan penggunaan operasional keuangan yang dimiliki supaya dapat bersaing dengan perusahaan lain serta mencapai prestasi pertumbuhan perusahaan kearah yang lebih optimal.

Beberapa aktivitas manajemen keuangan yang harus dilaksanakan agar dapat menjalankan tugasnya secara bertanggung jawab diantaranya adalah:

Perencanaan keuangan

Perencanaan ini digunakan untuk memudahkan pemilik perusahaan, pemegang saham, divisi keuangan maupun divisi lain yang terkait dengan keuangan untuk mengetahui seluruh data keuangan yang akan digunakan dalam periode tertentu kedepannya.

Selain itu juga akan memudahkan mengatur keuangan secara efektif dan efisien agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Apabila tidak dilakukan perencaaan keuangan dengan benar dan matang hal ini akan berdampak pada sulitnya mengontrol dana atau meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan kepada kegiatan yang dianggap tidak terlalu berhubungan dengan kepentingan kemajuan perusahaan.

Keuntungan yang didapatkan dengan perencanaan yang matang adalah operasional akan lebih mudah dijalankan oleh setiap divisi yang ada.

Proses ini dilakukan tidak hanya oleh satu individu saja, melainkan semua divisi saling memberikan rincian mengenai berapa banyak bahan baku yang akan dibeli, banyaknya dana yang harus disipakan untuk semua hal yang berkaitan dengan proses produksi serta semua hal yang berkaitan dengan operasional usaha.

Setelah selesai dirinci maka laporan tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan terlebih dahulu oleh manajer keuangan sebelum dibuat anggaran atau budgeting untuk mencairkan dana untuk setiap kebutuhan yang telah direncanakan.

Jadi dalam perencanaan keuangan ini setiap divisi harus melaporkan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas atau kewajiban mereka dalam satu periode atau untuk beberapa waktu kedepan.

Simak juga ulasan terkait mengenai prinsip manajemen dan administrasi keuangan menurut para ahli serta artikel menarik lainnya tentang tahap menyusun perencanaan keuangan untuk bisnis dan usaha.

Penganggaran (Budgeting)

Budgeting adalah rencana kerja anggaran kas perusahaan yang telah disusun secara sistematis dan terpadu dengan perwujudannya dalam bentuk kesatuan uang yang akan dikeluarkan untuk menunjang kegiatan operasional.

Proses penganggaran ini membahas semua kebutuhan yang diperlukan dalam kegiatan perusahaan baik penggunaan dalam jangka pendek maupun panjang. Selain itu memberikan gambaran mengenai tanggung jawab, target kerja yang harus dicapai dan tugas masing-masing individu yang lebih terlihat jelas dan agar tidak saling tumpeng tindih.

Agar perusahaan dapat mendapatkan laba yang lebih besar, dalam proses perencanaan anggaran yang terdiri dari aliran dana masuk dan keluar harus diseleksi secara akurat untuk mengeliminasi kebutuhan-kebutuhan yang dianggap sangat tidak menunjang dalam proses produksi dan operasionalnya.

Bentuk anggaran yang termasuk pengeluaran perusahaan di luar kegiatan produksi adalah semua hal yang menyangkut tentang pembayaran pajak pendapatan perusahaam, pembayaran deviden kepada para pemegang saham, dan pembelian saham.

Dengan adanya anggaran ini juga bisa digunakan untuk memperkirakan terjadinya penurunan keuntungan yang diterima oleh perusahaan pada periode tertentu

Bagian yang terpenting dari tugas seorang manajer keuangan selain membentuk anggaran sebagai dasar kebijakan pengambilan keputusan, juga berperan dalam penilaian terhadap penggunaan kas pengeluaran yang terjadi sebenarnya di lapangan dan memastikan tepat penggunaannya.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz