3 Hal Sederhana Dalam Mengelola Keuangan Usaha Kecil dan Menengah

cara sederhana mengelola keuangan usaha kecil UKM

Usaha kecil dan menengah menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kancah perekonomian negara-negara berkembang.

Keberadaan usaha kecil menengah setidaknya telah mampu menjadi salah satu kekuatan perekonomian tersendiri, yang tidak mudah tergoncang oleh krisis keuangan yang beberapa dekade terakhir ini terjadai, kemampuan usaha kecil menengah dalam mempertahankan harga dan barang menjadi salah satu sebab mengapa usaha kecil menengah tetap terjaga walau ada badai krisis keuangan yang terjadi.

Hal ini dikarenakan dalam kegiatan bisnisnya usaha kecil menengah tidak bersinggungan langsung dengan ekonomi global, karenanya usaha kecil menengah tetap konsisten untuk menjaga stabilitas ekonomi dengan perekomian lokalnya.

Namun masih banyak juga masyarakat yang mengelola usaha kecil menengah secara tidak baik, terutama untuk keterdukungan catatan dan dokumentasi keuangannya.

Pada kesempatan ini akan kami coba memberikan gambaran secara sederhana bagaimana mengelola usaha kecil dan menengah, sehingga nantinya akan memudahkan pelaku usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan profit dan bahkan terus berkembang.

Prinsip pokok dalam pengelolaan keuangan usaha kecil dan menengah adalah :

1. Pisahkan Uang Pribadi dan Uang Usaha

Uang yang ada “harus memisahkan uang pribadi dan uang usaha”, jangan sampai tercampur antara uang pribadi dan uang hasil usaha, artinya jika kita harus mengambil uang usaha untuk kepentingan pribadi harus jelas di catat sebagai hutang ataukah sebagai prive, karena hal ini akan berpengaruh terhadap likuiditas usaha kita, akan mempengaruhui kondisi kas usaha kita.

2. Gaji Sendiri

Kita bekerja untuk kehidupan kita, ketika kita memiliki usaha mandiri dan usaha sendiri, maka mari kita coba untuk menghargai diri kita sendiri.

Caranya adalah dengan menggaji diri kita sendiri dari usaha yang kita lakukan sendiri, hal ini sebagai cara untuk tertib administrasi dan financial dan tentunya menghindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak diinginkan dari uang usaha kita.

Masalah besarnya berapa tentu disesuaikan dengan kemampuan dari uang usaha kita.

3. Catat Semuanya Jangan Sampai Lupa

Catat semua pengeluaran dan pemasukan yang ada kaitannya dengan usaha kita, jangan sampai lupa dan jangan sampai hilang bukti-bukti pengeluaran dan pemasukannya; yang nantinya hal ini akan sangat bermanfaat dalam pengembangan usaha kita.

Jika ketiga hal tersebut diatas, sudah dapat kita lakukan dengan baik, secara periodik, maka selanjutnya tinggal meningkatkan kontinuitas tersebut untuk akhirnya dapat membuat laporan keuangan secara sederhana.

Dan untuk membuat laporan keuangan sederhana nanti pada tulisan yang berbeda akan kita sampaikan, demikian tulisan ini semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam sukses

Baca juga info menarik tentang peluang usaha 2021 yang menjanjikan serta ulasan terbaru mengenai mencari penghasilan dengan bermain game yang menghasilkan uang.