Modul akuntansi perusahaan dagang

Perbedaan Materi Akuntansi Perusahaan Dagang Dengan Perusahaan Jasa

By: Liza Fazira

Memahami soal serta jurnal materi akuntansi perusahaan dagang beserta contoh dan penyelesaiannya tentu akan memberikan nilai plus bagi anda yang akan menjalani pekerjaan di bidang manajemen dan akuntansi sebuah perusahaan.

Umumnya pelaporan itu akan selalu ada dalam usaha kecil maupun menegah keatas yang semuanya ini memiliki fungsi untuk membantu menganalisa kemajuan dari bisnis dan usaha tersebut.

Pelaporan yang merupakan jantung perusahaan adalah pelaporan keuangan terutama pada perusahaan yang bersifat perdagangan.

Perusahaan perdagangan merupakan perusahaan yang menitik beratkan usahanya kepada pembelian barang dari pemasok atau produsen kemudian menjualnya kembali kepada konsumen secara langsung atau tidak langsung tanpa mengubah bentuk atau wujud asli dari barang tersebut.

Sebagai contoh usaha dagang adalah toko kelontong atau pasar yang berlaku sebagai pihak membeli barang dari pemasok dan menjual kembali secara retail atau eceran kepada konsumen.

Aktifitas dan kegiatan perusahaan dagang

Keuangan dalam perusahaan dagang dibuat dalam bentuk laporan akuntansi yang mana salah satunya ialah laporan laba rugi yang diperoleh dari perhitungan selisih dari pendapatan atau penjualan yang diterima secara keseluruhan dari penjualan dalam periode tertentu dengan pengeluaran biaya yang digunakan dalam menjalankan usaha perdagangan.

Pendapatan diterima dari harga pokok barang yang terjual dan biaya pengeluaran berasal dari biaya biaya operasional yang terjadi selama periode yang akan dibuat laporan.

Sebagai contoh akuntansi perusahaan dagang pada sebuah toko elektronik yang disebut harga pokok penjualan ialah meliputi semua biaya yang dikeluarkan untuk membeli televisi, radio, kulkas, mesin cuci, dan lainnya yang telah laku dijual dalam satu periode.

Kegiatan yang berhubungan dengan penjualan dan administrasi toko seperti biaya sewa, gaji pegawai, biaya promosi, biaya listrik, dan telepon merupakan bagian dari biaya operasional dari sebuah toko elektronik tersebut.

Saat melakukan perhitungan akuntansi perusahaan dagang ada empat komponen penting yaitu, barang masuk (pembelian), kas keluar (pengeluaran), barang keluar (penjualan), dan juga kas masuk (pendapatan).

Perbedaan akuntansi perusahaan dagang dengan perusahaan jasa

Komponen komponen dalam penyusunan akuntasi perusahaan dagang berbeda dengan perusahaan yang bergerak di bidang jasa terutama adalah aktivitas dan akunnya.

Akun akun perusahaan dagang yang tidak ada pada perusahaan jasa adalah sebagai berikut:

Akun Pembelian – Akun ini hanya berfungsi sebagai pencatatan barang-barang yang dibeli dan masuk ke perusahaan sebelum dijual kembali kepada konsumen.

Akun Penjualan – Akun yang menyimpan segala kegiatan penjualan barang dagangan perusahaan kepada konsumen maupun perantara. Sama seperti akun pembelian, pada akun penjualan juga tidak dimasukkan penjualan perusahaan di luar penjualan barang dagangan.

Akun Persediaan – Sesuai dengan nama dari akun tersebut, fungsi dari akun ini adalah sebagai penyimpan data mengenai jumlah stok barang selama periode tertentu.

Harga Pokok Penjualan atau HPP – Harga pokok yang dipakai untuk menentukan harga beli barang yang akan dijual pada suatu periode tertentu dan dipengaruhi oleh harga pasar.

Akun Potongan Tunai – Isi dari akun ini adalah pemberian potongan secara tunai atai dengan kata lain diskon yang diberikan kepada konsumen karena pembayaran secara tunai dan lunas pada saat transaksi terjadi.

Akun Potongan Pembelian – Akun ini mencatat setiap potongan-potongan harga yang diberikan oleh pihak produsen kepada perusahaan dagang karena pembayaran yang dilakukan secara tunai atau lunas dalam jangka waktu tertentu yang umumnya lebih pendek.

Akun Retur Penjualan – Akun yang digunakan untuk menyimpan dan menganalisa data mengenai barang yang sudah terjual ke konsumen namun dikembalikan kepada perusahaan karena kondisinya yang tidak baik atau cacat dan tidak sesuai dengan pemesanan.

Beban Pemasaran – Dalam akun ini mencatat semua beban yang ditanggung oleh perusahaan dagang terkait dengan penjualan barang hingga sampai kepada konsumen.

Simak juga ulasan terkait mengenai strategi meningkatkan kinerja perusahaan serta artikel menarik lainnya tentang peranan dan fungsi akuntansi dalam bisnis dan usaha.

Akuntasi dalam perusahaan perdagangan terbilang cukup penting mengingat untuk menjaga transaksi keuangan tetap stabil dan tercatat serta mudah dianalisa serta lebih menekankan pada pencatatan barang-barang dagangan untuk barang masuk maupun keluar dari perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of