Pengertian dan fungsi manajemen serta pelaksanaannya

Pengertian Manajemen, Fungsi dan Beragam Macam Jenis Sesuai Bidangnya

By: Liza Fazira

Mengenai pengertian manajemen beserta fungsi dan berbagai jenis yang ada tentunya akan menyesuaikan dengan bidang yang akan dikelola.

Sering kita mendengar kata “Manajemen” dimanapun kita berada dan dalam kehidupan sehari-hari tapi ternyata masih banyak yang tidak mengetahui artinya.

Banyak sekali pengertian tentang manajemen yang di jelaskan dalam berbagai devinisi menurut beberapa kaidah yang selama ini sudah dijadikan sebagai dasar pemahaman dan berikut adalah pembahasan lebih lengkapnya :

Pengertian manajemen secara umum

Manage dalam bahasa Inggris berarti mengatur, sehingga arti manajemen secara harafiah Indonesia adalah seni mengatur subyek (aktif sebagai pelaku) dan obyek (melaksanakan perintah) untuk mencapai sebuah tujuan melalui kerjasama dalam tim.

Pengertian manajemen menurut para ahli

Beberapa ahli memberikan pengertian tentang manajemen, diantaranya adalah:

“Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas/organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan” Stoner.

“Manajemen ialah wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya” George R. Terry.

Pengertian manajemen secara etimologi

Berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu ménagement artinya seni melaksanakan serta mengatur. Mengapa diungkapkan sebagai seni? Simple, karena jika kita sudah memasuki dunia manajemen maka kita akan menemukan keindahannya.

Dimanakah letak keindahannya?Ketika kita memiliki asumsi yang sama bahwa apapun yang teratur, rapi, dan terstruktur itu indah. Sebagai contoh sederhananya saja adalah ranting pohon. Ranting pohon umumnya tumbuh menjalar tidak teratur, tetapi ketidakteraturannya menciptakan suatu keindahan yang tidak berpola.

Mengapa manajemen dikaitkan dengan seni maupun contoh ranting pohon? Kembali kepada definisi di atas bahwa manajemen berfungsi untuk mengatur sesuatu yang terlihat tidak memiliki pola menjadi pola baru yang memiliki seni menjadi lebih teratur.

Fungsi dari manajemen

Kembali lagi kepada definisi diatas manajemen berfungsi untuk mengatur apa pun agar terlihat lebih rapih, teratur, mudah dikelola. Sehingga apabila ada hal yang kurang sesuai bisa diberikan solusi agar menjadi lebih baik.

Hal yang paling sederhana adalah ketika kita memiliki banyak buku dengan beragam topik yang tidak tertata rapi.

Maka dengan adanya manajemen pengaturan buku yang ditata sesuai topik seperti buku cerita dipisahkan dengan buku tentang kepemimpinan atau buku masakan serta diberikan pembatas yang jelas di antaranya, sehingga ketika kita ingin membaca suatu topik langsung menemukan tanpa harus mencari satu persatu. Selain memberikan hemat tenaga juga waktu.

5 Fungsi utama manajemen menurut teori yang ada

Setelah memahami tentang devinisi dan pengertian dari berbagai pendapat maka manajemen itu sendiri memiliki 5 fungsi dasar yang sedianya sudah lazim dilaksanakan dalam penerapannya.

  • Planning (Perencanaan) – Langkah ini untuk menentukan strategi yang harus disusun supaya tujuan utama yang tertuang dalam visi dan misi dapat terealisasikan.
  • Organizing (Mengorganisasi) – The right man at the right place yaitu pihak yang terlibat menjalankan peran dan fungsinya ini lah manfaat dari mengorganisasi yang lebih berfokus kepada sumber daya manusia.
  • Staffing (Penempatan) – Lebih memiliki fungsi yang lebih luas yaitu menempatkan sumber daya secara umum seperti peralatan, inventaris dan modal yang dimiliki.
  • Coordinating (Mengkoordinasi) – Fungsi ini sebaiknya dipegang oleh manager yang mengkoordinasi karyawannya agar meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerjanya dengan cara  menciptakan lingkungan kerja yang kondusif serta sehat.
  • Controlling (Mengontrol) – Langkah terakhir setelah menjalankan semua proses adalah kontrol dengan cara evaluasi dan kebijakan baru apabila diperlukan. Hal ini dilakukan agar tetap stabil bahkan meningkat untuk kualitas kinerja masing-masing subyek maupun obyek sehingga tercapai hasil yang memuaskan.

Contoh dan macam-macam manajemen dalam kehidupan sehari-hari mulai dari hal sederhana hingga yang kompleks?

Dalam aplikasiannya, pelaksanaan manajemen itu ada banyak sekali tergantung pada bidangnya masing-masing dan berikut ini adalah beberapa contoh macam-macam manajemen yang ada di sekitar kita.

  • Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
  • Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Manajemen K3)
  • Manajemen Laboratorium
  • Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas)
  • Manajemen Emosi (diri)

Pada dasarnya struktur manajemen itu dapat diterapkan dimanapun saja bahkan dalam diri pribadi juga secara tidak disadari telah banyak melaksanakan manajemen.

Dengan adanya manajemen ini tentunya akan menciptakan pola yang teratur dan terorganisir sehingga mempermudah dalam pelaksanaannya.

Simak juga ulasan terkait mengenai perbedaan sales dan marketing serta artikel menarik lainnya tentang tahap menyusun rencana keuangan bisnis dan usaha.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz

Future

Zobisnis.COM - Ulasan beragam peluang usaha, motivasi bisnis dan sumber referensi terkini.

Dapatkan informasi aktual mengenai dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya untuk aktifitas finansial anda.

Powered by WordPress | Designed by Era Digital Development