Cara Supaya Bisa Melunasi Hutang Dengan Cepat

10 Tips Cara Supaya Bisa Melunasi (Membayar) Hutang Dengan Cepat

By: Chabib Azizah

Ketika anda memiliki tanggungan hutang pastinya akan memikirkan cara membayar untuk segera melunasi dengan cepat bukan? Jika benar benar memiliki kemauan kuat untuk melunasinya maka langkah yang perlu anda lakukan adalah berusaha dengan tidak menunda.

Kalau terkendala masalah keuangan maka anda bisa menggunakan sebagian gaji tiap bulan untuk melunasinya. Apabila semua hutang telah terselesaikan sudah jelas anda bisa menjalani hidup dengan nyaman dan tenang pastinya.

Memang tidak sedikit yang memiliki kemauan seperti ini. Namun akan ada saja hambatan hambatan yang menghalanginya sehingga terbengkalai lagi niat baik seperti ini. Maka anda perlu sabar untuk terus menghadapinya.

Strategi dan kta kiat untuk bisa melunasi tanggungan hutang dengan segera

Berikut adalah 10 tips cara agar anda bisa segera melunasi hutang dengan cepat dan menjadikan kondisi finansial lebih stabil kedepannya.

#1 Serius dan bersungguh sungguh

Semua rencana anda untuk melunasi hutang hutang tidak akan pernah berhasil jika anda tidak memiliki keseriusan untuk melunasinya.

Pastinya akan sia sia saja semua rencana yang tersusun dengan matang namun tidak segera dilaksanakan. Anda akan bisa melunasi hutang dengan cepat jika benar benat serius akan hal ini.

#2 Membuat rencana dan kuota

Buatlah rencana untuk hal hal yang mungkin tidak terduga. Seperti tanggungan mana yang akan anda lunasi terlebih dulu.

Lalu berapa banyak uang yang akan anda gunakan untuk melunasi hutang tersebut. Apakah dengan melunasi hutang itu maka akan memotong anggaran biaya yang lain.

Maka sebaiknya anda pikirkan dan buat rencananya terlebih dauhulu. Dengan membuat rencana ini maka akan sangat memudahkan anda dalam proses melunasi hutang.

#3 Berhenti membelanjakan uang untuk yang tidak perlu

Kurangilah kegiatan anda untuk shopping atau pergi ke restoran hanya untuk sekedar membeli makanan.

Sebaiknya buatlah makanan sendiri beserta dengan minumannya jika cukup memiliki waktu untuk mengerjakannya.

Karena dengan ini anda bisa menekan pengeluaran setiap uang yang anda simpan dan sebaiknya tetap menyisihkan untuk anggaran membayar hutang.

#4 Menggunakan sebagian dari tabungan

Jika anda lebih menyukai cara seperti ini maka ambilah beberapa dari tabungan anda untuk melunasi semua hutang hutang dan tanggungan.

Pastikanlah di dalam rekening tabungan anda masih tersisa uangnya supaya nantinya bisa digunakan untuk keperluan mendesak lainnya.

#5 Pensiunkan kartu kredit anda

Ketika anda dengan sekuat tenaga ingin melunasi hutang, namun anda tetap aktif menggunakan kartu kredit, justru ini adalah tindakan yang akan menambah masalah anda semakin rumit.

Lebih baik hentikan sejenak penggunaan kartu kredit hanya untuk berbelanja dan fokuslah terhadap semua hutang hutang anda.

#6 Berusaha mempunyai pekerjaan tambahan

Ketika cara cara di atas dianggap kurang efektif maka anda harus menemukan cara baru untuk mendapatkan uang tambahan.

Cobalah untuk mencari side job demi membantu melunasi hutang hutang dengan mencari pekerjaan pekerjaan di internet yang bisa dijalankan paruh waktu.

Karena saat ini banyak sekali ragam bisnis online yang sangat menghasilkan bahkan cukup dikerjakan dari rumah tanpa mengganggu pekerjaan utama anda.

Simak tentang ide bisnis sampingan dengan menggunakan gadget serta ulasan menarik lainnya tentang kerja dirumah yang bisa menghasilkan uang.

#7 Meminta bantuan orang terdekat

Ketika anda berbagi penghasilan dengan pasangan, maka pastikanlah bahwa pasangan anda siap untuk berkorban ikut berusaha melunasi hutang hutang.

Jika pasangan anda ataupun orang lain bersedia berpartisipasi untuk membayar hutang, maka dengan cepat hutang anda pun pasti bisa segera lunas terbayarkan.

#8 Konsolidasi

Apabila anda bisa menggabungkan semua akun anda ke dalam satu rekening maka tentunya akan bisa menyimpan uang anda dengan lebih maksimal dan hutang akan segera lunas secepatnya.

Kemudian bijaklah dalam memilih jenis jenis rekening tabungan yang bisa lebih menguntungkan dan hal ini tentunya menuntut anda untuk bisa menganalisa perbedaannya seperti bedanya tabungan britama dan simpedes ataupun mengetahui apa perbedaan menabung di bank syariah dan konvensional (umum).

#9 Menjual beberapa barang dirumah

Dengan menjual beberapa barang tua ataupun barang baru dirumah tentu saja bisa membantu anda untuk bisa melunasi hutang dengan segera.

Selain itu anda juga bisa mengurangi barang barang di rumah yang mungkin tidak terpakai sehingga cara ini lebih menguntungkan dari pada hanya menyimpan barang hingga menumpuk yang tidak jelas kapan dipakainya.

#10 Lakukan evaluasi secara bekala

Untuk mengetahui keadaan keuangan anda, maka sebaiknya perlu melakukan pengecekan secara berkala terhadap saldo serta plot pengeluaran yang sudah dilakukan. Lihatlah dengan seksama apakah ada hal yang harus segera anda perbaiki dan diselesaikan.

Dari semua tips yang telah dipaparkan di atas mungkin yang paling penting adalah keseriusan diri anda untuk segera menyelesaikan semua tanggungan hutang. Karena apapun rencana yang telah dibuat tetapi jika anda tidak memiliki kesungguhan dalam menyelesaikannya, maka jangan harap semuanya akan beres dengan segera.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Agus Supriyono Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Agus Supriyono
Guest
Agus Supriyono

Niat serius dan bersungguh-sungguh, tidak sabar pengin cepat lunas