kasus penipuan bisnis investasi yang perlu diwaspadai

Waspadai Motif Penipuan Yang Berkedok Bisnis Investasi Berikut Ini

By: Chabib Azizah

Penipuan dengan berkedok bisnis investasi sangat marak kita dengar di pemberitaan akhir akhir ini yang sudah kerapkali memakan korban dengan kerugian yang tak tangung tanggung besarnya.

Investasi merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan kuntungan yang berlipat ganda. Namun dengan syarat anda menjalankannya dengan komitmen tinggi dan serius serius menjalaninya.

Akan tetapi sekarang ini banyak sekali oknum yang memanfaatkan program investasi ini untuk memperkaya diri dengan jalan yang salah.

Untuk anda yang memliki niat untuk berinvestasi sebaiknya anda berhati hati dan selalu tingkatkanlah kewaspadaan, jangan mudah percaya kepada orang yang baru anda kenal alih alih ingin mendapatkan investasi yang menguntungkan justru berakhir kegagalan.

Contoh 7 kasus penipuan bisnis investasi yang perlu diwaspadai

Berikut ini kami berikan 7 contoh penipuan yang berkedok investasi yang pernah terjadi di Indonesia dan telah merugikan investornya.

#1 Investasi HYIP (High Yield Investment Programs)

Biasanya mereka akan memberikan iming iming berupa keuntungan sebesar 20% selama sebulan dengan jumlah dana untuk investasi sebesar Rp 10.000.000.

Investasi yang ditawarkan berupa bisnis batu bara, pengeboran minyak atau teknologi lainnya.

Jika anda pernah mendapatkan tawaran semacam aini maka sebaiknya anda berhati hati dan berwaspadalah. Bisa saja ini salah satu bentuk penipuan yang berkedok investasi.

#2 Skema Ponzi

Tokoh yang memperkenalkan skema ponzi adalah Charles Ponzi pada tahun 1903. Kemudian menjadi trend kembali setelah dikenalkan kembali oleh Bernard L. Madoff.

Skema ini kedoknya menawarkan investasi dengan keuntungan sebesar 20% setiap bulannya.

Kemudian mereka meminta untuk memperkenalkan investasi ini kepada orang lain untuk bisa mendapatkan investor lebih banyak.

Modus modus penipuan seperti ini banyak ditawarkan lewat website, email dan media sosial.

Jadi ketika anda mendapatkan penawaran seperti ini sebaiknya anda jangan langsung percaya, karena bisa saja ini investasi bodong yang akan mengeruk uang anda.

#3 Investasi logam mulia emas palsu

Penipuan seperti ini beberapa waktu lalu sedang menjadi sorotan publik karena memakan korban yang cukup banyak.

Penipuan ini dilakukan dengan cara anda dimintai uang kemudian mereka beralasan akan membelikan emas batangan. Anda akan diminta untuk membeli emas tersebut dengan harga yang sangat tinggi dari pada harga di pasaran.

Mereka akan berjanji bahwa emas tersebut akan dibeli lagi dengan harga yang lebih tinggi dari pada sebelumnya.

Akhirnya setelah janji manis yang mereka berikan mendapatkan banyak kepercayaan kemudian mereka kabur dengan membawa uang dari para korbannya.

#4 Praktek investasi menggandakan mata uang dollar

Oknum yang melakukan penipuan jenis ini memang terlalu cerdik, karena penipuan seperti ini tergolong sadis dan cukup membuat masyarakat geram.

Namun sayangnya masih banyak juga orang yang telah tertipu. Modusnya mereka akan menunjukkan kehebatan mereka dalam menggandakan uang dollar.

Alhasil uang dollar yang keluar adalah uang palsu. Namun jika anda terlalu percaya maka uang dollar anda yag asli justru akan diminta dengan alasan untuk digandakan.

#5 Investasi mengejar harta karun

Untuk jenis penipuan selanjutnya adalah investasi pencarian harta karun. Modusnya beraneka ragam ada yang mengaku bahwa ia memiliki kekuatan spiritual bisa mengambil harta karun dari alam ghaib.

Ada juga yang mengaku ia memiliki senjata sakti atau semacamnya yang bisa mendatangkan harta karun.

Nah jika kita percaya, maka mereka akan memintai anda uang untuk mengambil harta karun tersebut. Sungguh bentuk pembodohan yang luar biasa.

#6 Penipuan investasi agrobisnis

Untuk jenis penipuan seperti ini juga sering kali terjadi di Indonesia. Para investor akan diminta untuk menginvestasikan uangnya dengan nama investasi agrobisnis.

Setelah itu mereka akan mendapatkan sertifikat atau sejenis surat keterangan kepemilikan tanah. Pihak penipu berdalih bahwa tanah tersebut akan digunakan untuk menanam pohon jati atau sebagainya.

Dan ketika telah mendapatkan keuntungan, maka hasilnnya akan dinikmati mereka.

Tapi anda perlu memikirkan satu hal yang lebih rasional kenapa kalau ia punya lahannya tidak coba ditanami sendiri melainkan harus mencari orang lain untuk mendanainya.

#7 Penipuan beralasan hak warisan

Biasanya penipuan jenis ini mengincara para pengguna media sosial dengan modusnya mereka akan memfollow akun kita kemudian menceritakan hal hal aneh kalau ia punya warisan yang bernilai ratusan juta.

Lalu mereka akan berdalaih bahwa warisan yang ia peroleh tidak berada di Indonesia dan ia ingin memindahkannya ke sini.

Setelah itu anda akan dijanjikan keuntungan sebesar 10% – 20% setelah anda bisa mentransfer uang besar untuk membantu proses perpindahan warisan tersebut.

Namun setelah anda benar benar mentransfer uangnya maka mereka akan tiba tiba menghilang tanpa berita dan entah kemana.

Apapun alasannya, oknum penipu akan selalu mencari cara untuk memperdaya demi keuntungan semata. Jadi alangkah lebih baik jika anda waspada dan tidak mudah percaya tanpa menganalisa dari sumber yang bisa menjamin kebenarannya.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz